fbpx

Ini Dia Pertanyaan Interview yang Sering Muncul!!!

Bagikan artikel ini

Pertanyaan Interview

Interview kerja adalah tahapan yang akan dilewati oleh seorang yang sedang mencari pekerjaan baru. Tahapan ini terkadang membuat seorang merasa stress terutama bagi orang yang baru pertama kali melamar kerja.

Baca juga: Tips HR : Cara Mencari Karyawan Yang Jujur

Agar mendapatkan gambaran mengenaipatkan cerminan menimpa pertanyaan apa saja yang umumnya ditanyakan saat interview, salah satu strategi buat menghadapinya merupakan menekuni contoh- contoh pertanyaan interview kerja. Berikut ini sebagian contoh pertanyaan interview kerja yang sangat kerap regu HRD tanyakan serta gimana wajib menjawabnya.

1. Coba ceritakan tentang diri Kamu!

Saat diminta mendeskripsikan tentang diri Kamu, bukan hanya karakter serta kesesuaian kepribadian Kamu dengan perusahaan yang mau dikenal pewawancara. Pertanyaan semacam ini pula bermanfaat buat mengukur keahlian berbicara Kamu. Jadi sebisa bisa jadi jawab dengan tenang tanpa terbata- bata. Lebih baik lagi bila Kamu dapat menggambarkan hal- hal yang belum tercantum di resume. Lantaran keahlian Kamu mempresentasikan diri juga dinilai melalui pertanyaan ini.

Baca Selengkapnya :   Urutan Struktur Teks Prosedur yang Tepat

2. Mengapa Kamu tertarik melamar kerja di Perusahaan ini?

Lewat pertanyaan ini, pewawancara mau ketahui sepanjang apa kesungguhan Kamu untuk bergabung dengan perusahaan. Lakukan studi kecil- kecilan mengenai profil perusahaan serta posisi yang Kamu lamar.

3. Tolong jelaskan kelemahan Kamu!

Pertanyaan ini umumnya dilontarkan buat mengukur kejujuran Kamu dalam memperhitungkan diri sendiri. Jangan hingga Kamu menanggapi tidak memiliki kelemahan. Jawaban ini kentara tidak jujur serta mengesankan arogansi.

Hendaknya carilah satu perihal yang bukan terhitung kelebihan Kamu, tetapi pula bukan kelemahan parah. Pastikan Kamu menyertakan pemecahan yang telah ataupun tengah Kamu jalankan buat menanggulangi kelemahan tersebut. Jawaban semacam ini menampilkan jika Kamu merupakan wujud yang senantiasa berupaya buat jadi lebih baik.

Baca juga: 10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview

4. Apa Kelebihan yang Kamu Miliki?

Pertanyaan semacam ini ialah pertanyaan yang lumayan susah dijawab. Perihal ini diakibatkan banyak calon karyawan yang bimbang buat mengatakan kelebihan yang dimilikinya.

Dikala menemukan pertanyaan semacam ini, hendaknya beri jawaban dengan sopan serta senantiasa rendah hati.

Berikanlah jawaban yang khusus serta berkaitan dengan posisi yang lagi Kamu lamar. Tunjukkan kelebihan yang Kamu memiliki cocok dengan konteks profesionalisme pekerjaan.

5. Mengapa Perusahaan ini wajib mempekerjakan Kamu?

Jangan hingga Kamu ketahuan melamar cuma sebab posisi tersebut cocok dengan kualifikasi Kamu tanpa menguasai deskripsi pekerjaan itu sendiri. Bagikan jawaban yang merangkum kualifikasi serta antusiasme Kamu buat bergabung dengan Perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Kepuasan Kerja Karyawan, Bermanfaat untuk Kantor!

6. Apa yang Kamu Tahu tentang Perusahaan Ini?

Sesungguhnya, pertanyaan interview HRD yang satu ini sangat gampang buat dijawab. Kamu cuma butuh mencari data di web formal Perusahaan. Pasti saja, Kamu tidak butuh menghafal seluruh data yang terdapat. Pilih- pilih saja data yang sekiranya berarti.

