fbpx

3 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Punya SOP

Bagikan artikel ini

membuat standard operational procedure

Apakah Anda merupakan pemilik perusahaan? Sebagai pemilik perusahaan, sudahkah Anda tahu seberapa pentingnya menerapkan SOP untuk suatu perusahaan? Dewasa ini tidak jarang kita temukan business owner atau perusahaan yang tidak mengutamakan pentingnya keberadaan Standar Operasional Perusahaan. Walaupun ada banyak juga yang sudah menerapkan, terkadang implementasinya hanya sekedar saja dan jauh dari harapan. 

Nah, kalau Anda jadi salah satunya yang tersindir karena membuat SOP yang hanya sekedar, asal nama SOP itu ada dalam perusahaan, yuk simak ulasan berikut ini. Tim SmartPresence akan mengulas secara lengkap untuk Anda kenapa SOP menjadi suatu hal krusial yang harus ada dalam perusahaan. 

SOP yang hanya sekedar numpang di perusahaan Anda tidak akan memberikan kontribusi baik terhadap proses berkembangnya perusahaan atau bisnis Anda. Perusahaan Anda bukan malah menjadi semakin teratur dan berjalan lancar, tapi menambah beban dan menyulitkan sehingga memicu proses yang semakin runyam dan rumit. 

Bayangkan saja, perusahaan yang sudah punya SOP saja masih bisa berpotensi menjadi rumit dan tidak beraturan, apalagi jika tidak punya sama sekali? 

Baca Selengkapnya :   Pengertian Kepuasan Kerja termasuk penyebab dan dampaknya

Alasan Kenapa Bisnis (sebesar apapun) Wajib Menetapkan SOP 

SOP menjadi langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memastikan proses kerja perusahaan atau bisnis Anda berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan prosedurnya. Ini dia 5 alasan kenapa bisnis sebesar apapun harus dan wajib menetapkan SOP:

1. Membawa keteraturan 
Dengan adanya SOP, para karyawan Anda paham akan cara bertindak tentang suatu hal. Jadi, mereka juga terbantu untuk memprediksi cara, mempertimbangkan waktu, dan menguasai keterampilan yang diperlukan perusahaan sehingga dapat berkontribusi dengan maksimal. Ini yang kemudian menghadirkan keteraturan tim dalam menjalankan pekerjaan.

2. Hasil kerja dapat diprediksi 
SOP mampu memprediksi hasil akhir yang lebih tepat sasaran. Semua karyawan Anda akan mengikuti prosedur standar yang telah ditetapkan untuk membuahkan hasil yang baik. Dengan begitu, akan tersisa ruang untuk kesalahan yang sempit dan perancangan hanya berfokus untuk hasil yang maksimal dan konsisten.

Baca Selengkapnya :   Cara Membuat Absensi Online Berbasis Android

3. Efisiensi Pekerjaan 
Bisa Anda bayangkan jika Anda bingung saat butuh persetujuan akan suatu hal, tentunya akan sangat memakan waktu karena tim bingung harus melapor dan follow up ke siapa. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah Anda akan kehilangan kandidat potensial karena menunggu terlalu lama hanya untuk sebuah konfirmasi. Tapi, ketika Anda punya SOP maka ini meminimalisir banyaknya pertanyaan yang masuk yang menghambat keputusan bisnis yang penting. Ini karena karyawan Anda bisa dengan mudah mengetahui apa yang diperlukan dalam menyelesaikan tugasnya dan melapor kepada siapa. Hasilnya, efisiensi kerja tercapai.

Lalu, bagaimana cara membuat SOP perusahaan? Simak jawabannya dibawah ini. 

Cara Membuat SOP Perusahaan 

1. Buatlah susunan kerja terlebih dahulu sebagai langkah awal pembuatan SOP dan sebagai pondasi utama dari SOP yang akan diterapkan di kemudian hari. Minta seluruh kepala bagian dan manajer di perusahaan anda agar menyampaikan pada bawahannya untuk mendiskusikan apa saja yang harus dipaparkan dalam SOP.

2. Merencanakan alur proses, dimana alur proses ini berisi format SOP, membuat template dan bagaimana SOP tersebut dapat diakses.

Baca Selengkapnya :   5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tabungan Terus Bertambah!

3. Melakukan wawancara terhadap karyawan, ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga Anda bisa mengetahui apa saya yang akan dituangkan dalam SOP.

4. Setelah melakukan wawancara, Anda bisa mulai merumuskan SOP dan jangan lupa untuk diskusi dan sosialisasi dengan pihak-pihak terkait. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan perumusan SOP.

5. Setelah SOP disetujui oleh pihak-pihak terkait, selanjutnya bisa menerapkan SOP sebagai uji coba yang nantinya bisa dilakukan evaluasi, evaluasi bertujuan untuk membahas apakah ada hal yang salah dalam SOP yang sudah diterapkan.

Setelah mengetahui betapa penting dan berdampaknya sebuah SOP pada proses perusahaan ataupun bisnis Anda, ini adalah saat yang tepat bagi Anda para Business Owner atau perusahaan untuk membuat dan menetapkan. Nah, untuk yang sudah memiliki SOP, tidak ada salahnya untuk menjalankan evaluasi secara berkala untuk tercipta produktivitas dan efektivitas kinerja karyawan Anda.  

Reference

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!