Tak bisa dipungkiri bahwa kini internet telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi seluruh umat manusia. Terlebih di masa pandemi, pengeluaran kuota bisa semakin besar demi mengakomodasi aktivitas work from home. Jika pemakaian internet tidak terkontrol, artinya pengeluaran bulanan untuk membeli kuota akan semakin membengkak. Untuk menghindari hal itu terjadi, maka perlu dilakukan berbagai langkah untuk menjaganya agar tetap wajar dan stabil.
Artikel kali ini akan memberikan beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk menghemat data internet selama WFH.
Daftar Isi
ToggleGunakan jaringan Wifi
Berbahagialah Anda yang di rumahnya sudah memasang paket berlangganan fasilitas jaringan internet bersama atau WiFi, dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan jaringan handphone dan cukup memanfaatkan WiFi tersebut. Karena menggunakan WiFi tentunya akan lebih menghemat kuota data Anda.
Pantau sisa kuota
Adanya jaringan internet pada handphone pasti membuat kebanyakan orang sangat asik untuk bermain game online, streaming video dan lain sebagainya, sampai lupa bahwa kuotanya habis. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan kuota dan sering-sering untuk cek sisa kuota.
Di smartphone jaman sekarang sudah ada fitur atau aplikasi yang bisa menghemat penggunaan kuota . Untuk Anda yang menggunakan iOS silahkan mengunduh ‘My Data Manager” aplikasi tersebut berguna untuk memantau penggunaan data pada ponsel Anda.
Untuk ponsel Android biasanya memiliki pengelola data bawaan. Silakan Anda cek langsung di Pengaturan> Penggunaan Data. Anda dapat mengatur siklus penggunaan data, batas data seluler, memeriksa penyebab yang memakan sebagian besar bandwidth dan juga bisa mengatur koneksi data seluler Anda untuk mati secara otomatis setelah mencapai batas.
Menonaktifkan paket data jika tidak digunakan
Menonaktifkan paket data saat tidak digunakan merupakan salah satu cara efektif untuk menghemat kuota saat bekerja dari rumah (WFH). Ketika paket data aktif tanpa penggunaan yang intens, ada kemungkinan terjadi pemakaian data yang tidak terkendali, seperti pembaruan otomatis perangkat lunak, sinkronisasi cloud, atau notifikasi aplikasi. Dengan menonaktifkan paket data saat tidak digunakan, kita dapat mengontrol penggunaan data hanya pada saat benar-benar dibutuhkan, mengurangi risiko penggunaan data berlebihan dan memperpanjang masa pakai kuota yang tersedia. Hal ini juga dapat membantu mengoptimalkan koneksi internet yang tersedia untuk aktivitas kerja yang lebih penting dan mendesak.
Kurangi penggunaan media sosial dan game online
Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sering memuat gambar, video, dan konten multimedia lainnya yang dapat menghabiskan kuota dengan cepat. Begitu pula dengan game online yang sering memerlukan koneksi internet stabil dan menggunakan data untuk menjaga kualitas dan responsivitas permainan. Dengan mengurangi penggunaan kedua hal ini, kita dapat mengalokasikan kuota lebih efisien untuk aktivitas kerja yang memerlukan koneksi internet, seperti rapat video, mengirim dan menerima email, atau mengakses dokumen penting secara online.
Lalu bagaimana menghemat kuota internet saat melakukan video conference?
Bekerja dari rumah pastinya akan membuat Anda sering melakukan video conference dengan tim untuk membahas kerjaan. Untuk itu, ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota internet, yaitu:
Matikan kamera jika tidak dibutuhkan
Salah satu cara menghemat kuota ketika sedang bekerja dari rumah adalah dengan mematikan kamera Zoom Anda untuk mengurangi penyerapan sejumlah besar data. Saat kamera aktif, Zoom akan mengirimkan video dari kamera Anda ke peserta lainnya secara terus-menerus. Hal ini dapat menghabiskan kuota internet, terutama jika kualitas video tinggi atau jika ada banyak peserta dalam rapat yang membutuhkan transmisi data video yang lebih banyak. Dengan mematikan kamera Zoom, Anda masih dapat berpartisipasi dalam rapat dengan suara dan chat teks tanpa perlu mengirim atau menerima data video, sehingga membantu menghemat kuota internet Anda untuk digunakan dalam kegiatan yang lebih penting selama WFH.
Matikan kualitas video HD
Video dengan resolusi tinggi memerlukan lebih banyak data untuk ditransmisikan secara online. Ketika berkomunikasi melalui platform video seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams dengan kualitas video HD, penggunaan data dapat meningkat secara signifikan. Mengurangi kualitas video menjadi standar atau resolusi yang lebih rendah akan mengurangi kebutuhan data untuk setiap sesi rapat atau pertemuan daring. Hal ini sangat penting terutama jika kuota internet Anda terbatas atau jika Anda perlu menghemat data untuk keperluan lainnya selama bekerja dari rumah.
Matikan audio
Saat audio aktif, platform konferensi seperti Zoom atau Microsoft Teams akan terus menerus mengirimkan dan menerima data suara dari dan ke perangkat Anda. Meskipun penggunaan audio tidak sebesar penggunaan video, mematikan audio saat tidak sedang berbicara dapat membantu mengurangi penggunaan data yang tidak perlu. Ini sangat berguna jika Anda perlu memprioritaskan penggunaan kuota untuk aktivitas yang lebih krusial, seperti mengakses dokumen penting, melakukan panggilan telepon, atau melakukan tugas-tugas yang membutuhkan koneksi internet yang stabil.
Dalam upaya untuk menghemat kuota saat bekerja dari rumah (WFH), terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan. Mulai dari menggunakan jaringan Wifi, memantau sisa kuota Anda secara berkala, menonaktifkan paket data jika merasa sudah tidak memerlukan lagi hingga membatasi penggunaan media sosial dan game online. Dengan menerapkan strategi ini, dapat membantu memaksimalkan penggunaan kuota internet yang tersedia untuk kegiatan yang sifatnya lebih utama selama WFH, sembari menjaga kualitas komunikasi dan produktivitas kerja.