fbpx

Activity Based Costing : Manfaat Serta Kekurangannya

Bagikan artikel ini

Activity Based Costing

Setiap perusahaan pasti memiliki pengeluaran sehingga perusahaan perlu memiliki strategi bisnis. Karena kelangsungan hidup sebuah perusahaan ditentukan oleh strategi yang digunakan, salah satu strategi bisnis yang harus diperhatikan adalah menentukan harga pokok penjualan produk (HPP) yang akurat. Salah satu metode yang digunakan untuk menghitung harga pokok penjualan produk adalah Activity Based Costing (ABC).

Dengan menggunakan Activity Based Costing perusahaan dapat dengan mudah menentukan harga barang secara akurat. Metode ini akan memberikan informasi secara lengkap dan akurat mengenai semua biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi. Sehingga pihak manajemen perusahaan tidak akan lagi melakukan kesalahan dalam menentukan harga produk yang mereka produksi dan produk tersebut dapat bersaing dengan produk sejenis. 

Pengertian Activity Based Costing

Activity based costing adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk menghitung setiap biaya yang dikeluarkan pada masing-masing aktivitas dengan alokasi yang berbeda-beda pada setiap aktivitasnya. Metode ini didasari pada konsep bahwa untuk menjalankan suatu rencana pada sebuah perusahaan maka manajemen perusahaan  harus melaksanakan serangkaian aktivitas.

Baca Selengkapnya :   Pengertian Kepuasan Kerja termasuk penyebab dan dampaknya

Dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas tersebut pastinya akan mengkonsumsi sumber daya, baik berupa material, tenaga kerja, mesin-mesin, gedung, dan lain sebagainya. Disinilah metode ABC akan mengaitkan antara aktivitas dengan konsumsi sumber daya. Sehingga dengan menggunakan metode ABC, perusahaan dapat mengurangi kesalahan harga yang diakibatkan oleh penentuan harga yang masih dilakukan secara tradisional dan harga produk yang dikeluarkan bisa akurat bukan hanya asal-asalan.

Fungsi Activity Based Costing

Activity Base Costing memiliki beberapa fungsi dalam sebuah perusahaan. Berikut ini 3 fungsi utama dari ABC.

  • Untuk membantu perusahaan dalam mengambil berbagai keputusan terkait harga pokok penjualan dan berbagai sumber daya penyusunnya.
  • Harga pokok penjualan yang dihasilkan akan akurat dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya
  • Activity based costing dapat membantu perusahaan dalam melakukan analisis untuk menentukan berapa jumlah produk yang harus diproduksi untuk bisa mencapai Break Even Point (BEP) secara akurat.

Manfaat Menghitung ABC

Apabila perusahaan dapat melakukan implementasi metode ini hingga sukses, maka akan ada manfaat yang sangat  besar yang akan didapatkan oleh perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan.

  • Membantu dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan.
  • Penentuan harga yang lebih baik sehingga dapat bersaing dengan kompetitor.
  • Dengan menggunakan ABC, analisis biaya dapat dengan mudah untuk diperbaiki sehingga pihak manajemen bisa melakukan peningkatan volume atas produk dengan tingkat penjualan yang rendah.
  • Melalui analisis data biaya dan pola konsumsi sumber daya, pihak manajemen bisa mengambangkan produk lebih mudah.
Baca Selengkapnya :   Ingin Jadi Wirausaha Sukses? Kuasai 5 Keterampilan Ini!

Kekurangan Activity Based Costing

Walaupun metode Activity Based Costing memiliki beberapa manfaat dan memberikan dampak yang besar terhadap perusahaan terutama dalam penentuan harga suatu produk, akan tetapi metode ini juga memiliki kekurangan yang harus diketahui terutama oleh pihak manajemen. Berikut ini beberapa kekurangan metode ABC.

  • Dalam melakukan implementasi dan pengembangan metode ini terbilang cukup mahal.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan implementasi metode ini dari mulai sampai selesai membutuhkan waktu yang sangat lama, biasanya lebih dari satu tahun sampai bisa berhasil.
  • Metode ini belum termasuk biaya iklan, promosi dan riset.
  • Laporan Activity Based Costing tidak sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku saat ini.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!