fbpx

Pentingnya Manpower Planning Bagi Perusahaan

Bagikan artikel ini

Manpower Planning

Kesuksesan sebuah perusahaan tidak lepas dari kebaikan kinerja yang disalurkan oleh para tenaga kerja. Dengan kebaikan yang diberikan para pekerja inilah kemudian membuat perusahaan menjadi berkembang. Ini berarti, perusahaan harus menjalankan rekrutmen secara baik dan benar agar bisa mendapat kandidat yang sesuai ekspektasi dan kualifikasi. Untuk mendukung tercapainya tujuan ini, perusahaan dibantu oleh tim HR harus membuat rencana matang untuk memaksimalkan tenaga kerja atau disebut dengan manpower planning. 

Apa itu manpower planning? 

Manpower planning atau perencanaan tenaga kerja merupakan sebuah proses mengidentifikasi, mengevaluasi, dan juga merencanakan pemenuhan kebutuhan SDM yang nantinya akan menempati jabatan tertentu dalam perusahaan.  Hal ini bertujuan untuk mendapat tenaga kerja ahli yang kompeten untuk mengisi jabatan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan.

Dalam pelaksanaannya manpower planning juga meliputi sejumlah proses penting seperti jumlah personil, berbagai jenis keterampilan, jangka waktu dan lain sebagainya. Langkah ini pun merupakan langkah penting untuk menciptakan jumlah tenaga kerja ideal, sehingga di masa yang akan datang tidak terjadi kekurangan atau bahkan kelebihan tenaga kerja.

Baca Selengkapnya :   Layoff atau PHK, Berikut Penjelasannya!

Manpower planning juga mencakup seperti bagaimana dan kapan karyawan baru akan diperoleh. Seluruh proses ini dilakukan dengan tetap memperhatikan tujuan organisasi, prediksi masa depan untuk bisnis dan perubahan tren teknologi. Ini membantu organisasi mempersiapkan keberlangsungan bisnis di masa depan dengan tenaga kerja yang tepat yang dimiliki.

Apa pentingnya manpower planning bagi perusahaan? 

Meningkatkan efektivitas perusahaan

Ketika jumlah SDM di perusahaan sudah tidak lagi efektif, maka kehadiran manpower planning akan sangat membantu. Dari manpower planning inilah akan dilakukan pengaturan atau penempatan ulang agar semua SDM yang bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Jika ini berhasil diraih, maka karyawan dapat menyalurkan kontribusinya secara maksimal demi mencapai target dan tujuan perusahaan.   

Kebutuhan akan SDM yang kompeten terpenuhi 

Dengan perencanaan SDM yang baik dan terstruktur, maka perusahaan dapat menempatkan karyawan yang kompeten di tempat dimana mereka seharusnya berada. Penempatan ini dapat tercapai dengan sangat mudah dan berjalan optimal karena perusahaan telah mengetahui kualitas SDM yang mereka perlukan, bahkan ketika mereka ingin menambah jumlah karyawan hingga strategi dalam mempertahankan karyawan terbaik di bidangnya. 

Baca Selengkapnya :   FAQ: Ketidakhadiran Notif & Approval

Menghemat biaya 

Melakukan perencanaan terhadap SDM memang menjadi hal krusial bagi perusahaan, khususnya ketika perusahaan membutuhkan tenaga kerja baru. Namun, tidak selamanya penambahan karyawan diperlukan selama HR mampu merancang perombakan SDM secara strategis. Ini bisa dilakukan dengan melakukan promosi, proses pemindahan jabatan, pensiun hingga pemberhentian karyawan. Ini dirasa perlu apalagi pemindahan jabatan yang dilakukan dengan tepat, tidak lagi diperlukan penambahan karyawan. Secara tidak langsung, akan sangat menghemat biaya perusahaan karena tidak lagi perlu melakukan penambahan SDM baru. Terkecuali dalam hal perusahaan membuka cabang baru atau lini bisnis yang baru, penambahan SDM baru memang harus dan diperlukan.

Keharmonisan hubungan kerja tercipta 

Ketika lingkungan kerja diciptakan oleh SDM senyaman mungkin, maka tidak menutup kemungkinan SDM Anda memiliki hubungan harmonis antar divisi yang ada di perusahaan. Dengan keharmonisan ini, SDM satu sama lainnya dapat bekerja sama mewujudkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Jadi itulah pentingnya manpower planning untuk memilih karyawan yang berkompeten dan sesuai dengan jabatan yang disandangnya. 

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Tugas Direktur Utama Dalam Perusahaan?

Manpower planning menjadi elemen penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Bukan hanya sebatas alat yang memastikan perusahaan memiliki karyawan yang diperlukan, tetapi juga menjadi strategi yang dirancang untuk mengoptimalkan keterampilan, keahlian dan kompetensi mereka. Untuk itu, perusahaan harus mampu memahami kebutuhan tenaga kerjanya dan melakukan perancangan secara terstruktur demi mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi, membangun SDM yang berkompeten dalam menghadapi tantangan, serta mampu membangun fondasi kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!