fbpx

Apa itu CSR? Ini Arti, Tujuan, dan Contoh

Bagikan artikel ini

tanggung jawab sosial perusahaan

Istilah CSR (Corporate Social Responsibility) pastinya sudah tidak asing lagi untuk kalian dengar. CSR menjadi suatu kegiatan dibalik respon perusahaan terhadap lingkungan masyarakat. Kegiatan ini berkaitan dengan tanggung jawab sosial, kesejahteraan sosial dan pengelolaan kualitas hidup masyarakat, dimana perusahaan menjadi garda terdepan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat dari segi kesehatan, gaya hidup dan aspek lainnya demi meningkatkan kesejahteraan. 

Program CSR ini tidak berfokus memprioritaskan tujuannya untuk memperoleh laba sebanyak-banyaknya, tetapi menjadi kesungguhan upaya yang ditujukan untuk melahirkan dampak positif dari berdirinya perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingan baik itu di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan sehingga mampu mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. 

Program CSR Diwajibkan, Apa Tujuannya? 

Perlu Anda ketahui bahwa program CSR ini disuarakan dan telah dianggap sebagai salah satu program wajib. Hal ini juga tercantum pada Peraturan Pemerintah atau PP No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Perseroan Terbatas. Lebih jelas, pada pasal 2 dan 3 dari Peraturan Pemerintah tersebut ditegaskan bahwa “setiap perseroan selaku subjek hukum mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan”. 

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan?

Pada dasarnya, program CSR menjadi kontribusi nyata dengan tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan. Program ini uniknya memiliki konsep yang sangat mulia yaitu menciptakan sustainability atau keberlanjutan dalam seluruh kegiatan bisnis tetapi tetap menyeimbangkan kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan begitu, kehadiran program ini dipercaya menjadi cahaya yang membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Mengimplementasikan program CSR memiliki sejumlah tujuan lainnya, yaitu: 

Berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat 

Kehadiran program CSR memang dipercaya mampu menyalurkan dampak positif secara langsung pada kesejahteraan masyarakat di perusahaan. Hal ini dapat disalurkan melalui program CSR sosial dan ekonomi, seperti pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, pelatihan keterampilan dan masih banyak lagi. Dengan ini perusahaan telah membantu meningkatkan taraf hidup dan peluang masyarakat. 

Meningkatkan reputasi perusahaan 

Tujuan utama dari praktik CSR ini adalah membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan. Saat perusahaan dilihat berkomitmen untuk bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, tentunya citra positif perusahaan tercipta di mata masyarakat, konsumen, investor dan pemangku kepentingan lainnya. Secara otomatis hal ini akan berdampak pada kepercayaan dan loyalitas pelanggan, bahkan menarik mitra bisnis untuk berkolaborasi. 

Baca Selengkapnya :   Perusahaan Sumber Daya Manusia Randstad Mencari Blockchain Dan Google Cloud Untuk Pencocokan Bakat

Mengurangi risiko hukum dan reputasi 

Menjalankan praktik CSR akan membantu meminimalisir risiko hukum dan reputasi yang mungkin muncul karena pelanggaran regulasi lingkungan atau sosial. Ketika perusahaan mematuhi standar yang baik dalam tanggung jawab sosial, perusahaan bisa saja terhindar dari sengketa hukum dan reputasi buruk yang merugikan perusahaan. 

Contoh Implementasi CSR

Berikut ini beberapa contoh dari praktik CSR: 

Bidang Pendidikan 

  • Mengadakan kursus, seminar, atau pelatihan keterampilan bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.
  • Memberikan fasilitas beasiswa bagi mereka yang kurang mampu dan berprestasi 

Bidang Kesehatan 

  • Membuat seminar untuk menyalurkan pengetahuan tentang pentingnya menomorsatukan kesehatan sekaligus memberikan pemeriksaan gratis 
  • Salurkan P3K, obat-obatan dan peralatan yang memang diperlukan oleh masyarakat yang tidak mampu 
  • Membangun klinik gratis untuk mereka yang kurang mampu 

Bidang Ekonomi 

  • Memberikan semangat dan dorongan bagi para pelaku UMKM, termasuk penyaluran dana  
  • Berikan pelatihan akan keterampilan dalam berwirausaha  

Bidang budaya 

  • Mendukung seni budaya lokal dengan memfasilitasi pentas seni budaya
  • Menjadi sponsor untuk pameran seni dan budaya lokal 
  • Melaksanakan lomba tari kreasi anak bangsa 
Baca Selengkapnya :   Cara Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

CSR semakin hari semakin menjadi bagian penting bagi para pemilik bisnis di tengah perubahan tuntutan sosial dan lingkungan yang semakin tinggi. Namun, CSR ini bukan hanya sekedar tanggung jawab moral, tetapi juga menjadi strategi bisnis yang mampu membawa Anda ke arah yang positif untuk jangka panjang perusahaan dan masyarakat. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!