fbpx

Cara Bertanya Lowongan Kerja Melalui Email !

Bagikan artikel ini

Bertanya Lowongan Kerja

Pada era teknologi modern saat ini, lowongan kerja banyak tersedia di situs yang memberikan informasi mengenai lowongan kerja. Akan tetapi, bagaimana jika perusahan yang Anda incar belum membuka lowongan? Anda bisa bertanya langsung lowongan kerja yang diharapkan dengan cara mengirimkan pertanyaan melalui email.

Dengan bertanya melalui email, Anda dapat mengetahui apakah perusahaan tersebut membuka lowongan kerja yang mungkin tidak Anda temukan jika mencarinya di situs lowongan kerja manapun. 

Ketika akan bertanya lowongan kerja melalui email Anda tidak bisa sembarangan bertanya. Karena ini adalah perusahaan maka Anda harus bertanya secara formal dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Berikut ini beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari kerja dan ingin menanyakan lowongan kerja secara online menggunakan media email.

Temukan penerima email yang tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin menanyakan informasi lowongan kerja via email adalah mencari tahu kepada siapa email tersebut akan ditujukan.

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Leadership dalam Perusahaan

Biasanya, email tersebut dikirimkan kepada HRD dari perusahaan yang ingin dituju. Indeed menyebutkan bahwa Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui website perusahaan ataupun akun sosial medianya. Anda juga bisa langsung mengirimkan email itu kepada orang yang telah Anda kenal di perusahaan tersebut. Tentunya, proses ini akan lebih cepat dibandingkan mengirimkan email kepada HRD.

Perkenalkan dirimu

Setelah menemukan penerima email yang tepat, cara bertanya lowongan kerja lewat email adalah menulis email itu sendiri. Pertama-tama Anda harus menuliskan perkenalan diri. Beri tahu  penerima email tentang apa isi dari email yang Anda kirimkan seringkas mungkin.

Jelaskan siapa Anda dan alasanmu menghubungi mereka dalam beberapa kalimat saja. Setelah itu, promosikan dirimu sebagai calon karyawan yang potensial untuk perusahaan mereka. Ini termasuk menjelaskan riwayat pekerjaan, keterampilan profesional, dan kualifikasi relevan lainnya.

Lampirkan CV dan kontak yang bisa dihubungi

HRD biasanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk membaca berbagai email yang masuk. Untuk itu, Anda harus memanfaatkan kesempatan yang ada semaksimal mungkin.

Baca Selengkapnya :   Seberapa Pentingkah Quality Assurance Bagi Perusahaan?

Pastikan Anda melampirkan CV dan cover letter dalam email yang Anda kirimkan. Ini akan menghemat waktu, karena HRD akan dapat langsung melihat kualifikasi Anda. Selain itu, pastikan juga Anda mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Sehingga, nantinya apabila perusahaan tersebut tertarik untuk merekrut Anda dapat langsung menghubungi.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!