fbpx

Simak Cara Rekrutmen Karyawan dengan Linkedin Ini

Bagikan artikel ini

rekrutmen karyawan dengan Linkedin

Linkedin memang menjadi jejaring sosial nomor satu sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis, brand, dan semua hal yang berbau dengan perusahaan. Jejaring sosial yang bersifat formal ini tentu harus dimanfaatkan untuk merekrut karyawan. Sebagai tim HRD, sudah pasti Anda harus memiliki akun Linkedin, berikut dengan memelihara akun Linkedin perusahaan Anda. Jika Anda bisa menggunakannya secara maksimal, Linkedin bisa sangat membantu untuk mencari talenta terbaik yang dibutuhkan perusahaan. Ada beberapa cara rekrutmen karyawan dengan Linkedin yang bisa Anda ketahui. Mari simak sama-sama!

Cara rekrutmen karyawan dengan Linkedin

1. Buat keterangan “Buka Lowongan” atau “We’re Hiring!”

Salah satu cara paling efektif untuk membuat orang lain tahu bahwa perusahaan Anda sedang mencari karyawan baru adalah dengan membuat keterangan “Buka Lowongan” atau yang paling sering terlihat adalah “We’re Hiring.”

Baca Selengkapnya :   Shock Culture Karyawan, Ini Solusinya!

Keterangan ini bisa dibuat pada akun Linkedin perusahaan, akun para atasan, hingga akun para recruiter. Semakin banyak yang tahu tentu, semakin banyak juga orang yang membaca dan akhirnya tahu bahwa perusahaan Anda sedang mencari karyawan. Bahkan tak pelru mencari, biasanya orang yang sedang mencari pekerjaan akan langsung menghubungi karena keterangan tersebut.

2. Perbanyak koneksi Linkedin

Menggunakan jejaring sosial Linkedin, tentu tujuan utamanya adalah memperbanyak koneksi. Jadi, hal yang harus Anda lakukan sebagai recruiter yang sedang ingin merekrut orang adalah dengan memperbanyak koneksi pada Linkedin Anda.

Memperbanyak koneksi juga memiliki banyak manfaat, kok. Tak hanya untuk kepentingan ketika ingin menambah karyawan saja, tapi memperbanyak koneksi tentu bisa bermanfaat untuk kelangsunga bisnis sendiri, atau bahkan menghasilkan kerja sama dan kolaborasi baru bersama pelaku bisnis lainnya.

3. Buat post mengenai lowongan kerja yang tersedia

Semakin banyak koneksi tentu semakin banyak juga pengguna Linkedin yang akan melihat posting-an Anda. Manfaatkan hal ini untuk membuat sebuah posting yang berisikan tentang lowongan kerja yang tersedia pada perusahaan Anda.

Baca Selengkapnya :   Perusahaan Dengan Manajemen Terbaik Di Indonesia

Tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak yang membagikan unggahan Anda, semakin banyak yang membagikan, semakin banyak juga yang melihat pengumuman Anda. Dengan begitu, calon karyawan yang memang tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda pun bisa langsung menghubungi.

4. Kirim pesan langsung ke calon karyawan

Selain membuat pengumuman yang bisa dilihat oleh banyak orang, Anda juga bisa merekrut karyawan melalui Linkedin dengan cara mengirim pesan langsung ke calon karyawan. Hal ini dinilai lebih efektif, karena Anda bisa memilih calon karyawan dengan background atau pengalaman kerja yang lebih sesuai.

Di luar hal tersebut, mengirim pesan langsung pun biasanya lebih mendapatkan apresiasi dari sang calon karyawan. Cara ini juga dinilai mampu menghemat waktu tim recruiter, karena perbincangan tersebut bisa langsung berpindah ke telepon atau langsung menentukan waktu pertemuan.

5. Harus didukung dengan akun Linkedin yang aktif

Keseluruhan tips di atas akan lebih maksimal jika didukung dengan akun Linkedin yang aktif. Bagaimana agar terlihat aktif di Linkedin?

Baca Selengkapnya :   Cara Main Saham Untuk Pemula

Anda bisa memulainya dengan memberikan komentar atau menyukai unggahan orang lain. Karena pada jejaring sosial yang satu ini, unggahan apapun yang Anda berikan komentar dan Anda sukai, akan terlihat oleh koneksi Anda.

Banyak orang yang merasa harus aktif di Linkedin ketika ada tujuannya saja, seperti mencari pekerjaan atau ketika ingin merekrut karyawan baru (bagi recruiter) cobalah untuk terus konsisten aktif di Linkedin sehari-harinya ya.

Bagaimana tips di atas? Sudahkah Anda mencoba salah satunya?

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!