fbpx

5 Hal trend 2021 yang perlu anda ketahui Human Resource

Bagikan artikel ini

Tren Sumber Daya Manusia 2021 yang Perlu Anda Perhatikan

Pada tahun 2021, industri sumber daya manusia telah melakukan banyak penelitian tentang cara menangani masalah budaya dan kinerja di dalam perusahaan. Perubahan besar lainnya akan datang, tetapi kali ini fokusnya adalah pada teknologi: bagaimana teknologi dapat digunakan untuk menemukan orang, menghubungkan orang, melibatkan orang, bahkan mengganti orang, dan apa yang harus dilakukan ketika itu terjadi. Selama bertahun-tahun, teknologi telah bertindak sebagai alat untuk membantu tugas sehari-hari, tetapi fokus pada tahun ini adalah teknologi sebagai cara hidup di tempat kerja. Ini adalah lima tren terbesar yang akan datang ke SDM di tahun depan, dan semuanya melibatkan teknologi.

1. Kandidat pasif

Perburuan kandidat pasif selalu menjadi bagian dari proses rekrutmen. Tapi hari ini, itu jauh berbeda dari sekadar memilah-milah resume di situs web karier. Munculnya media sosial telah membuat hubungan dengan kandidat lebih mudah dari sebelumnya. Demikian pula, calon pekerja berbakat sekarang dapat diidentifikasi hanya dengan mencari tagar, sub-forum, atau metode komunikasi online lainnya. Dengan melibatkan kandidat jenis ini — baik dalam kelompok atau individu tergantung pada platform — perekrut dapat mengetahui apa yang mereka cari dan apakah mereka bersedia membuat perubahan dalam karier mereka.

2. Tenaga kerja jarak jauh

Bekerja secara virtual — di rumah, di kedai kopi, atau di mana pun ada Wi-Fi — adalah tren yang berkembang di Amerika Serikat. Dalam dua dekade terakhir, volume karyawan yang telah bekerja setidaknya sebagian dengan telecommuting telah meningkat empat kali lipat dan sekarang mencapai 37%. Penggerak yang signifikan dari hal ini berasal dari teknologi VPN yang memudahkan untuk mengakses sistem kerja dari hampir semua komputer. Hal ini memungkinkan untuk merekrut dari hampir semua tempat di dunia, dan tidak mengherankan jika banyak perusahaan rintisan dibangun dengan tim jarak jauh. Dari perspektif perusahaan, ini membuka kumpulan kandidat, dan dengan menawarkan kemampuan kerja jarak jauh, ini adalah cara untuk mempertahankan karyawan saat ini dan meningkatkan kepuasan kerja melalui keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Dengan konferensi video dan alat kolaborasi yang berkembang setiap tahun, tren ini hanya akan terus meningkat.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Jenis-Jenis Kepesertaan BPJS

3. Perekrutan buta

Industri teknologi, dan Silicon Valley pada khususnya, diguncang pada tahun 2017 oleh tuduhan dan kontra-klaim bias dalam angkatan kerja. Cara termudah untuk meminimalkan kontroversi? Jadikan perekrutan sebagai proses buta. Dalam penyaringan dan wawancara standar, bias bawah sadar dengan mudah menjadi bagian dari persamaan dengan memasukkan data apa pun yang dapat memberikan bagian-bagian penting dari latar belakang kandidat: jenis kelamin, usia, ras, bahkan almamater. Dengan menjadikan perekrutan sebagai proses buta — yaitu, menghilangkan informasi apa pun di resume yang dapat mengungkapkan data demografi — gelombang penyaringan pertama dapat dilakukan murni berdasarkan kemampuan dan pencapaian. Bahkan ada perangkat lunak rekrutmen yang dibuat untuk mengotomatiskan penyaringan dan menganonimkan kandidat. Hal ini memungkinkan tenaga kerja yang lebih beragam yang dibangun berdasarkan prestasi, tidak ada getaran teman-teman yang diambil selama proses wawancara awal.

4. Gamification 

Gamification adalah teknik yang telah berhasil masuk ke semua jenis industri yang berbeda. Gagasan untuk mengubah keterlibatan menjadi format permainan kompetitif berfungsi untuk berbagai tujuan, baik itu pemasaran atau pengajaran atau perekrutan. Dalam bisnis, gamifikasi dapat digunakan sebagai penyaringan kandidat, mengubah tes keterampilan kritis dan kemampuan kognitif menjadi keterlibatan yang menyenangkan. Dengan munculnya aplikasi ponsel cerdas, basis pengguna dapat memainkan permainan perekrutan sementara algoritme tersembunyi melacak analitik kritis. Hasilnya menguntungkan kandidat dan pemberi kerja: Kandidat memiliki alasan yang menyenangkan untuk mencoba meningkatkan skor mereka sambil pamer kepada calon pemberi kerja; Mempekerjakan manajer memiliki lautan data yang dapat membantu memprediksi kekuatan dan kelemahan kandidat — dan bahkan menemukan berlian yang sulit.

Baca Selengkapnya :   Cara Mudah Daftar BPJS Ketenagakerjaan

5. Karyawan yang memeriksa masa depan

Sementara poin pembicaraan politik sering menekankan kembalinya pekerjaan di bidang manufaktur dan tenaga kerja manual, kebenaran yang tidak sesuai adalah bahwa posisi tersebut akan hilang karena teknologi yang berkembang. Dalam banyak kasus, kecerdasan buatan menggantikan tugas yang dapat diulang sementara analitik prediktif menggantikan tingkat manajemen dan pengambilan keputusan tertentu. Ini melampaui manufaktur — agen perjalanan, pramugari, dan lainnya semuanya rentan. Di mana ini meninggalkan tenaga kerja manusia? Pada tahun 2018, terserah kepada perusahaan untuk melihat sumber daya manusia mereka dan menentukan cara terbaik untuk mengarahkan mereka ke posisi masa depan. Ini berarti mengidentifikasi staf yang bersedia merangkul berbagai aspek pekerjaan: manajemen, pemecahan masalah, pemecahan masalah, dan bidang lain yang memerlukan elemen manusia. Dengan perencanaan ke depan, ini akan menghemat uang perusahaan karena transisi ke tenaga kerja berbasis komputer yang lebih murah sambil memaksimalkan potensi manusia yang sudah ada dalam daftar gaji.

Dengan mendekatnya tahun 2022 dengan cepat, jelas bahwa tren yang didorong oleh teknologi ini akan berdampak pada industri SDM lebih cepat daripada yang diprediksi. Jadi hal yang perlu dilakukan untuk menghadapai kondisi ini  adalah menginvestasikan waktu dan sumber daya sekarang untuk lebih baik dibanding kompetitor. Baik itu mengidentifikasi posisi internal yang rentan terhadap penggantian AI atau menjelajahi metode yang diaktifkan media sosial untuk menemukan kandidat pasif, semua perubahan yang didorong oleh teknologi menampilkan beberapa tingkat kurva pembelajaran. Jadi, bahkan sebelum kalender beralih ke 2021, adalah tujuan yang berharga untuk mulai mempersiapkan masa depan dimulai dari hari ini.

Baca Selengkapnya :   Poin Penting Membuat Surat Keterangan Kerja Untuk Karyawan

Sumber : Forbes

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!