fbpx

Cara Mudah Menghitung Absensi Karyawan!

Bagikan artikel ini

Menghitung Absensi Karyawan

Perkembangan sistem absensi sudah semakin maju, mulai dari sistem absensi yang konvensional sampai dengan penggunaan teknologi canggih. Salah satu sistem absensi konvensional adalah dengan penggunaan tanda tangan sebagai bukti kehadiran, akan tetapi sistem ini sangat gampang dimanipulasi. Selain cara perhitungan kehadirannya yang masih manual sehingga perlu memakan waktu yang cukup banyak.

Seiring dengan perkembangan teknologi muncul beberapa sistem absensi baru, seperti sistem absensi ceklok yang penggunanya wajib memasukkan kertas ke mesin ceklok yang nantinya akan otomatis terekam waktu kehadirannya, akan tetapi sistem ini sangat mudah untuk dicurangi, pengguna bisa menitipkan absensi dengan model ceklok ini.

Kemudian sistem berbasis teknologi mulai muncul, dengan fitur smart ID card, data karyawan akan tersimpan dalam sebuah kartu untuk nantinya dapat digunakan untuk identifikasi saat melakukan absensi kehadiran. Namun pola absensi ini juga masih meninggalkan celah kecurangan untuk titip absensi.

Dari masalah ceklok dan smart ID card ya ada, muncullah fingerprint yang memanfaatkan teknologi biometrik yang menggunakan sidik jari sebagai pemindai absensi. Namun kelemahan dari teknologi ini  adalah hardware yang harus ada pada setiap titik lokasi absensi, jadi selain biaya yang lumayan mahal, hardware ini tidak bersifat mobile. Oleh karena itu karyawan yang bersifat mobile tidak dapat melakukan absensi diluar kantor.

Baca Selengkapnya :   PHK: Dasar Hukum, Prosedur, dan Pesangon

Sistem absensi berbasis cloud adalah solusi dari semua masalah yang ada, telah ada sistem absensi online smartpresence yang menggunakan teknologi biometrik wajah yang tidak mungkin untuk dicurangi. Selain itu dilengkapi dengan fitur mobile, yang mempermudah penggunanya untuk melakukan absensi dimana saja, sehingga sangat cocok untuk karyawan outsourching , kontraktor, sale dan lainnya yang karyawannya sering berada diluar kantor.

Nah, untuk menghitung absensi karyawan dengan menggunakan sistem berbasis cloud smartpresence, HR tidak perlu khawatir lagi, dengan smartpresence untuk menghitung absensi karyawan jadi mudah karena smartpresence sudah dilengkapi dengan perhitungan jam kerja yang lengkap, dari jumlah jam kerja yang tetap, jam lembur  hingga shift. HR tinggal download data kehadiran karyawan dari dashboard smartpresence, data kehadiran karyawan akan langsung anda dapatkan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!