fbpx

Bingung Bagaimana Cara Kerja Cerdas? Ini Tipsnya!

Bagikan artikel ini

kerja cerdas

Dewasa ini, persaingan di dunia kerja menjadi semakin kompetitif. Menghadapi hal ini, Anda harus mengubah kemalasan dengan kerja keras yang dibarengi kerja cerdas. Kerja cerdas ini artinya Anda harus bekerja dengan lebih efektif, efisien dan tahu akan prioritas dan porsi kerja Anda. 

Kini, banyak kemudahan dan fasilitas yang disediakan teknologi yang memungkinkan seseorang bekerja dengan cerdas sesuai kualitas pekerjaan yang maksimal tanpa membuang waktu dan tenaga. Dengan bekerja secara cerdas juga akan membuat seseorang terhindar dari stress atau burnout akibat pekerjaan. 

Bagaimana caranya? Artikel ini akan membahas tentang cara kerja cerdas yang dapat Anda terapkan untuk menunjang karir Anda. Simak pembahasannya berikut ini! 

5 Cara Kerja Cerdas 

Buat rancangan skala prioritas 

Anda bisa memulai dengan membuat skala prioritas dari setiap pekerjaan. Coba untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih mendesak, penting dan dirasa perlu tenaga ekstra ketika Anda mengerjakannya. Sementara itu, Anda bisa menggeser pekerjaan yang terasa lebih ringan atau yang tenggat waktunya lebih lama. 

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 3 Contoh Proker/Program Kerja dalam Perusahaan!

Buatlah to-do-list

Agar pekerjaan Anda terstruktur, coba buat to-do-list untuk pekerjaan Anda baik itu yang sifatnya harian, mingguan hingga bulanan. Dengan to-do-list ini, Anda jadi bisa tahu pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu sesuai dengan alur yang telah direncanakan. Ketika nantinya Anda sudah terbiasa, maka ritme kerja Anda otomatis akan membaik dan bisa meminimalisir waktu yang terbuang untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak perlu. 

Menerapkan teknik 80/20 

Kerja cerdas artinya menggunakan usaha Anda seminimal mungkin untuk membuahkan hasil kerja semaksimal mungkin dengan teknik 80 untuk 20. Teknik ini mengajarkan kita untuk menggunakan 80% energi kita untuk menyelesaikan 20% pekerjaan terberat. Dengan begitu, tugas lain menjadi lebih ringan dan mudah diselesaikan. 

Ketahui waktu produktif Anda 

Setiap orang punya waktu produktivitasnya sendiri. Ada yang lebih bersemangat untuk bekerja di pagi buta, tapi ada juga yang lebih ingin bekerja malam hari. Untuk itu, Anda perlu menerapkan kerja cerdas sehingga Anda harus mengenali diri Anda sendiri. Sebab dengan mengerjakan pekerjaan ketika waktu produktif, akan sangat menghemat banyak waktu karena bekerja saat produktif menjadi lebih maksimal hasilnya dibanding memaksakan bekerja di waktu yang tidak seharusnya. 

Baca Selengkapnya :   Begini Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Yang Baik

Fokus pada tujuan 

Fokus pada apa yang ingin dicapai adalah cara agar anda tidak mudah tergoda dengan hal-hal lainnya. Hasil pekerjaan jauh lebih maksimal jika anda fokus saat mengerjakannya. Hindari bekerja secara multitasking walaupun hal tersebut memang bagus, tetapi bukan berarti menjadi baik untuk selalu dilakukan.

Nah, itu dia beberapa tips untuk kerja cerdas demi meningkatkan karir Anda sendiri. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi hasil pekerjaan dan karir Anda menjadi lebih efisien dan selesai dengan waktu yang efektif. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!