fbpx

Apa itu Attendance Management ?

Bagikan artikel ini

Attendance Management

Attendance management merupakan sebuah aplikasi, program sistem perangkat lunak digital yang digunakan untuk mencatat, menyimpan, dan mengelola data absensi karyawan. Sistem ini dapat membuat pengelolaan karyawan yang dilakukan oleh HR menjadi sederhana serta transparan.

Dengan attendance management anda bisa melacak kehadiran dan waktu karyawan tanpa perlu khawatir mengenai data yang tidak akurat, kertas absensi yang bertumpuk untuk di-input, serta risiko adanya karyawan yang curang. Data kehadiran yang masuk ke sistem ini akan diproses, lalu direkapitulasi otomatis menjadi sebuah laporan kehadiran karyawan.

Sistem attendance management ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis seperti F&B, ritel, distribusi, healthcare, teknologi, konstruksi, outsource dan lain sebagainya. Tentu saja pilihlah sebuah software aplikasi attendance management seperti SmartPresence yang memberikan fitur-fitur lengkap sehingga bisa permudah operasional outlet terkait absensi.

Keuntungan Menggunakan Attendance Management

Dalam menggunakan attendance management tentunya ada keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan software tersebut.

Baca Selengkapnya :   Time Management: Pengertian dan Tipsnya

Tingkat keakuratan lebih tinggi

Salah satu hal yang cukup sering dikeluhkan oleh tim HR adalah data yang salah, seperti data absen karyawan yang tidak akurat. Dan pada akhirnya hal tersebut akan berdampak buruk bagi seluruh karyawan.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang mulai menggunakan sistem attendance online. Dengan begitu, pekerjaan yang dilakukan oleh HR akan lebih mudah, dapat mengurangi human error serta data dan informasi akan lebih akurat.

Lebih Efisien

Mengelola data kehadiran dengan cara manual tentu sangat memakan waktu. Akan tetapi hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar jika perusahaan yang memiliki karyawan kurang dari 25 orang. Namun bayangkan bagi perusahaan yang memiliki 1000 karyawan atau lebih, tentu itu akan sangat memakan waktu yang cukup lama.

Dengan sistem attendance online, maka tim HR dapat memantau kehadiran karyawan dengan mudah. Sistem sudah bekerja pada pencatatan kehadiran dan perhitungan gaji secara otomatis sehingga lebih efisien.

Hemat biaya dan waktu

Selain lebih efisien, penggunaan attendace online juga dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk pengadaan ataupun pemeliharaan mesin absensi fingerprint. Bahkan perusahaan juga tidak dapat mengurangi penggunaan kertas dalam merekap absensi. Perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk berlangganan sistem attendance online yang mana hal tersebut jauh lebih hemat dan Anda bisa mendapatkan aplikasi attendance dengan fitur lengkap untuk mengelola banyak karyawan.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Besaran Biaya Jabatan Bagi Karyawan

Sistem yang Terintegrasi

Karena attendance management memiliki sistem yang sudah terintegrasi secara online, maka Anda dapat dengan mudah untuk mengintegrasikan data kehadiran karyawan dengan penghitungan gaji setiap bulannya. Sistem ini juga user friendly karena pengoperasiannya lebih mudah dipahami dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Attendance management ini juga bisa membantu memudahkan karyawan dalam proses permintaan serta persetujuan overtime. Selain kedua hal tersebut, sistem attendance management juga membantu HR dalam menyederhanakan proses pengajuan, penyetujuan dan perhitungan cuti karyawan melalui sistem online.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!