fbpx

Pentingnya Manajemen Bisnis Pada Perusahaan

Bagikan artikel ini

Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis mungkin sudah tak lagi asing lagi bagi para pengusaha ataupun mahasiswa jurusan manajemen. Sering kali penerapan dari manajemen itu sendiri sering mengalami kekeliruan dan hampir dikira tidak berperan banyak dalam perusahaan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui tentang manajemen bisnis agar nantinya usaha yang dijalankan dapat berjalan sesuai rencana.

Apa itu Manajemen Bisnis ?

Manajemen bisnis adalah suatu metode dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis.  Jika memasuki ranah bisnis, manajemen bisnis adalah suatu sistem dan metode untuk mengawasi, mengarahkan, merencanakan semua aspek dalam bisnis perusahaan sehingga perusahaan mampu mencapai tujuan bisnis sesuai target secara optimal dan maksimal. Semua proses dalam manajemen berjalan secara berkelanjutan selama perusahaan masih melangsungkan proses bisnisnya.

Komponen Penting dalam Menyusun Manajemen Bisnis

Dalam manajemen bisnis, terdapat beberapa komponen penting dalam penyusunannya. Diantaranya yaitu deskripsi bisnis yang jelas, analisis pesaing, strategi pemasaran, laporan keuangan dan menjaga kualitas produk serta layanan.

Baca Selengkapnya :   3 Kekurangan Form Absensi Karyawan XLS

Deskripsi Bisnis Jelas

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendeskripsikan keseluruhan dari usaha yang akan dibangun. Dalam membuat deskripsi bisnis ini, diharapkan semua orang yang nantinya terlibat dalam bisnis, akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut.

Memiliki Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan salah satu komponen bisnis yang penting.  Pemasaran (marketing) merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan menarik konsumen untuk membeli produk tersebut. Sedangkan, strategi adalah sebuah teknik atau cara khusus yang dilakukan untuk memimpin suatu kegiatan, dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Dalam menentukan strategi pemasaran, Anda perlu melakukan analisa pasar terlebih dahulu. Ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui kemana produk yang sudah anda buat akan dipasarkan. Dengan analisis pasar yang tepat maka Anda dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.

Melakukan Analisis Pesaing

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu mengenali dan memahami siapa dan bagaimana kompetitor bekerja. Sebenarnya hasil bisa didapat saat Anda melakukan riset pasar, yakni pada tahap kedua diatas. Akan tetapi hasilnya tidak terlalu maksimal, mengingat bahwa riset pasar lebih cenderung ke arah penentuan target konsumen, prediksi kemampuan produk untuk bertahan dan merencanakan strategi yang bertahap.

Baca Selengkapnya :   Manfaat Aplikasi Cuti Berbasis Web bagi Perusahaan

Untuk mengenali dan mengetahui pergerakan kompetitor secara mendalam adalah dengan mencari dan mengumpulkan informasi mengenai kelemahan dan kekuatan dari produk-produk yang dimiliki oleh pesaing. Dengan memahami kekuatan dan kelemahannya kompetitor, maka ini dapat dijadikan patokan terhadap rancangan strategi pemasaran. Selain itu, memahami kelemahan dan kekuatan kompetitor juga bisa menjadi landasan atau prediksi terhadap kualitas produk Anda buat nantinya.

Laporan Keuangan

Faktor pembiayaan merupakan unsur yang penting dalam sebuah rencana bisnis. Bagaimana mengatur untuk menentukan asal modal usaha (sumber dana), aktiva, dan untuk mengatur anggaran agar efisien. Rencana pembiayaan yang baik akan menyebabkan usaha dapat berjalan lancar dan berguna sebagai tahap awal dalam neraca lajur laporan keuangan perusahaan nantinya.

Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Produk dan layanan yang akan diberikan kepada customer menjadi poin penting. Dengan memiliki produk yang berkualitas dan layanan yang membuat banyak konsumen puas, maka dapat dipastikan bahwa konsumen akan menjadi lebih loyal. Akan tetapi bila hanya berpuas diri karena loyalitas konsumen tersebut, nantinya bisa saja kualitas produk yang dijual menjadi semakin berkurang. Sebaiknya pertahankan semua kualitasnya sehingga produk yang diberikan bisa tetap dipercaya oleh konsumen.

Baca Selengkapnya :   Perhitungan Cuti Tahunan yang Diuangkan

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!