fbpx

Ini Dia Tujuan dan Fungsi dari Aplikasi HR

Bagikan artikel ini

Aplikasi HR

Mengelola SDM bukan hanya tentang memotivasi atau mendisiplinkan karyawan, tetapi juga mengembangkan dan memberikan hak mereka. Ada juga hal-hal lain yang perlu dikelola seperti rekrutmen dan pembayaran pajak, sehingga HRD (human resource department) membutuhkan penanganan yang intensif. Tanpa pengelolaan SDM yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk berkembang dan mencapai objektifnya.

Dalam hal ini diperlukan sistem yang baik untuk menolong HRD dalam melakukan manajemen sumber daya manusia perusahaan terutama untuk mengurus administrasi karyawan.  Sistem itu adalah aplikasi HR.

Aplikasi HR adalah sistem yang bisa membantu perusahaan dalam mengelola SDM yang ada di perusahaan tersebut. Lalu apa sebenarnya tujuan dan fungsi dari aplikasi HR ? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai aplikasi HR.

Apa Tujuan Aplikasi HR?

Barangkali masih ada beberapa orang termasuk Kamu mengira jika dengan teknologi Aplikasi HR dari microsoft yang mutakhir dapat menggantikan seluruh staff HR yang ada di perusahaan Kamu. Padahal asumsi itu salah, sebab tujuan Aplikasi HR semestinya cuma menolong meringankan serta mengoptimalkan pekerjaan dari seorang HR itu sendiri, baik yang bersifat manual maupun operasional.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 10 Kriteria Penilaian Karyawan Terbaik di Perusahaan!

Dengan begitu, para staff HR di perusahaan Kamu dapat lebih menghemat tenaga serta waktu, sehingga produktivitas semakin bertambah. Aplikasi HR menolong seluruh divisi HR mengolah data karyawan yang ada di perusahaan Kamu semacam pendataan gaji serta absensi, dengan lebih cepat, teliti, serta akurat.

Jadi, peran staf HR dalam perusahaan tetaplah berarti serta tidak akan tergantikan.

Fungsi Aplikasi HR Buat Perusahaan

Tidak hanya berkontribusi dalam produktivitas manajemen HR, Aplikasi HR juga mempunyai bermacam- macam fungsi yang bakal sangat bermanfaat buat menolong pertumbuhan serta kemajuan perusahaan Kamu. Sebagai catatan, fungsi tersebut bergantung dengan tipe sistem yang Kamu pakai, apakah sistem berbasis on premise, yang dapat dikelola seluruhnya sendiri, ataupun sistem cloud dengan basis website browser, yang mana Kamu bakal dibantu vendor buat mengelola informasi perusahaan namun Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah cukup lewat browser. Berikut ini fungsi Aplikasi HR secara umum.

1. Manajemen Penggajian

Staff HRD perusahaan Kamu tidak perlu lagi repot- repot menghitung gaji tiap karyawan secara manual, belum lagi perhitungan gaji yang wajib memperhitungkan bermacam aspek semacam pemotongan BPJS, pengurangan gaji sebab cuti, pemberian bonus, serta lain sebagainya. Permasalahan manajemen penggajian ataupun payroll yang ada setiap bulan bisa staf HR tangani dengan mudah serta otomatis memakai aplikasi HR.

Baca Selengkapnya :   Begini Perhitungan Lembur Karyawan di Hari Libur!!

2. Proses Rekrutmen

Fitur otomatisasi pada Aplikasi HR juga bakal menolong staff HRD perusahaan Kamu dalam proses perekrutan karyawan baru. Seluruh proses mulai dari pemasangan iklan lowongan, pengisian form lamaran, pilih karyawan, sesi interview, uji psikotes, hingga pilih final, seluruhnya dapat langsung terupdate di sistem.

3. Keamanan Informasi Karyawan

Hal terpenting dalam suatu perusahaan yaitu melindungi informasi sensitif perusahaan, tidak terkecuali informasi karyawan yang bersifat personal. Sistem Aplikasi HR memungkinkan manajer HRD mengendalikan siapa saja yang boleh mengakses data tertentu terkait karyawan pada sistem. Dengan begitu, seluruh informasi penting mengenai karyawan bisa senantiasa terkendali serta aman terlindungi, bebas dari resiko kebocoran informasi, dan meminimalisir kerusakan informasi akibat penyimpanan manual.

4. Memonitor Kinerja Karyawan

Fungsi berikutnya merupakan mempermudah staf HRD dalam memantau kinerja serta performa karyawan perusahaan, baik yang di kantor, WFH( Work From Home), ataupun karyawan hibrid. Mulai dari absensi kehadiran secara real time, tingkatan produktivitas karyawan, hingga mengukur pencapaian apa saja yang mereka jalani buat perusahaan, seluruhnya dapat termonitor dengan baik lewat sistem Aplikasi HR.

Baca Selengkapnya :   Sudah Siap? Ini Dia Prediksi Tren HR 2024!

5. Hemat Anggaran Operasional

Terakhir, anggaran operasional HRD pasti dapat jauh lebih hemat, karena pemakaian kertas bisa dikurangi serta sebagian kebutuhan SDM HR juga dapat dialihkan ke sistem aplikasi HR secara otomatis.

Jika kamu berminat menggunakan sistem HR, kamu bisa menggunakan SmartPresence. SmartPresence sudah mendukung untuk memonitoring karywan WFH, WFO ataupun monitoring karyawan yang ada di lapangan. Jadi tunggu apa lagi, segera gunakan SmartPresence dan dapatkan uji coba gratis!

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!