fbpx

5 Jenis Pelatihan Untuk Mengembangkan Kemampuan Karyawan

Bagikan artikel ini

Pelatihan Karyawan

Dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas karyawan, perusahaan sebaiknya menerapkan pelatihan bagi karyawannya. Pelatihan dan pengembangan SDM sebaiknya diadakan secara berkala sebagai salah satu bagian dari program kerja perusahaan. Perusahaan juga dapat secara langsung melakukan pelatihan ataupun menggunakan jasa dari para ahli sesuai bidangnya masing-masing.

Jenis Pelatihan Karyawan

Ada beberapa jenis pelatihan karyawan yang umumnya dilakukan oleh banyak perusahaan, seperti: 

Pelatihan kompetensi (skill training) 

Ini menjadi salah satu bentuk pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan di dalam perusahaan. Dari pelatihan ini, karyawan akan dibekali dengan kemampuan khusus yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Ini termasuk pelatihan di bidang komunikasi, manajerial hingga keahlian teknis. 

Pelatihan kepemimpinan (leadership training)

Pelatihan ini akan mengajarkan karyawan beragam keterampilan kepemimpinan, seperti bagaimana memotivasi tim, mengelola konflik, cara mengambil keputusan strategis hingga kemampuan dalam memimpin perusahaan. Dengan serangkaian pelatihan ini, perusahaan dapat menilik potensi yang ada dalam diri karyawannya. Bahkan mampu mengembangkan calon-calon pemimpin yang kompeten dan efektif. 

Baca Selengkapnya :   5 Hal trend 2021 yang perlu anda ketahui Human Resource

Pelatihan tim (team training) 

Pelatihan tim atau team training merupakan pelatihan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh perusahaan. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang terdiri dari sekelompok individu, dimana mereka akan di bertugas dan harus menyelesaikan bersama-sama dalam sebuah tim. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan para karyawan dapat menyelesaikan masalah atau pekerjaan secara tim agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Karena bagaimanapun juga karyawan di dalam perusahaan tidak akan bekerja sendirian.

Pelatihan kreativitas (creativity training) 

Dari pelatihan ini, karyawan akan diajarkan teknik kreativitas seperti brainstorming, mind mapping, design thinking dan sebagainya. Pengajaran inilah yang menjadi fondasi bagi karyawannya untuk bisa berpikir secara kreatif dan inovatif. Sehingga kedepannya bisa menghasilkan ide-ide baru untuk bisa meningkatkan daya saing perusahaan dan juga menghadirkan solusi inovatif untuk masalah yang ada. 

Pelatihan ulang (retraining)

Retraining atau pelatihan ulang merupakan pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan secara berkala. Karena tuntutan teknologi dan perkembangan isu yang berhubungan dengan perusahaan semakin berkembang. Maka karyawan akan dituntut untuk maju dan menyesuaikan diri untuk berpikir inovatif akan pekerjaan mereka.  Sehingga dengan hal ini karyawan yang ada di dalam perusahaan bisa bekerja dengan lebih percaya diri ketika menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca Selengkapnya :   Rahasia Produktivitas apakah Sebuah Mitos?

Dengan menjelajahi berbagai jenis pelatihan untuk mengembangkan potensi SDM, perusahaan dapat memaksimalkan keterampilan dari karyawannya. Hal ini bisa ditempuh dengan pemberian pelatihan yang tepat, sehingga tercipta sumber daya yang berkualitas dan reputasi perusahaan jadi meningkat. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!