fbpx

Memilih Sistem Absensi Internal atau Pembelian Putus: Menimbang Kelebihan dan Kekurangan

Bagikan artikel ini

Sistem Absensi

Seiring dengan berkembangnya perusahaan akan dibarengi dengan makin bertumbuhnya jumlah pegawai. Dengan demikian semakin besar dan kompleks juga kebutuhan perusahaan untuk memiliki sistem absensi. Tentunya hal ini bisa diselesaikan dengan menyewa sistem absensi online yang ada saat ini, namun beberapa perusahaan mungkin lebih nyaman bila sistem tersebut berada dibawah pengawasan perusahaan.

Beberapa perusahaan mungkin lebih merasa aman ketika data pegawai atau data perusahaannya tidak berada diluar jangkauan mereka. Untuk itu tidak jarang ada perusahaan yang membuat sistem absensinya sendiri untuk digunakan internal. Tapi membuat sebuah aplikasi tentunya bukanlah hal yang mudah. Perusahaan perlu merekrut orang-orang yang diperlukan dalam membangun sebuah sistem seperti programer, ui/ux designer, manager untuk proyek tersebut dan lain lain. 

Untuk membuat sebuah sistem, selain dalam membangun sistemnya dibutuhkan waktu yang lama. Bahkan sebelum sistem mulai dibangun, akan diperlukan waktu lagi untuk meneliti kebutuhan dari perusahaan. Setelah sistem absensi selesai dibuat, masih dibutuhkan waktu lagi untuk testing kualitas dari sistem apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Dan juga biaya yang dikeluarkan untuk menggaji para pegawai, membeli peralatan seperti laptop dan aksesoris, biaya untuk membeli lisensi aplikasi yang digunakan dan lain lain. Sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi tidak sedikit.

Baca Selengkapnya :   Berapa Kenaikan UMP 2023? Ini Daftarnya!

Selain membuat sistem absensi sendiri, ada juga pilihan untuk membeli putus sebuah aplikasi absensi. Jual putus merupakan perjanjian yang mengharuskan pencipta menyerahkan ciptaannya melalui pembayaran lunas oleh pihak pembeli. Dengan demikian perusahaan bisa bisa memiliki sebuah sistem absensi dalam waktu yang relatif singkat, sudah teruji dan tentunya lebih ekonomis baik dari harga dan waktu jika dibandingkan bila harus membuat sistem sendiri

Salah satu sistem absensi yang menyediakan pilihan pembelian ini adalah SmartPresence. SmartPresence sendiri sudah 5 tahun berpengalaman dalam menangani absensi online pegawai. Dari setting jam kerja baik full time dan shift, absensi online yang dilengkapi dengan gps restriction, pengajuan cuti, lembur, banyak jenis laporan yang bisa di download dan dihitung otomatis oleh sistem dan sangat dinamis dalam perbaikan data ketika terjadi kesalahan input data yang dilakukan pegawai.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!