Focus Group Discussion atau di singkat FGD merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk berbagai jenis keperluan di dalam dunia kerja. Mulai dari merekrut karyawan hingga mengembangkan atau membuat suatu produk baru dapat menggunakan metode ini.
Lalu, apa sebenarnya Focus Group Discussion itu ? Dan apa tujuan dari melakukannya serta bagaimana cara memulai Focus Group Discussion ? Berikut ini penjelasannya.
Daftar Isi
ToggleApa itu Focus Group Discussion?
Focus group discussion merupakan sebuah teknik diskusi atau wawancara sebuah kelompok yang dipandu oleh seorang moderator ahli untuk membahas satu topik secara terperinci. Teknik diskusi ini merupakan salah satu metode penelitian kualitatif dalam sosial.
Dalam penerapannya, diskusi ini akan dipimpin oleh seorang moderator serta diskusi akan berjalan secara informal. Kenapa berjalan secara informal ? Hal ini dilakukan agar para peserta diskusi tidak merasa tertekan saat melakukan diskusi. Maka dari itu kehadiran seorang moderator dalam FGD sangatlah penting. Selain membuat peserta tidak merasa tertekan, moderator juga berfungsi untuk menghasilkan diskusi yang bermanfaat dan opini yang maksimal dalam jangka waktu tertentu.
Sedangkan untuk para peserta diskusi itu sendiri biasanya ditentukan oleh berbagai macam pertimbangan. Contohnya jika ingin melakukan riset pasar, maka peserta diskusi akan di cari yang sesuai dengan target demografisnya. Demografis ini merupakan analisis karakteristik sekelompok orang, umumnya ditentukan dari umur, ras, dan gender.
Tujuan Focus Group Discussion (FGD)
Secara umum tujuan dari diadakannya diskusi itu berbeda-beda. Akan tetapi, bila dalam proses perekrutan karyawan baru, dilakukannya Focus Group Discussion bertujuan agar dapat mengetahui bagaimana karakter dari calon karyaawan dengan lebih dalam. Setelah dilakukan diskusi, maka akan terlihat potensi dari calon karyawan tersebut serta apakah mereka cocok untuk bekerja di perusahaan atau tidak.
Sedangkan bila FGD dilakukan oleh karyawan yang ada di perusahaan, maka tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi ataupun suatu topik maupun isu serta minat dalam perusahaan atau dunia kerja. Nantinya hasil akhir dari diskusi tersebut akan membuat kesepakatan serta pengertian baru terkait dengan isu yang dibahas.
Selain itu, Focus Grup Discussion ini juga bisa digunakan untuk tujuan lainnya, seperti pengumpulan pendapat, ide, serta keyakinan orang lain mengenai topik atau produk tertentu dalam dunia bisnis.
Cara Melakukan Focus Group Discussion
Menentukan Objektif
Hal pertama yang diperlukan dalam menjalankan FGD adalah tujuan atau objektif dari diskusi. Setelah memiliki tujuan untuk diskusi, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat pertanyaan yang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai dan sudah dibuat.
Rekrut Peserta
Tahap selanjutnya setelah setelah menentukan objektif dari diskusi, kini saatnya untuk menentukan peserta dari diskusi. Dalam menentukan peserta diskusi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti bagaimana latar belakang orang yang akan digunakan. Apakah sama atau berbeda, hal tersebut ditentukan pada tahap ini.
Pengumpulan Data dan Analisis
Tahap terakhir dari FGD adalah pengumpulan data serta analisis. Pengumpulan data ini dimulai saat moderator memberikan pertanyaan dan peserta memberikan jawabannya. Dari jawaban yang diberikan oleh para peserta inilah akan menentukan melalui analisa dengan mengambil hasil diskusi yang sudah dilakukan.