fbpx

Yang Harus Diperhatikan dalam Mencari Kandidat HR!

Bagikan artikel ini

Kandidat HR

Bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang sering “terjerumus” di bidang sumber daya manusia. Maksudnya, banyak orang yang berakhir di bidang tersebut tidak perlu melanjutkan pendidikan sarjana mereka dengan berpikir bahwa mereka ingin berkarir di bidang SDM. Jika ini kasusnya untuk beberapa pelamar SDM Anda, ada beberapa indikator bahwa Anda telah menemukan kandidat yang hebat terlepas dari latar belakang pendidikan mereka.

  • Sertifikasi SDM, seperti sertifikasi Society for Human Resource Management (SHRM) atau salah satu dari berbagai sertifikasi lainnya yang ditawarkan oleh Lembaga Sertifikasi SDM.
  • Etos kerja yang hebat, kepribadian dan kemampuan untuk menjadi strategis. Itu kunci untuk menemukan kandidat yang akan mewakili perusahaan Anda dengan baik dan memiliki kemampuan beradaptasi untuk tumbuh dalam peran mereka. Jika Anda melihat janji, Anda juga dapat memberikan kandidat jenis ini kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi dan / atau pendidikan pascasarjana di bidang tersebut saat mereka mulai bekerja di perusahaan Anda.

Jika Anda sedang mempertimbangkan kandidat yang sedikit lebih berpengalaman untuk departemen SDM Anda, berikut beberapa indikator yang perlu diperhatikan:

  • Gelar sarjana dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Bisnis, atau bidang terkait erat.
  • Gelar Master dalam Sumber Daya Manusia atau Sumber Daya Manusia dan Hubungan Karyawan (HRER), atau bidang yang terkait erat seperti Administrasi Bisnis.

            Pengalaman SDM sebelumnya, apakah itu magang atau pekerjaan di perusahaan lain.

Peran di Departemen Sumber Daya Manusia Anda

Sekarang kita telah membahas persyaratan dan karakteristik umum yang harus Anda pertimbangkan untuk dicari dalam kandidat SDM Anda, mari selami beberapa peran sebenarnya yang perlu Anda isi dalam departemen.

Kami akan mulai dengan struktur departemen SDM Anda. Bergantung pada ukuran perusahaan Anda, Anda mungkin atau mungkin tidak membutuhkan semua posisi dan level ini di departemen SDM Anda sendiri. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa judul peran dan level penempatannya juga bervariasi berdasarkan perusahaan, tetapi diagram ini akan memberi Anda gambaran umum tentang struktur departemen SDM.

Baca Selengkapnya :   Perhitungan Cuti Tahunan yang Diuangkan

Jadi, apa yang sebenarnya dilakukan oleh karyawan HR dalam peran ini? Dan apa perbedaan antara setiap posisi? Kami akan membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini di bawah.

Peran Sumber Daya Manusia Tingkat Awal

Pekerjaan HR level pemula cocok untuk orang-orang yang bersekolah, baru saja lulus, atau memasuki bidang ini untuk pertama kalinya. Peran mereka mungkin termasuk asisten dan magang SDM, spesialis, generalis, atau perekrut.

Asisten SDM / Magang

Asisten HR dan HR magang biasanya bertanggung jawab atas pekerjaan administratif – seperti mengatur dokumen, menyelesaikan bagian pemberi kerja dari informasi karyawan baru, dan pekerjaan lain yang diminta oleh atasan mereka – yang perlu dilakukan sehingga semua orang di departemen dapat tetap produktif dan fokus pada tugas yang lebih kompleks.

spesialis HR

Spesialis SDM fokus pada satu departemen atau disiplin tertentu dalam sumber daya manusia. Spesialisasi ini meliputi pengembangan SDM, manajemen SDM, dan pengembangan organisasi. Tujuan mereka adalah menjadi ahli dalam spesialisasi pilihan mereka. Misalnya, spesialis tunjangan akan diminta untuk mengetahui dan memahami detail mendalam tentang rencana tunjangan perusahaan dan dapat menjelaskan informasi tersebut kepada karyawan baru dan karyawan saat ini.

HR Generalist

Generalis SDM memiliki pengetahuan yang mencakup berbagai bidang departemen dan kebutuhannya. Orang-orang dalam jenis peran ini akan mengerjakan tugas yang lebih khas yang mungkin Anda pikirkan ketika berhubungan dengan SDM seperti kompensasi, hubungan karyawan, dan lingkungan tempat kerja.