Yakinkan buat menjawabnya secara alami tanpa terdapat sela waktu. Perihal ini berarti buat berikan kesan kalau Kamu betul- betul telah memahami Perusahaan tersebut, bukan cuma menghafalkan jawaban.

7. Apa yang Dapat Kamu Bagikan buat Perusahaan?

Jawablah pertanyaan ini cocok dengan kemampuan ataupun pengalaman yang Kamu miliki. nJika mempunyai pengalaman bekerja tadinya, jangan ragu buat menggambarkan pencapaian ataupun prestasi- prestasi yang sempat diperoleh di Perusahaan tadinya.

Untuk yang belum mempunyai pengalaman bekerja, hendaknya tonjolkan aktivitas yang dicoba sepanjang ini. Tidak hanya itu, ceritakan kalau Kamu bersedia belajar dari dini bila diterima bekerja di Perusahaan tersebut.

8. Apa Rencanamu buat 5 Tahun ke Depan?

Umumnya perusahaan- perusahaan berskala besar yang menanyakan perihal ini kepada pelamar. Buat menanggapi pertanyaan ini, hendaknya buat jawaban yang realistis serta jujur menimpa rencana kariermu buat 5 tahun ke depan.

Baca juga: Wawancara Sejawat : Panduan Praktis untuk SDM

Bila berencana menikah ataupun mempunyai anak dalam 5 tahun ke depan, hendaknya ungkapkan rencana secara langsung. Alasannya, perihal ini kadang- kadang pengaruhi penerimaan karyawan di suatu Perusahaan.

Pertanyaan tentang rencana menikah memanglah lumayan kerap diajukan oleh HRD. Perihal ini sebab terdapat sebagian Perusahaan yang mengharuskan karyawan buat tidak menikah minimal 6 bulan ke depan sehabis diterima kerja.

Baca Selengkapnya :   Tips Menghemat Penggunaan Data Selama WFH

9. Mengapa Kamu Menyudahi Bekerja di Perusahaan Tadinya?

Untuk yang mempunyai pengalaman kerja, perihal ini tentu hendak ditanyakan oleh pihak HRD. Kamu hendaknya tidak membicarakan keburukan tempatmu bekerja tadinya.

Terlebih, bila Kamu mempunyai permasalahan individu, hendaknya tidak butuh diungkapkan. Berikanlah alibi yang logis, semacam mau tingkatkan keahlian di Perusahaan yang baru. Ungkapkan ketertarikan terhadap hal- hal yang tidak bisa dipadati oleh Perusahaan tadinya, tetapi dipunyai oleh Perusahaan yang dikala ini Kamu lamar.

10. Berapa Pendapatan yang Kamu Mau?

Pertanyaan interview HRD satu ini ialah perihal yang sangat membingungkan lulusan baru. Saat sebelum interview, terdapat baiknya Kamu mencari ketahui rentang pendapatan posisi pekerjaan yang Kamu lamar. Apabila Kamu mempunyai sebagian keahlian lain yang dapat mendukung pekerjaan, jangan ragu buat menyampaikannya. Perihal ini hendak membolehkan pendapatan yang didapat terus menjadi besar.

Yakinkan pula, Kamu ingin terbuka buat bernegosiasi soal pendapatan. Sampaikan pengalaman dan prestasi yang sudah dicapai selaku bahan pertimbangan buat memastikan pendapatan di Perusahaan yang baru.

Jangan ragu buat mengajukan pertanyaan balik kepada pewawancara bila ada hal- hal yang tidak Kamu paham. Perihal ini hendak menampilkan kalau Kamu bersemangat terhadap interview yang dicoba. Kamu hendaknya mengajukan pertanyaan yang lebih khusus, supaya pewawancara bisa menerangkan dengan jelas.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!