fbpx

Dampak Laporan Penjualan Bisnis

Bagikan artikel ini

contoh laporan target penjualan

Dalam sebuah bisnis semuanya harus tercatat. Agar bisa mengambil tindakan bisnis yang terukur dan dapat dianalisis. Bukan sekadar kira-kira. Pencatatan dalam bisnis yang terpenting adalah laporan penjualan.

Laporan penualan memiliki peran yang sangat penting dalam pegambilan keputusan. Baik berkaitan dengan marketing, harga, dan metode penjualan. Dari hasil laporan penjualan yang tampak, juga dapat mendorong produktivitas, peningkatan kualitas dan volume, serta peningkatan hasil produksi.

Selain itu perlu diperhatikan juga laporan keuangan yang menurut KBBI adalah laporan mengenai data keuangan yang berasal dari pembukuan

Laporan penjualan menjadi sumber informasi penting pendapatan perusahaan dan bisnis. Dengan laporan ini, dapat diketahui perputaran uang masuk yang bisa diketahui. Lebih-lebih dalam bisnis yang bergerak di bidang perdagangan, jantung utama kegiatan bisnis adalah penjualannya, dan laporan ini adalah rekam medis yang dapat digunakan memantau kondisi bisnis sedang baik-baik saja ataukah tidak.

Laporan penjualan merupakan media dan sumber informasi tentang perubahan yang terjadi dalam penjualan. Jika sebuah bisnis dapat menampilkan dengan rinci, akurat, dan mudah dibaca, maka data yang diinput dan disajikan menjadi data yang transparan.

Data yang transparan ini menjadi sumber informasi penting sehingga dapat merinci karakteristik konsumen dan dapat digunakan sebagai sumber rujukan dalam peningkatan bisnis. Dengan demikian keputusan usaha yang diambil berdasarkan data yang akurat

Baca Selengkapnya :   Metode Perhitungan Insentif Karyawan

Laporan penjualan ini membuat para pengambil keputusan dengan cepat. Selain iut juga bertanggung jawab pada sega jenis perubahan yang terjadi pada neraca keuangan.

PENTINGNYA LAPORAN PENJUALAN BAGI USAHA

Selain laporan keuangan yang lengkap, sebuah usaha pasti memerlukan laporan penjualan. ini berisi kumpulan informasi yang disajikan sebagai bahan catatan dan analisis penjualnan.

Karena digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan dalam bisnis, laporan ini harus disusun secara akurat dan tidak boleh ada kesalahan di dalamnya.

Dalam kegiatan penjulaan ini, segala jenis transaksi tersusun dalam siklus yang saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya. Tidak dapat berdiri sendisi secara terpisah. Setiap siklus, menjadi basis data dan cuan dalam kegiatan penjualan yang lain.

Berikut ini adalah 5 pertimbangan pentingnya laporan penjualan bagi perusahaan.

Sebagai Bahan Evaluasi

Laporan penjualan menjadi bahan evaluasi berdasarkan informasi yang diperoleh. Dari hal ini dapat diketahui kondisi perusahaan sedang baik atau tidak. Berdasarkan laporan ini, pengambil kebijakan dapat mengontrol pengeluaran sehingga tidak merugi.

Baca Selengkapnya :   Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia?

Laporan ini dapat dibuat harian yang lebih rigit dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk. Sehingga dapat meningkatkan penjualan di hari berikutnya, sehingga bisa dievaluasi dan mencapai target bulanan dan tahunnannya.

Menunjukkan Kondisi Bisnis

Pada dasarnya, sajian data laporan tentang penjualan merupakan gambaran kondisi perusahaan. Laporan ini memberikan infomrasi angka keuntungan atau kerugian yang dialami oleh pebisinis dalam laporan laba rugi. 

Laporan penjualan harian memang tidak dapat secara langsung dijadikan acuan untuk mengetahui kondisi bisnis perusahaan. Namun, kondisi bisnis yang itu dapat diketahui dari akumulasi laporan .

Meraih Peningkatan Produktivitas

Laporan penjulan dapat dijadikan acuan. Jika terlihat penjualannya meningkat, sementara produktivitasnya tidak memaadai, maka bisa menjadi pemacu dan pemicu untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Sebagai laporan yang mencatat penjualan sebuah perusahaan,tentu menjadi laporan pertanggungjawaban kinerja.

Menggambarkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan menyajikan laporan keuangan yang tepat dan akurat, perusahaan menunjukkan dirinya sebagai perusahaan yang kredibel. Jika laporan untuk penjualannya bagus, maka menunjukkan peusahaan mampu berkembang dengean baik.

Baca Selengkapnya :   Pemimpin Dan Manajer Itu Berbeda? Ini Jawabannya!

Contoh Cara Membuat Laporan Penjualan

  • Membuat Secara Manual dengan Buku Tulis
    Membuat laporan untuk penjualan pada dasarnya bisa menggunakan pembukuan biasa. Yang terpenting berisi kolom tanggal, nama pelanggan, sub total, diskon, penjulan, pembayaran, saldo.
    Dengan menggunakan buku tulis, kemungkinan kesalahannya sangat besar. Selain itu tidak bisa sortasi secara otomatis. Sehinga menyulitkan penyajian datanya.
  • Membuat dengan Aplikasi
    Membuat laporan untuk penjualan bisa menggunakan aplikasi. Baik aplikasi berbasis android maupun aplikasi Ms Excel. Aplikasi berbasis android/iphone ada yang bisa diunduh gratis. Tapi, aplikasi yang ada masih terbatas.Jika menggunakan aplikasi excel, harus membuat tabel yang relevan, agar dapat disajikan data yang akurat.
  • Membuat Menggnakan Software
    Membuat laporan juga bisa menggunakan software. Dengan menggunakan software khusus, laporan penjualan akan akurat dan sesuai dengan bisnis. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada rincian data, rincian pelanggan, dan rincian-rincian lain yang bisa diuraikan dan disajikan dengan sangat mudah dibaca untuk dipahami. Tentu saja aplikasi yang seperti ini harus mengeluarkan dana lebih, tapi untuk keberlangsungan dan peningkatan bisnis tentu hal ini tidak menjadi soal.

Cara membuat laporan tentang penjualan dilakukan dengan berbagai macam cara. Setidaknya ada tiga cara membuat laporan ini . Ada yang membuat laporan secara manual, menggunakan aplikasi, dan menggunakan software.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!