fbpx

Apa Itu Take Home Pay? Ini Dia Jawabannya!

Bagikan artikel ini

Apa Itu Take Home Pay?

Istilah take home pay mungkin masih cukup asing bagi sebagian orang yang baru saja terjun di dalam dunia kerja. Jika diartikan take home pay sendiri berarti penghasilan yang dibawa pulang ke rumah.  Akan tetapi, sebagian besar masih mengira bahwa take home pay atau yang disingkat THP merupakan gaji pokok. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda, baik dari segi pengertian dan nominal yang didapatkan. Jadi, apa itu take home pay ? Berikut ini penjelasan mengenai THP serta komponen penghitungannya.

Apa Itu Take Home Pay?

Take home pay merupakan bayaran utuh yang didapat oleh setiap karyawan sebuah perusahaan. Pembayaran tersebut telah dikurangi dengan hal-hal yang sudah diatur oleh pemerintah dan kebijakan dari perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Jadi dapat dikatakan bahwa THP merupakan gaji bersih yang didapatkan masing-masing karyawan.

THP seringkali dianggap sama dengan pendapatan rutin biasa. Padahal, pendapatan rutin adalah penghasilan yang biasanya telah dijanjikan dalam perjanjian tertulis berupa jumlah nominal yang akan diterima karyawan setiap bulan. Sedangkan untuk THP, jumlah total yang dibayarkan sudah tidak termasuk tanggung jawab para karyawan dan pada umumnya hal tersebut sudah dipotong secara langsung perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA Jurusan IPS

Acuan Perhitungan

Dalam proses penghitungan take home pay ada acuan atau cara hitung yang harus diperhatikan agar terhindar dari kesalahpahaman antara karyawan dan perusahaan. Maka dari itu, sebaiknya perusahaan dapat menjelaskan dari awal bagaimana ketentuan serta komponen upah apa saja yang berlaku di perusahaan tersebut.

Berdasarkan PP No. 78 Tahun 2015 mengenai upah, komponen upah sendiri terdiri dari:

  1. Gaji pokok
    Merupakan upah dasar yang akan dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan menyesuaikan dengan tingkatan atau jenis pekerjaan. Nominal besarannya sudah ditetapkan berdasarkan kesepakatan dan sudah ditulis dalam sebuah kontrak kerja.
  2. Tunjangan tetap
    Merupakan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan dan akan dilakukan secara rutin. Tunjangan ini berhubungan dengan prestasi atau target perusahaan yang dicapai oleh setiap karyawan.
  3. Tunjangan tidak tetap
    Merupakan pemberian upah secara tidak tetap oleh perusahaan kepada karyawan dan keluarganya. Pembayaran tunjangan tidak tetap biasanya akan dilakukan berdasarkan satuan waktu yang berbeda dengan pembayaran gaji tetap.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!