fbpx

WFH 101: Cara Menghadapi Tantangan dan Tetap Produktif di Era Kerja Digital

Bagikan artikel ini

Work From Home Lebih Produktif

Work From Home kini menjadi pilihan cara kerja sebagian besar pekerja di tengah wabah pandemi covid-19. Ini juga sejalan dengan anjuran dari pemerintah indonesia untuk tetap ada dirumah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini.

Namun tidak semua pekerjaan dapat menjalankan sistem work from home. Tuntutan ekonomi menjadi alasan utama bagi beberapa pekerjaan tersebut. Seperti buruh harian, ojek online dan pedagang kaki lima, karena jika mereka tidak bekerja maka mereka tidak mendapatkan penghasilan. Ada juga karena tuntutan profesi seperti polisi, satpam, dan lain sebagainya. Tak hanya itu petugas rumah sakit, dokter, dan perawat yang menjadi garda terdepan dalam merawat pasien yang terkena covid-19.

Tidak semua pekerja terbiasa membawa pekerjaannya kerumah. Mungkin bagi para pekerja yang sudah pernah atau sering melakukan pekerjaan dirumah atau work from home, pastilah ada beberapa kendala yang akan dihadapi.

Seperti halnya yang paling sering terjadi saat work from home adalah malas melakukan aktivitas dan kehilangan fokus. Ini terjadi karena terbiasa bekerja di kantor dan tidak ingin melakukan pekerjaan kantor di rumah. Namun jika pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan perusahaan maka nantinya akan berdampak buruk bagi para pekerja.

Baca Selengkapnya :   Apa Sih Bedanya HRD dan Personalia? Ini Dia Jawabannya!

Lalu bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja saat work from home? Berikut ini beberapa cara agar kalian lebih produktif saat menjalankan work from home.

Tips Produktif saat WFH

Dalam era yang semakin digital dan fleksibel, bekerja dari rumah (WFH) telah menjadi norma baru bagi banyak profesional di seluruh dunia. Meskipun memberikan kebebasan dan kenyamanan yang unik, bekerja dari rumah juga dapat menghadirkan sejumlah tantangan yang dapat mengganggu produktivitas. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi yang efektif untuk tetap produktif dan terorganisir saat bekerja dari rumah. Dibawah ini adalah tips yang bisa Anda lakukan:

Bangun Pagi

Kebanyakan orang beranggapan bahwa jika bekerja dari rumah bisa bangun lebih siang dan bermalas-malasan karena tidak perlu pergi ke kantor. Hal tersebut merupakan pemahaman yang salah. Walaupun work from home kalian sebaiknya bangun pagi seperti biasa. Dengan bangun pagi maka kalian dapat melakukan aktivitas lainnya sebelum bekerja.  Jika kalian sudah melakukan aktivitas lainnya sebelum bekerja, maka nantinya kalian dapat fokus untuk bekerja dan lebih produktif karena tidak terganggu dengan aktivitas lainnya.

Baca Selengkapnya :   Masih Bingung? Ini Dia Perbedaan CV dan Resume!

Membuat list rutinitas harian

Dengan membuat jadwal harian Anda secara konsisten akan bermanfaat mempertahankan produktivitas saat bekerja dari rumah (WFH). Dari list yang Anda buat, Anda bisa menetapkan waktu bangun, istirahat, makan siang, dan berhenti kerja secara terstruktur. Jadwal inilah yang membantu menciptakan kedisiplinan dan meminimalisir kecenderungan untuk terlalu lama dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Menyiapkan ruang kerja khusus 

Tips selanjutnya adalah menyiapkan ruang dan meja kerja khusus untuk meningkatkan fokus Anda ketika bekerja. Dengan memiliki ruang kerja khusus artinya Anda juga terhindar dari berbagai gangguan saat bekerja, jadi Anda bisa fokus menjalankan pekerjaan Anda. 

Untuk itu, mulai dengan mengatur ruangan kerja Anda sedemikian rupa agar Anda merasa nyaman. Pastikan juga memilih ruang dengan pencahayaan yang baik serta sirkulasi udara yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh Anda selama bekerja dari rumah (WFH). 

Tetap menjalankan komunikasi yang efektif 

Komunikasi yang efektif dengan rekan kerja dan atasan adalah kunci lingkungan kerja yang terdistribusi. Pastikan untuk tetap terhubung melalui telepon, email, atau platform komunikasi online lainnya. Jelaskan status proyek, jadwal kerja, dan harapan dengan jelas untuk menghindari kebingungan dan meningkatkan kolaborasi.

Baca Selengkapnya :   4 Provinsi Tanpa kenaikan Upah Minimum Pada 2022

Berikan batasan antara waktu pekerjaan dan waktu pribadi 

Saat bekerja dari rumah, ada risiko untuk menjadi terlalu bersemangat dalam bekerja seolah tidak ingin menyudahi pekerjaan. Untuk itu, tetapkan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi untuk mencegah kelelahan yang berlebihan. Ketika waktu bekerja sudah selesai, Anda bisa matikan perangkat kerja pada akhir hari dan berikan diri Anda waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang menyenangkan di luar pekerjaan.

Tetapkan tujuan yang jelas 

Membuat daftar tugas atau tujuan harian dapat membantu Anda tetap fokus dan terorganisir. Prioritaskan pekerjaan yang paling penting atau mendesak, dan pastikan untuk menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan setiap tugas. Memiliki tujuan yang jelas membantu mengarahkan energi Anda ke arah yang produktif.

Maka dari itu, penting untuk diingat bahwa meskipun bekerja dari rumah (WFH) menawarkan fleksibilitas, tantangan untuk tetap produktif tetap ada. Dengan menerapkan rutinitas harian yang konsisten, menciptakan ruang kerja yang optimal, menetapkan tujuan yang jelas, berkomunikasi dengan efektif, menetapkan batasan antara waktu kerja dan waktu pribadi, serta mengambil istirahat secara teratur, kita dapat memaksimalkan produktivitas kita saat WFH. Dengan disiplin dan pengaturan yang tepat, WFH dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan efisiensi, kreativitas, dan keseimbangan kerja-hidup kita.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!