fbpx

Standar Operasional Prosedur perusahaan, penting atau tidak?

Bagikan artikel ini

Standar Operasional Prosedur

Apakah Anda adalah pemilik perusahaan? Tahukah Anda seberapa penting SOP (Standar Operasional Prosedur) pada perusahaan? Jika belum, yuk simak ulasan berikut ini. Tim SmartPresence akan mengulas secara lengkap untuk Anda.

Sebagai pemilik perusahaan, anda wajib tahu pentingnya SOP perusahaan. SOP (Standar Operasional Prosedur) merupakan prosedur kerja yang dirangkum dalam sebuah dokumen, yang nantinya berfungsi untuk mengatur sistem kerja perusahaan, sehingga tidak ada yang bekerja diluar sistem yang sudah ditentukan. SOP dijadikan sebuah pedoman dalam bekerja sesuai dengan tata kerja, prosedur, dan sistem kerja dalam sebuah perusahaan.

Dengan memiliki SOP Perusahaan, maka ada beberapa manfaat yang diperoleh yaitu mengurangi terjadinya kesalahan dan kelalaian karyawan pada saat melakukan pekerjaan. Membantu meningkatkan akuntabilitas, dan membantu pegawai baru untuk melakukan adaptasi dengan pekerjaannya.

Selain itu dengan adanya SOP dapat menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas, membuat pekerjaan bisa terselesaikan dengan konsisten dan efisien. 

Bagaimana cara membuat SOP perusahaan?

  1. Buatlah susunan kerja terlebih dahulu sebagai langkah awal pembuatan SOP dan sebagai pondasi utama dari SOP yang akan diterapkan di kemudian hari. Minta seluruh kepala bagian dan manajer di perusahaan anda agar menyampaikan pada bawahannya untuk mendiskusikan apa saja yang harus dipaparkan dalam SOP.
  2. Merencanakan alur proses, dimana alur proses ini berisi format SOP, membuat tamplate dan bagaimana SOP tersebut dapat diakses.
  3. Melakukan wawancara terhadap karyawan, ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga Anda bisa mengetahui apa saya yang akan dituangkan dalam SOP.
  4. Setelah melakukan wawancara, Anda bisa mulai merumuskan SOP dan jangan lupa untuk diskusi dan sosialisasi dengan pihak-pihak terkait. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan perumusan SOP
  5. Setelah SOP disetujui oleh pihak-pihak terkait, selanjutnya bisa menerapkan SOP sebagai uji coba yang nantinya bisa dilakukan evaluasi, evaluasi bertujuan untuk membahas apakah ada hal yang salah dalam SOP yang sudah diterapkan.
Baca Selengkapnya :   FAQ: Tentang Laporan Rekap Paruh Waktu

Jadi sudah tahukan pentingnya sebuah SOP Perusahaan. Manfaat dan cara pembuatan buatan SOP. Sebuah SOP harus dilaksanakan secara konsisten, dan komitmen penuh dari seluruh jajaran organisasi, dari level yang paling rendah hingga level paling tinggi. Dalam pelaksanaan SOP harus terbuka terhadap penyempurnaan agar bisa memperoleh prosedur yang benar-benar efisien dan efektif.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!