fbpx

Keamanan Data Absensi Karyawan: Pentingnya Melindungi Informasi Penting Perusahaan

Bagikan artikel ini

Data Karyawan

Apakah Anda ingin memahami pentingnya keamanan data karyawan? Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa data karyawan harus dikelola secara aman dengan menggunakan HRIS hanya di SmartPresence.

Mengelola data karyawan dengan baik adalah tugas penting yang harus dilakukan oleh departemen HRD. Tantangan yang dihadapi oleh HRD adalah jumlah karyawan dan informasi dalam database yang semakin bertambah. Akan tetapi, data penting tersebut dapat diamankan dengan menggunakan sistem dan prosedur yang tepat.

Mengapa penting untuk mengamankan data karyawan?

Data karyawan mengandung banyak informasi penting, termasuk informasi pribadi karyawan, seperti data gaji dan nomor rekening, data keluarga, dan informasi rahasia lainnya. Mempertahankan keamanan data karyawan penting untuk menjaga reputasi perusahaan.

Manajemen banyaknya data karyawan yang harus dikelola dapat menjadi masalah bagi HR, termasuk kesalahan pencatatan dan ruang penyimpanan. Jika perusahaan masih menyimpan data secara konvensional dengan kertas, dokumen bisa sulit dicari atau rusak karena faktor usia.

Baca Selengkapnya :   Kewajiban Perusahaan Terhadap Kecelakaan Kerja

Penyimpanan konvensional juga meningkatkan risiko kesalahan manusia dari karyawan. Karena itu, banyak perusahaan saat ini menggunakan aplikasi HR berbasis cloud untuk menyimpan dan mengelola data karyawan.

Akan tetapi ada beberapa orang meragukan keamanan sistem aplikasi HR tersebut. Padahal teknologi tersebut didesain untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak lain. Hal Ini menunjukkan bahwa menjaga keamanan data karyawan adalah tugas yang sangat penting, bukan hanya tanggung jawab HR, tetapi juga tanggung jawab perusahaan sebagai pemilik data, karena data yang disimpan penting bagi karyawan.

Manfaat yang bisa didapat dari pengelolaan keamanan data karyawan dengan menggunakan aplikasi

Jika Anda masih belum memahami pentingnya keamanan data karyawan, berikut beberapa alasan penting mengapa data karyawan harus dikelola dengan aman menggunakan solusi aplikasi absensi karyawan SmartPresence.

Mencegah Penyalahgunaan Data

Perusahaan dengan banyak data karyawan rentan menjadi target orang yang tidak bertanggung jawab yang akan menyalahgunakan data tersebut untuk kepentingan mereka. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika seseorang menggunakan nama dan identitas seseorang sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank tanpa ada hubungan apapun dengan pemilik identitas yang diserahkan ke bank. Oleh karena itu, penting untuk memastikan keamanan data karyawan dan membatasi akses hanya pada pihak yang berwenang

Baca Selengkapnya :   Proses Staffing Dalam Manajemen SDM

Mencegah Pencurian Data

Menggunakan data karyawan tanpa sepengetahuan mereka dapat dianggap sebagai tindakan pencurian data yang dapat dihukum oleh hukum. Sebagai perusahaan, Anda dapat terkena sanksi pidana sesuai dengan ketentuan UU ITE jika tidak dapat melindungi data karyawan Anda dari pencurian. 

Data yang dicuri dapat digunakan untuk berbagai kejahatan, seperti penipuan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengelola data karyawan dengan hati-hati dan memastikan keamanannya.

Pengelolaan Data Secara Etis

Karyawan memberikan data dan informasi pribadi mereka yang penting kepada perusahaan. Oleh karena itu, sebagai pihak yang dipercayakan oleh karyawan, perusahaan harus memegang amanah tersebut dengan baik.

Etika bisnis perusahaan harus dipertunjukkan, tidak hanya menunjukkan citra baik perusahaan, tetapi juga kredibilitas perusahaan. Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memperhatikan dan menempatkan karyawannya sebagai prioritas. Karena pada akhirnya, karyawan adalah aktor utama dalam keberhasilan perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!