Baca Selengkapnya :   Cara Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Perekrut

Satu-satunya pekerjaan perekrut adalah menghadirkan bakat yang mengesankan bagi perusahaan. Mereka menemukan orang-orang baru untuk mengisi kekosongan dalam rencana kepegawaian perusahaan sehingga bisnis dapat terus berkembang dan tetap seproduktif mungkin.

Peran Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah

Saat mereka yang berada di bagian SDM meningkatkan pangkat mereka dan memperoleh lebih banyak pengalaman, mereka kemungkinan akan pindah ke peran SDM tingkat menengah. Contoh pekerjaan ini termasuk spesialis tingkat lanjut, manajer SDM, dan perekrut senior.

Spesialis Lanjutan

Spesialis tingkat lanjut biasanya adalah seseorang yang dipromosikan dari peran spesialis SDM. Pekerjaan mereka mungkin termasuk mengembangkan deskripsi pekerjaan untuk peran teknis spesifik dalam spesialisasi mereka, dan melatih dan mengawasi spesialis tingkat awal yang juga dalam disiplin pilihan mereka. Spesialis tingkat lanjut berfungsi sebagai pakar tingkat tinggi perusahaan mengenai topik spesifik mereka dalam HR.

Manajer HR

Manajer SDM mungkin mengawasi sekelompok karyawan baru atau bahkan karyawan SDM tingkat menengah. Mereka biasanya akan menangani lebih banyak tugas SDM yang kompleks seperti pembuatan dan pengelolaan kebijakan, nilai, dan budaya di seluruh perusahaan.

Perekrut Senior

Perekrut senior berfungsi sebagai layanan kepegawaian Anda sendiri. Mereka mungkin mengawasi tim perekrut tingkat awal yang bekerja untuk mengidentifikasi kandidat ideal untuk posisi terbuka di perusahaan Anda. Perekrut senior dapat bekerja untuk perusahaan Anda atau Anda mungkin mempekerjakan mereka sebagai layanan pihak ketiga tergantung pada anggaran dan sumber daya Anda.

Peran Sumber Daya Manusia Tingkat Tinggi

Jika seseorang akhirnya bertahan di bidang SDM untuk sebagian besar karir mereka, mereka mungkin mendapati diri mereka pindah ke posisi tingkat tinggi di perusahaan Anda. Peran ini mungkin termasuk konsultan SDM, direktur SDM, manajer perekrutan, atau wakil presiden kepala SDM pejabat sumber daya manusia (CHRO).

Baca Selengkapnya :   LAPORAN ABSENSI KARYAWAN: Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Konsultan SDM

Konsultan SDM biasanya adalah seseorang yang mengawasi semua pekerjaan administrasi SDM dan memastikan Anda memenuhi semua kebijakan dan undang-undang perusahaan, negara bagian, dan federal. Mereka dapat menjadi ahli materi pelajaran tentang kebijakan terkait SDM tertentu. Orang-orang dalam peran ini dapat dipekerjakan sebagai bantuan pihak ketiga bergantung pada anggaran dan sumber daya Anda.

Direktur SDM

Jika seorang manajer SDM dipromosikan, orang itu mungkin pindah ke peran Direktur SDM. Di sebagian besar UKM, Direktur SDM biasanya mengawasi semua aktivitas departemen dan melapor langsung ke CEO.

Manajer Perekrutan

Manajer perekrutan mengawasi tim perekrutan perusahaan Anda. Mereka menandatangani rencana kepegawaian Anda dan memastikan semua celah peran Anda terisi dan kebutuhan bakat terpenuhi.

Vice President of HR atau Chief Human Resources Officer (CHRO)

Di perusahaan yang lebih besar, Anda mungkin memiliki wakil presiden bagian sumber daya manusia atau kepala pejabat sumber daya manusia. Orang ini melapor langsung ke CEO, mengawasi seluruh operasi SDM, dan membuat tujuan departemen yang menyeluruh.

Memiliki tim sumber daya manusia yang fantastis sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Departemen SDM Anda akan mengelola hubungan karyawan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karier, tunjangan, dan budaya perusahaan Anda. Tanpa SDM, karyawan Anda tidak akan bisa melakukan pekerjaan mereka. Mulailah dengan memikirkan tentang jumlah dan jenis karyawan HR yang Anda perlukan dan mulailah membangun departemen Anda sehingga perusahaan Anda dapat terus berkembang.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!