fbpx

Pengertian dan Perencanaan Sumber Daya Manusia

Bagikan artikel ini

Pengertian dan perencanaan Sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah individu produktif yang bekerja sebagai penggerak organisasi, baik organisasi pemerintah, perusahaan, yang memiliki fungsi sebagai asset. Oleh karena itu, individu tersebut harus dikembangkan dan dilatih kemampuannya.

Secara umum, sumber daya manusia dibagi menjadi dua yaitu sumber daya manusia makro, yaitu jumlah penduduk dalam usia produktif yang ada di sebuah wilayah. Sementera SDM mikro, adalah individu yang bekerja di sebuah perusahaan atau institusi.

Pengertian sederhananya, Sumber Daya Manusia adalah individu dengan kemampuan tertentu yang bekerja di sebuah perusahaan.

Sumber Daya Manusia menjadi salah satu elemen yang paling penting selain modal dan teknologi dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Maka dari itu, karena pentingnya data tersebut maka Sumber Daya Manusia harus selalu dikembangkan. Itukalah pentingnya Perencanaan Sumber Daya Manusia.

Perencanaan Sumber Daya Manusia

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia atau Human Resource Planning (HRP) adalah proses peramalan yang sistematis yang menghubungkan kebutuhan sumber daya manusia sebuah perusahaan dengan rencana strategisnya untuk memastikan bahwa tenaga kerjanya memadai, kompeten, berkualitas untuk mencapai tujuan organisasinya.

Baca Selengkapnya :   Self Acceptance, Kunci Kebahagiaan Diri!

Menurut KBBI arti dari daya manusia adalah “potensi manusia yang dapat dikembangkan untuk proses produksi”

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia menurut para ahli:

  1. Pengertian Perencaanaan SDM menurut Robert L. Mathis dn Johon H. Jacson (2001), perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi tersedianya dan kebutuhan akan sumber daya manusia sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuan.
  2. Pengertian Perencanaan SDM menurut Andrew E. Sikula, perencanaan sumber daya manusia adalah proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya berinteraksi dengan renana organisasi.
  3. Pengertian Perencanaan SDM Menurut Mondy & Noe (1995) Perencanaan SDM adalah proses yang secara sistematis mengkaji keadaan sumber daya manusia untuk memastikan bahwa jumlah dan kualitas dengan keterampilan yang tepat, akan tersedia pada saat mereka dibutuhkan.
  4. Pengertian Perencanaan SDM menurut William B. Werther dan keith Davis, perencanaan SDM adalah perencanaan yang sistematis untuk meralamlkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan (supply) pada masa yang akan dating, baik jumlah maupun jenisnya sehingga departemen SDM (HRD = Human Resource Department), dapat merencanakan pelaksaan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan aktifitas lainnya dengan baik.
Baca Selengkapnya :   Metode dan Proses Penilaian Kinerja yang Efektif untuk Kesuksesan Perusahaan

TAHAPAN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

  1. Menganalisis Tujuan Organisasi
  2. Melakukan Inventarisasi Sumber Daya Manusia yang Ada
  3. Perkiraan Permintaan dan Pasukan Sumber Daya Manusia
  4. Memperkirakan Kesenjangan Sumber Daya Manusia
  5. Merumuskan Rencana Tindakan Sumber Daya Manusia
  6. Pemantauan, Pengendalian, dan Umpan Balik

Menganalisis Tujuan Organisasi

Tujuan organisai yang ingin dicapai dapat diuraikan menjadi tujuan yang lebih focus pada tujuan yang ingin dicapai pada tiap unit kerja atau bagian tertentu. Misalnya bagian produksi, bagian pemasaran, atau bagian keuangan memiliki target tertentu.  Pemisahan tujuan dan rencana keseluruhan ini menyediakan penilaian kebutuhan sumber daya manusia untuk setiap departemen dan kegiatan.

Melakukan Inventarisasi Sumber Daya Manusia yang Ada

Setelah mengetahui pekerjan yang tersedia melalui analisis tujuan organisasi, tahap selanjutnya adalah mengetahui informasi tentang sumber daya manusia yang tersedia saat ini. Yang termasuk dalam inventarisasi ini adalah  jumlah tenaga kerja, kapasistas dan kemampuan, latar belakang pendidikan, kinerja hingga potensi-potensi mereka.

Perkiraan Permintaan dan Pasukan Sumber Daya Manusia

Setelah inventarisasi, tahap selanjutnya adalah  memperkirakan tenga kerja yang diperlukan untuk masa yang akan dating. Organisasi atau perusahaan akan mempertimbangkan apakah perlu adanya penambahan tenaga kerja, paakah perlu meningkatkan produktivitas dan kemapuan karyawan saat ini melalui pelatihan, dan pengembangan keterampilan baru dan apakah ada kandidat yang berpotensi untuk direkrut menjadi karyawan untuk mengisi perkerjaan-pekerjaan tersebut.

Baca Selengkapnya :   Cara Mudah Registrasi dan Membayar Pajak Melalui DJP Online

Memperkirakan Kesenjangan Sumber Daya Manusia

Perbandingan antara permintaan dan pasokan SDM akan menghasilkan selisih, baik lebih maupun kurang. Jika kurang harus ditambah, jika lebih harus melakukan efisiensi.

Merumuskan Rencana Tindakan Sumber Daya Manusia

Setelah ada hasil perkiraan, adanya kesenjangan maka perlu diambil tindakan. Bisa berupa mutasi antar bagian, atau bahkan jika terpaksa adalah pemutusan hubungan kerja.

Pemantauan, Pengendalian, dan Umpan Balik

Setelah tindakan SDM diambil, maka perlu dilakukan pemantauan, pengendalian, dan umpan balik yang diperlukan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!