fbpx

Pentingnya Leadership dalam Perusahaan

Bagikan artikel ini

Leadership adalah

Leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas yang telah direncanakan guna mencapai tujuan tertentu. Suatu perusahaan atau organisasi dapat berkembang atau tidak salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan yang memimpin. 

Selain itu bahkan maju mundurnya suatu perusahaan atau organisasi juga sering diidentikkan dengan perilaku kepemimpinan dari pimpinannya. Walaupun dalam sebuah perusahaan leadership memang cenderung dimiliki oleh seorang atasan. Tapi untuk skala lebih kecilnya leadership juga harus dikuasai oleh masing-masing pegawai. Karena kepemimpinan dalam ranah pribadi dapat meningkatkan kinerja.

Mengapa Leadership Diperlukan?

Leadership merupakan hal penting dalam suatu perusahaan atau organisasi sebab leadership adalah kunci keberhasilan tim tercapai dengan baik. Itu karena semua keputusan, gerakan dan laju pembangunan membutuhkan leadership. Selain itu alasan lainnya adalah untuk membangun tim yang kuat. Dengan kekuatan leadership yang baik dan kerja sama tim yang dibentuk dengan baik pula, maka hambatan dan rintangan dapat dihadapi oleh tim.

Baca Selengkapnya :   Begini Cara Mudah Cek NIP dan Data Profil PNS

Sifat-sifat Leadership

Sebagai seorang leadership atau pemimpin yang baik, maka harus memiliki beberapa sifat-sifat sebagai berikut, yaitu:

Energi

Agar tercapainya kepemimpinan yang baik memang diperlukan energi yang baik pula, jasmani maupun rohani. Sebagai seorang pemimpin harus sanggup bekerja dalam jangka panjang dan dalam waktu yang tidak tertentu. Karena sebagai seorang pemimpin tenaganya sewaktu-waktu akan dibutuhkan dan harus sanggup melaksanakannya mengingat kedudukannya dan fungsinya sebagai seorang pemimpin. Maka dari itu kesehatan fisik dan mental benar-benar diperlukan bagi seorang pemimpin.

Stabilitas emosi

Seorang pemimpin yang baik sebaiknya tidak boleh berprasangka dan memiliki perasaan curiga terhadap bawahan-bawahannya. Sebaliknya sebagai pemimpin harus tegas, konsekuen dan konsisten dalam tindakan-tindakannya, percaya diri sendiri dan memiliki jiwa sosial terhadap bawahannya.

Motivasi pribadi

Keinginan untuk memimpin harus datang dari dorongan diri sendiri dan bukan karena paksaan dari luar. Kekuatan dari luar hanya bersifat stimulus saja terhadap keinginan-keinginan untuk menjadi seorang pemimpin. Hal ini tercermin dalam keteguhan pendirian, kemauan yang keras dalam bekerja dan penerapan sifat-sifat pribadi yang baik dalam pekerjaannya.

Baca Selengkapnya :   FAQ : Ekspor Laporan

Kemahiran dalam komunikasi

Seorang pemimpin harus mahir dalam menyampaikan gagasan baik itu secara lisan maupun tulisan. Hal ini sangat penting sebagai seorang pemimpin untuk mendorong maju bawahan, memberikan atau menerima informasi bagi kemajuan organisasi dan kepentingan bersama.

Kecakapan mengajar 

Sering kali dikatakan bahwa seorang pemimpin yang baik pada dasarnya adalah seorang guru yang baik. Itu karena mengajar adalah jalan yang terbaik untuk memajukan orang-orang atas pentingnya tugas-tugas yang dibebankan atau sebagainya.

Kecakapan sosial

Seorang pemimpin yang baik harus mengetahui benar tentang bawahannya. Ia harus mempunyai kemampuan untuk bekerja sama dengan bawahan, sehingga mereka benar-benar memiliki kesetiaan bekerja di bawah kepemimpinan-nya.

Kemampuan teknis

Walaupun dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepemimpinan seseorang maka semakin sedikit pula kemampuan teknis ini diperlukan, karena nantinya yang lebih diutamakan adalah manajerial skillnya. Akan tetapi sebenarnya kemampuan teknis itu tetap diperlukan. Karena dengan memiliki kemampuan teknis seorang pemimpin akan lebih mudah melakukan koreksi apabila terjadi suatu kesalahan pelaksanaan tugas.

Baca Selengkapnya :   Cara Daftar BSU Ketenagakerjaan

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!