fbpx

Tips Menghemat Penggunaan Data Selama WFH

Bagikan artikel ini

cara hemat kuota saat WFH

Wabah virus corona atau yang bisa disebut juga dengan covid-19 masih berlanjut di Indonesia hingga saat ini. Menurut data yang terdapat pada website Covid19.go.id pada tanggal 20 April 2020 terdapat 6,575 pasien positif terkena virus corona, kondisi ini memaksa masyarakat di Indonesia untuk tidak keluar rumah kecuali ada kepentingan.

Perusahaan di Indonesia pun sudah menerapakan sistem kerja Work From Home (WFH). Dengan bekerja dari rumah maka akan membuat konsumsi kuota akan meningkat. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan bagaimana caranya agar kuota Anda tidak boros.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar penggunaan kuota Anda tidak boros saat WFH:

Gunakan Jaringan WiFi

Berbahagialah Anda yang di rumahnya sudah memasang paket berlangganan fasilitas jaringan internet bersama atau WiFi, dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan jaringan handphone dan cukup memanfaatkan WiFi tersebut. Karena menggunakan WiFi tentunya akan lebih menghemat kuota data Anda.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 6 Jenis Pengangguran Yang Ada di Indonesia

Kurangi Main Game Online dan Media Sosial saat WFH

Bekerja dari rumah kerap kali akan membuat Anda bosan, dan untuk menghilangkan rasa bosan itu Anda pastinya sering bermain game online atau membuka social media.

Demi menghemat kuota data, sebaiknya tahan diri Anda untuk bermain game online dan mengakses social media secara berlebihan. Karena cara ini bisa membantu Anda untuk menghemat kuota saat WFH.

Musik Offline

Streaming musik dan video bisa membuat kuota Anda cepat habis, karena penggunaan musik online dan streaming video memakan kuota yang cukup banyak. Untuk mengatasi ngantuk saat bekerja dan ingin mendengarkan musik, sebaiknya Anda download beberapa lagu yang sering Anda dengarkan guna menghindari penggunaan musik online dan untuk menghindari penggunaan kuota cepat habis.

Pantau Sisa Kuota

Adanya jaringan internet pada handphone pasti membuat kebanyakan orang sangat asik untuk bermain game online, streaming video dan lain sebagainya, sampai lupa bahwa kuotanya habis. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan kuota dan sering-sering untuk cek sisa kuota.

Baca Selengkapnya :   5 Pekerjaan untuk Jurusan IPS yang Naik Daun di 2020

Di smartphone jaman sekarang sudah ada fitur atau aplikasi yang bisa menghemat penggunaan kuota . Untuk Anda yang menggunakan iOS silakan mengunduh ‘My Data Manager” aplikasi tersebut berguna untuk memantau penggunaan data pada ponsel Anda.

Untuk ponsel Android biasanya memiliki pengelola data bawaan. Silakan Anda cek langsung di Pengaturan> Penggunaan Data. Anda dapat mengatur siklus penggunaan data, batas data seluler, memeriksa penyebab yang memakan sebagian besar bandwith dan juga bisa mengatur koneksi data seluler Anda untuk mati secara otomatis setelah mencapai batas.

Matikan Paket Data Jika Tidak Digunakan

Jangan biarkan paket Anda menyala setiap waktu, apalagi jika Anda sedang tidak menggunakan internet. Paket Anda akan kan tersedot oleh notifikasi atau pembaruan dari dari aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan internet. Maka dari itu, memtikan paket data adalah langkah paling baik.

Saat Video Conferece

Bekerja dari rumah pastinya akan membuat Anda sering melakukan video conference dengan tim untuk membahas kerjaan. Ada dua hal penting yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota internet, yaitu:

  1. Matikan atau mute video jika tidak perlu untuk menampilkan wajah
  2. Mute microphone jika tidak ada keperluan untuk berbicara
Baca Selengkapnya :   Segera Hadir, SmartPresence Fight Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Corona

Dua hal di atas akan membantu menurunkan penggunaan kuota secara drastis saat sedang melakukan video conference. Anda juga bisa menampilkan wajah dan menyalakan microphone saat diminta berbicara ataupun menampilkan wajah.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!