fbpx

8 Keterampilan Dasar Yang Perlu Dimiliki Karyawan

Bagikan artikel ini

Keterampilan Kerja

Setiap karyawan haruslah memiliki keterampilan kerja yang baik sebagai bekal dalam meraih prestasi dalam pekerjaan. Keterampilan yang kompeten haruslah dimiliki oleh setiap karyawan dalam menunjang karir masa depannya, karena perusahaan pasti mengutamakan keterampilan yang dimiliki dalam menentukan jenjang karir karyawan.

Keterampilan dasar ini akan lebih baik jika diasah sejak dini, saat berada di bangku perkuliahan atau bahkan di bangku sekolah. Akan tetapi keterampilan tersebut dapat terus ditingkatkan jika memang terus dilatih dan diasah dengan baik. Berikut ini keterampilan kerja yang wajib dikuasai oleh setiap karyawan.

Etika

Etika memiliki penjelasan yang luas. Pada intinya, etika merangkum kemampuan karyawan dalam kedisiplinan kerja hingga interaksi karyawan dengan rekan-rekannya. Perusahaan biasanya menginginkan karyawan yang mengerti dan mengikuti peraturan perusahaan, jujur, dan dapat dipercaya. Etika juga bisa diartikan dengan profesionalisme kerja dan tanggung jawab.

Komunikasi yang Baik dan Efektif

Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif akan selalu menjadi faktor penting dalam usaha Anda meraih kesuksesan. Meski Anda memiliki berbagai keterampilan kerja lainnya yang dapat menunjang pekerjaan, belum lengkap tanpa adanya kemampuan berkomunikasi yang baik. Karena, keterampilan komunikasi secara personal sangat dibutuhkan dalam memuluskan tugas, seperti mengungkapkan ide, negosiasi, presentasi, maupun lobbying.

Baca Selengkapnya :   Macam-Macam Tugas Administrasi

Organisasi dan Manajemen

Keterampilan dalam berorganisasi dapat membantu Anda menangani tanggung jawab dengan lebih baik sebelum Anda memastikan bahwa semua telah dijalankan dengan benar. Sedangkan keterampilan manajemen akan membuat segalanya menjadi lebih tertata, hal ini memungkinkan Anda bekerja tepat waktu,  dapat memprioritaskan tugas-tugas secara efektif dan mencari solusi dari suatu masalah sebelum masalah menjadi besar.

Selain itu keterampilan manajemen juga berguna untuk posisi apapun dalam perusahaan. Contohnya seperti mengelola sumber beban kerja, beban kerja, dan waktu Anda dengan lebih baik. Jika tidak memiliki keterampilan berorganisasi dan manajemen, karyawan yang paling cakap sekalipun akan tertinggal atau melakukan kesalahan yang fatal.

Keterampilan Negosiasi

keterampilan bernegosiasi sangat berguna hampir di semua posisi pekerjaan. Anda dapat menggunakan keterampilan negosiasi untuk tujuan yang seperti mendapatkan klien baru atau mencapai kesepakatan dengan partner yang potensial dan juga berguna untuk mengurangi titik resistensi yang mungkin terjadi, serta menurunkan total biaya operasi.

Dapat Berpikir Kritis

Berpikir kritis merupakan proses penyelesaian masalah yang memungkinkan Anda menemukan dan mengatasi kelemahan atau kesalahan dalam lingkungan tertentu. Hal ini memungkinkan terciptanya solusi yang kreatif untuk setiap masalahnya.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Contoh Form Cuti Karyawan

Jika Anda dapat berpikir kritis, maka Anda mampu mengakui, menganalisis, menyelesaikan masalah tanpa banyak pengaruh dari luar dan selalu mencari perbaikan untuk ditambahkan ke dalam sistem.

Kerja Sama dan Delegasi

Menjadi karyawan yang bisa bekerja sama dalam tim sangat penting untuk karir Anda. Banyak karyawan yang bekerja sendiri sangat baik akan tetapi menjadi kesulitan ketika harus bekerja dalam tim. Hal seperti ini pasti akan membuat seorang karyawan kesulitan dan juga menghambat kerja tim.

Selain bekerja sama dengan orang lain secara baik, seorang karyawan juga harus terampil dalam mendelegasikan suatu pekerjaan. Karena mendelegasikan pekerjaan adalah salah keterampilan yang dapat membuat Anda sukses. Maka dari itu Anda harus mengasah skill yang satu ini jika ingin berhasil di masa depan.

Percaya Diri

Percaya diri mungkin tampak seperti suatu sifat, akan tetapi hal itu bisa diperoleh, diasah dan dikembangkan sebagai sebuah keterampilan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dapat memulai latihan di beberapa bidang yang Anda inginkan. Semakin sering melakukan sesuatu hal dalam bidang tersebut maka semakin percaya diri Anda untuk melakukannya.

Baca Selengkapnya :   Apa itu CSR? Ini Arti, Tujuan, dan Contoh

Sebagai seorang karyawan, sudah seharusnya memperbaiki diri dan meningkatkan keterampilan yang dikuasai sebagai bekal dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Menguasai Teknologi

Di dunia yang modern saat ini, teknologi merupakan hal yang tak lepas di kehidupan sehari-hari. Bagi seorang karyawan penguasaan teknologi tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja di bidang teknologi saja. Akan tetapi orang yang bekerja di bidang non teknis pun keterampilan dalam hal teknologi sangat penting.

Dalam artian, bisa menggunakan perangkat teknologi seperti komputer atau laptop. Pasalnya, pengusaha biasanya menginginkan calon karyawan yang mengerti program-program umum semacam Microsoft Office. Selebihnya, seperti kemampuan mengedit gambar, video, atau coding dianggap sebagai nilai tambah.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!