fbpx

Cara Absensi Online untuk karyawan

Bagikan artikel ini

cara absensi online

Ada banyak penyedia aplikasi yang bisa membuatkan aplikasi absensi secara online, baik melalui komputer maupun pada telepon genggam yang berbasis android maupun sistem operasi lainnya.

Jika aplikasi berbayar, maka itu sangat mudah.Tinggal download dan tanam di hp kita, maka akan bisa dijalankan dengan mudah.

Sementara ada cara absensi online yang gratis. Tentu harus membuat sendiri. Melalui tabel yang bisa diisi secara online. Tentu hal ini membutuhkan fasilitas aplikasi online pengumpul data, misalnya spreadsheet atau melalui google form. Bisa juga absensi online menggunakan media sosial.

Ini dari sebuah absensi adalah mengecek kehadiran seseorang pada sebuh pertemuan. Maka dari itu, media sosial bisa digunakan untuk absensi online. Di grup WA kelas, misalnya. Yang tidak komen, dianggap tidak hadir. Bisa saja. Begitu juga bisa diterapkan di grup tertutup untuk fasilitas yang ada di facebook.

Tinggal caranya saja. Dia semua platform media sosial, setiap komentar ataupun postingan pasti muncul waktu penulisannya. Dengan demikian, penggunaan absensi secara online bisa sangat fleksibel.

Baca Selengkapnya :   FAQ : Tentang Laporan per Pegawai

Namun demikian, untuk absensi secara online yang bisa dibaca datanya, tidak bisa menggunakan media sosial. Cara mengetahui absensi online yang bisa direkap, bisa menggunakan fasilitas google form.

Berikut ini cara membuat dan mengisi absensi secara online melalui google form.

Cara Membuat Absensi Online pada Google Form

  1. Buka Google
  2. Buka Google Formulir
  3. Buat Formulir
  4. Beri Nama Formulir, Misalnya: ABSEN ONLINE KELAS 7A
  5. Isikan Kolom Nama Siswa
  6. Buat Kolom Baru
  7. Kolom Nomor Absen
  8. Membuat Daftar Pilihan Kelas
  9. Membuat Daftar Pilihan Hari
  10. Bagikan Link

Cara absensi online secara gratis melalui google formulir memang gratis, namun tidak bisa menjamin spesifikasi dan akurasi yang  mengisi absen. Hal ini karena cara mengisi absen google formulir bisa diwakilkan, yang muncul hanya tampilan hari, tanggal, dan jam log in.

Absensi online gratis seperti itu hanya bisa digunakan oleh sekolah.  Tidak efektif digunakan untuk perusahaan yang butuh absen secara profesional.

Cara absen online yang profesional adalah harus akurat siapa yang log in, akurat tempatnya, akurat waktunya. Cara absen seperti ini bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 6 Efek Psikologis yang Kuat

Aplikasi absensi online yang baik juga harus memudahkan rekapitulasi data sehingga dapat membaca absensi data per individu. Dengan begitu, bisa memberikan analisis yang tepat, akurat, dan mudah.

Karyawan yang melakukan absensi harus mudah menggunakannya. Misalnya cukup selfie di tempat tertentu, atau tinggal log in di aplikasi melalui smartphonenya. Tidak perlu fingger print lagi. Dengan demikian pasti efisiensi waktu dan alat.

Pimpinan perusahaan juga bisa melihat dengan mudah, secara online, juga melalui perangkat di manapun. Pengasawan yang baik, tentu akan melahirkan budaya kerja yang baik dan profesional.

Cara absensi online handal bisa dilihat di SmartPresence.id. Bisa memberikan memberikan akurasi dengan fitur yang sangat sesuai dengan pengguna.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!