Sebagian orang yang ingin melamar pekerjaan biasanya lebih fokus kepada curriculum vitae (CV) dan resume. Padahal, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu elemen penting bagi perusahaan. Mau sebagus apapun resume, CV, atau portofolio kamu miliki bila tidak dilampiri dengan surat lamaran pekerjaan maka hal tersebut akan menjadi sia-sia saja.
Hal ini dikarenakan sebelum membaca CV dari seorang pelamar, biasanya pihak HRD ataupun agensi perekrutan terlebih dahulu membaca surat lamarannya. Lalu mengapa surat lamaran pekerjaan perlu dibuat ?
Pada dasarnya surat lamaran kerja merupakan surat pengantar yang menjelaskan secara singkat mengenai pencapaianmu dalam segi akademik hingga dunia kerja. Dalam surat ini juga menjelaskan bagaimana kamu memiliki keinginan atau memang cocok untuk lowongan kerja tersebut.
Tidak hanya itu masih ada beberapa fungsi lain dari surat lamaran kerja. Apa saja fungsinya ? Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dari surat lamaran kerja.
Daftar Isi
ToggleSebagai permohonan pekerjaan yang resmi
Fungsi yang pertama surat lamaran kerja sudah pasti sebagai pengajuan atau permohonan kerja secara resmi kepada perusahaan. Melalui surat ini, kamu secara resmi mengajukan diri untuk mengisi posisi yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Tak hanya itu, dengan surat resmi ini diharapkan pengajuan kerjamu dapat diterima dan diproses sesuai tahap rekrutmen perusahaan tersebut.
Sebagai alat komunikasi
Dalam melamar pekerjaan, biasanya akan dilakukan dalam dua tahapan yaitu tahap seleksi administrasi dan tahap wawancara. Pada tahap seleksi administrasi, para pelamar kerja tidak akan berkomunikasi secara langsung dengan HRD seperti pada tahap wawancara. Maka dari itu surat lamaran kerja menjadi sebuah alat komunikasi pelamar dengan perusahaan yang dituju.
Pada surat lamaran tersebut para pelamar dapat mengkomunikasikan minatnya pada suatu posisi dalam perusahaan serta alasan mengapa pelamar tersebut cocok untuk pekerjaan tersebut. Selain itu surat lamaran juga merupakan perkenalan diri para pelamar kepada perusahaan yang berisikan biodata, kontak, keahlian, minat, serta pengalaman dari pelamar.
Agar bisa menjadi alat komunikasi yang baik, kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan lengkap dan juga tegas. Kamu juga tidak boleh menjelaskan dengan bertele-tele namun singkat dan padat serta mencerminkan kelebihan dari dirimu. Surat lamaran kerja dengan desain yang menarik dan mudah dipahami juga dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima perusahaan dan mengikuti tahap wawancara.
Sebagai bahan pertimbangan
Dalam melamar pekerjaan, pasti akan terdapat banyak sekali saingan dari berbagai latar belakang pendidikan dan keahlian yang sama maupun berbeda. Untuk meningkatkan potensi kamu diterima dalam suatu pekerjaan, kamu harus sebisa mungkin untuk memaksimalkan surat lamaran kerja. Dalam surat lamaran kerja harus berisi keahlian atau skill juga kelebihan dalam posisi yang akan dilamar. Jangan lupa untuk memasukkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, minat, serta alasan mengapa kamu layak untuk direkrut oleh perusahaan tersebut. Semakin baik surat lamaran yang dibuat, maka akan semakin besar kemungkinan untuk diterima dalam perusahaan tersebut.