Mengatur jadwal shift menjadi proses krusial dalam manajemen sumber daya manusia. Ini melibatkan penentuan waktu kerja karyawan secara efisien dan adil. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan dengan mempertimbangkan faktor seperti kapasitas kerja, kebutuhan pelayanan, dan keadilan antara karyawan. Pendekatan yang baik dalam mengatur jadwal shift mengintegrasikan keinginan karyawan agar bisa mendapatkan keseimbangan kerja-hidup, memastikan kepatuhan terhadap regulasi peraturan perundang-undangan terkait jam kerja.
Biasanya, banyak perusahaan yang mengelola jadwal shift karyawan mereka menggunakan Excel yang kemudian akan kalian print untuk diberikan kepada masing-masing karyawan. Tapi, cara ini ternyata sudah tidak efektif, lho! Karena sekarang semua sudah digital, ini tiba saatnya untuk Anda merubah cara pembuatan jadwal shift dengan aplikasi-aplikasi canggih yang tidak kalah mudah untuk digunakan.
Nah, apa aplikasinya? Tentunya dengan menggunakan teknologi terkini seperti aplikasi SmartPresence. Aplikasi ini dapat memfasilitasi pencatatan, pemantauan dan fleksibilitas shift dengan lebih efektif. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan koreksi bila ada jadwal shift karyawan yang salah. Ini berarti Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, serta memastikan bahwa tim Anda selalu terorganisir dengan baik.
Smartpresence juga memberikan fitur agar karyawan juga dapat dengan mudah melihat jadwal shift mereka dan mengetahui kapan mereka harus bekerja. Selain itu, karyawan juga dapat langsung melakukan pertukaran shift melalui melalui smartphone. Hal ini tentu dapat meningkatkan kinerja karyawan dan mengurangi terjadinya konflik dalam pengaturan shift kerja.
Bagaimana Cara Mengatur Jadwal Shift Karyawan dengan SmartPresence?
Dengan SmartPresence, Anda tidak lagi dipusingkan untuk membuat dan mengetik jadwal shift satu per satu dan mencantumkan nama karyawan secara manual. Anda cukup mendownload template kerja yang sudah disediakan oleh aplikasi ini. Setelah itu, Anda tinggal upload kembali jadwal kerja yang sudah dibuat ke SmartPresence.
Secara otomatis nantinya sistem akan mengatur jadwal tersebut sesuai dengan data yang diberikan dan karyawan pun bisa langsung melihat jadwal shift mereka masing-masing. Hanya dengan membuka aplikasi SmartPresence Employee, jadwal shift karyawan dapat dilihat dan bahkan bisa menukar shift secara mandiri dari aplikasi tersebut.
Sangat mudah bukan? Dengan kemudahan dan kesederhanaan aplikasi ini, artinya proses pengaturan shift karyawan jadi lebih mudah dan efisien. HRD pun juga dapat dengan cepat dan akurat memantau dan melakukan evaluasi data kehadiran karyawan, sehingga pembuatan keputusan menjadi lebih tepat dan jadwal kerja shift menjadi optimal.
Aplikasi ini juga menghadirkan fitur pengenalan wajah yang terintegrasi, sehingga dalam proses absensi karyawan, keamanannya sangat terjamin.
Kalau sudah begini, SmartPresence berarti sudah menjadi solusi dan jawaban tepat bagi perusahaan yang ingin mengelola shift kerja karyawannya dengan mudah, efisien dan efektif dong! Jadi, tunggu apalagi? Download dan jadikan perusahaan Anda sebagai bagian dari #TimSmartPresence.
Silahkan uji coba GRATIS disini ya, Sobat SmartPresence!