fbpx

5 Keterampilan SDM yang Diincar Perusahaan!

Bagikan artikel ini

9 Keterampilan Kerja Sumber Daya Manusia Teratas Yang Dicari Pengusaha

Ada dinamika aneh yang dimainkan saat melamar posisi di bagian sumber daya manusia (SDM) atau HRD. Anda duduk di satu sisi meja sebagai pelamar, tetapi — dalam banyak kasus — jika Anda mendapatkan pekerjaan itu, Anda mungkin langsung melompati meja, dari kursi pelamar ke kursi perekrut.

Mengejar karir bagian HR seharusnya tidak boleh lemah. Bertanggung jawab untuk membuat keputusan perekrutan dan pemecatan, mengawasi kesejahteraan karyawan dan menangani informasi perusahaan yang paling sensitif bukanlah untuk semua orang. Anda merasa siap untuk tantangan ini, tetapi ingin tahu persis apa yang diharapkan dari Anda. Kesiapan ini sangat penting, mengingat seberapa baik pewawancara potensial Anda mengetahui pekerjaan itu — Anda harus mengetahui potensi diri Anda.

Kami di sini untuk membantu Anda mempersiapkan diri, sehingga  lebih memahami apa yang dicari oleh pemberi kerja. Dari 140.000 postingan pekerja di bidang HRD, dapat diidentifikasi 9 keterampilan teratas yang dicari oleh pemberi kerja. Jadi, sebelum wawancara ada baiknya untuk mengetahui keterampilan dan kemampuan yang ada pada diri Anda yang perlu ditonjolkan.

Baca Selengkapnya :   Kewajiban Perusahaan Terhadap Kecelakaan Kerja

5 Keterampilan sumber daya manusia yang dibutuhkan

Saat memikirkan kemahiran dan keterampilan yang Anda miliki, dan itu adalah salah satu dari sembilan keterampilan berikut ini, tunjukkan itu. Pastikan tunjukkan dengan kemasan yang baik dan menarik sehingga keterampilan itu dapat memberikan kesan yang baik saat interview.

Keterampilan komunikasi 

Komunikasi merupakan skill paling penting untuk dimiliki oleh seorang HR. Kemampuan ini akan sangat membantu HR dalam melakukan interaksi dengan divisi lainnya serta mampu memilih diksi hingga menjelaskan informasi yang mudah dipahami oleh lawan bicara. Jadi, HR wajib menguasai skill ini mengingat dalam praktiknya, HR akan banyak berinteraksi terhadap orang dengan karakteristik yang berbeda-beda. 

Keterampilan memecahkan masalah 

Seorang HR harus mampu menjadi pribadi yang memiliki kemampuan problem solving yang solutif. Terjun di dunia kerja pastinya akan ditemukan banyak masalah diantara tim atau divisi. Jika hal itu terjadi, Anda sebagai HR harus mampu mengambil tindakan untuk menghindari perselisihan. Nah, ketika HR memiliki kemampuan problem solving, ini tentunya sangat membantu HR dalam mengidentifikasi awal permasalahan, menemukan jalan keluar hingga memberi solusi yang menguntungkan bagi yang berselisih. Dengan kemampuan itu, situasi menjadi kembali kondusif dan produktif kembali. 

Baca Selengkapnya :   6 Konferensi Terbaik Untuk Dihadiri Profesional HR Dunia

Keterampilan menguasai teknologi 

Memiliki pemahaman dalam menggunakan teknologi juga menjadi keterampilan selanjutnya yang sangat penting bagi Anda yang ingin bekerja di dunia SDM. Meskipun tidak diharapkan menjadi seseorang yang expert dengan teknologi, setidaknya Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai tentang teknologi untuk bekerja secara efektif dan efisien. Apalagi ketika Anda memiliki keterampilan dengan menggunakan berbagai alat atau perangkat lunak SDM menjadi kunci keberhasilan seorang HR. 

Keterampilan negosiasi 

Ini menjadi keterampilan yang sangat berguna bagi HR khususnya ketika melakukan proses perekrutan karyawan. Dengan kemampuan negosiasi inilah yang memudahkan Anda sebagai HR untuk melakukan proses penawaran gaji dengan tujuan Anda mampu mendapatkan jalan tengah yang menguntungkan bagi perusahaan dan calon kandidat yang akan bekerja. 

Manajemen kinerja 

Sebagai anggota HR, Anda perlu memastikan bahwa karyawan Anda bekerja dengan baik dan sesuai dengan harapan perusahaan. Bukan hanya itu, tapi HR juga harus memastikan bahwa perusahaan juga dapat memenuhi ekspektasi karyawannya. Untuk mencapai keseimbangan, HR perlu memiliki kemampuan mengatur yang baik agar kedua belah pihak bisa saling memenuhi ekspektasinya masing-masing.

Baca Selengkapnya :   Memikirkan Kembali Sumber Daya Manusia

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!