fbpx

Ragu Akan Program Internship? Ini Dia Manfaat yang Bisa Kamu Raih!

Bagikan artikel ini

Manfaat Program Internship

Program internship atau magang merupakan salah satu cara bagi perusahaan untuk menemukan calon karyawan dengan potensi yang terbaik. Berkat adanya program internship ini, para pekerja magang akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan jenjang karir, serta mempelajari berbagai keahlian baru.

Tidak hanya itu masih ada beberapa manfaat lagi yang bisa kamu dapatkan dari program internship ini. Terutama bagi kamu yang masih duduk dibangku kuliah atau pun yang sudah lulus. Program ini sangat bermanfaat dan bagus untuk diikuti sebelum kamu mulai terjun ke dunia kerja.

Manfaat Program Internship

Tidak hanya mengembangkan karir ataupun mendapatkan keahlian baru, masih ada beberapa manfaat yang didapatkan dalam program internship. Dilansir dari ilmumiring.id ada 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari program internship ini. Berikut ini penjelasannya.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 5 Perbedaan CRM dan ERP

Menambah pengalaman kerja untuk melengkapi CV

Manfaat yang paling terlihat pastinya adalah pengalaman kerja yang nantinya kamu dapat tambahkan di CV. Tidak bisa dipungkiri bahwa CV dengan pengalaman kerja yang menarik akan lebih dilihat oleh recruiter atau perusahaan dibanding dengan CV yang tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Karena, tidak semua orang dapat memiliki kesempatan internship. Jadi, jika kamu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program internship dan telah menyelesaikannya, kelak ketika kamu akan melamar kerja, kamu akan mempunyai kesempatan yang lebih tinggi untuk diundang wawancara kerja.

Menambah kenalan atau relasi kerja

Sebuah relasi kerja di dunia kerja merupakan salah satu hal yang paling berharga yang bisa berperan dalam karier seseorang. Memiliki relasi yang terbentuk dengan berbagai orang yang profesional di bidangnya ini memiliki peran yang sangat penting agar dapat membantumu untuk mewujudkan cita-citamu.

Dengan kamu mengikuti program internship kamu berkesempatan untuk menggapai karir mu tanpa harus bersusah payah untuk melamar pekerjaan. Hal tersebut disebabkan karena ketika kamu memiliki prestasi dan kinerja yang baik ketika magang, maka tidak menutup kemungkinan kalau kamu dapat direkrut sebagai pegawai tetap nih.

Baca Selengkapnya :   5 Pekerjaan untuk Jurusan IPS yang Naik Daun di 2020

Mengasah keahlian berkomunikasi

Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan salah satu hal yang cukup penting. Bagaimana berkomunikasi yang baik dengan atasan, bawahan atau rekan sejawat, hal itu ini diperlukan agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman.

Dengan kamu mengikuti program internship, secara tidak langsung keahlian komunikasi mu juga akan terasah lho. Sebab, setiap perusahaan memiliki lingkungan yang berbeda-beda dan membuat mu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada. Selain itu dengan memiliki keahlian komunikasi yang baik, itu dapat menjadi bekal untuk memasuki jenjang berikutnya yaitu menjadi seorang karyawan tetap di dunia kerja.

Dapat mempraktekkan ilmu yang sudah didapat selama kuliah

Internship atau magang merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi kamu yang menjalaninya untuk benar-benar mempraktekkan semua ilmu yang di dapat semasa kuliah. Terutama bila bidang kerjanya sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Di sini, kamu akan mendapatkan banyak kesempatan untuk belajar ataupun mempraktekkan ilmu yang sudah kamu dapatkan saat kuliah.

Kesempatan untuk menjadi karyawan tetap

Manfaat terakhir bagi peserta internship atau magang adalah terbukanya peluang untuk bekerja langsung di perusahaan tempat ia magang. Tentunya kesempatan ini bisa diraih dengan catatan performa kerjanya sudah memuaskan bagi timnya berdasarkan penilaian atasan dan semua pihak yang terkait dalam perusahaan.

Baca Selengkapnya :   CARA MENULIS DESKRIPSI PEKERJAAN YANG EFEKTIF untuk IKLAN LOWONGAN KERJA

Karena pada dasarnya, tidak sedikit perusahaan yang membuka kesempatan bagi para peserta internship untuk bisa diangkat menjadi karyawan. Program internship juga menjadi salah satu cara perusahaan mencari kandidat karyawan yang memiliki potensi tinggi untuk direkrut oleh perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!