fbpx

Program Kerja HRD yang Ada Di Perusahaan

Bagikan artikel ini

Program Kerja HRD

HRD atau Human Resource Development adalah sebuah divisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap sumber daya manusia perusahaan itu. Secara umum tugas HRD adalah melakukan pengembangan sumber daya manusia atau karyawan perusahaan, dan melakukan perekrutan karyawan.

Maka dari itu posisi HRD sangat penting di perusahaan dan tentunya HRD dituntut memiliki program kerja yang baik dalam mengembangkan dan mengelola bagian sumber daya manusia ini. Program-program kerja tersebut harus bisa membuat perusahaan mencapai targetnya dengan mengoptimalkan kinerja karyawan dengan baik.  Selain itu HRD juga harus mampu menerjemahkan visi dan misi perusahaan kepada seluruh karyawan yang sedang bekerja.

Pengembangan Karyawan

Dalam sebuah perusahaan haruslah memiliki program mengelola dan mengembangkan karyawan yang bekerja supaya memiliki kualitas kerja yang baik. Maka dari itu sebagai seorang HRD harus mampu membantu karyawan yang bekerja untuk mengeluarkan potensi terbaik mereka sehingga kinerja mereka meningkat seiring waktu.

Baca Selengkapnya :   Jenis Pekerjaan Yang Cocok Terhadap Kepribadian

Training

Memberikan training atau pelatihan soft skills maupun teknikal yang mampu meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan. Selain meningkatkan kinerja karyawan program training ini juga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan para karyawannya. Dengan mengadakan training soft skills maupun teknikal serta memiliki pengembangan sistem atau development system yang baik pastinya perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan baik juga.

Rekrutmen karyawan dan seleksi

Salah satu tugas seorang HRD adalah merekrut atau mencari karyawan baru untuk bekerja di perusahaan. Hal ini merupakan salah satu program yang bagus agar perusahaan memiliki karyawan yang baik dan mampu bersaing secara sehat dengan karyawan yang lain. Melakukan seleksi yang dengan ketat dan akurat pun merupakan bagian kerja seorang HRD, hal ini dilakukan agar perusahaan benar-benar mendapatkan karyawan yang kompeten dalam bidang tertentu. Dalam hal ini HRD juga membuat kontrak kerja baru dan memperbaharui kontrak lama.

Merancang reward dan punishment

Pemberian reward dan punishment juga merupakan salah satu program kerja HRD. Pemberian reward dan punishment ini merupakan bentuk dari apresiasi dari perusahaan kepada karyawan. Hal ini akan mendorong karyawan termotivasi bekerja dengan lebih baik lagi. Pemberian reward dan punishment ini harus dilakukan secara adil dan seimbang. 

Baca Selengkapnya :   Pengangguran Struktural : Pengertian dan Peyebabnya

Penyesuaian Payroll Karyawan

Membuat regulasi payroll dan insentif seperti gaji dan bonus-bonus tertentu yang diberikan kepada karyawan tentunya merupakan salah satu program yang dapat memberikan manfaat serta memberikan kesejahteraan kepada karyawan

Membuat jenjang karir yang jelas

Adanya jenjang karir yang jelas bagi karyawan yang bekerja dengan baik akan memberikan kesempatan untuk naik jabatan setiap mencapai keberhasilan pada titik tertentu. Penetapan jenjang karir ini dapat membuat karyawan termotivasi untuk berkembang dan mengejar kemajuan.

Program kegiatan keryawan

Membuat suasana kerja perusahaan menyenangkan, bahkan sampai menjadi seperti keluarga besar. Untuk itu HRD harus mempunyai program kegiatan karyawan yang baik seperti mengadakan outbound atau gathering. Hal ini akan membuat karyawan saling mengenal dan betah bekerja lama di perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!