fbpx

Cara Main Saham Untuk Pemula

Bagikan artikel ini

Cara Main Saham Untuk Pemula

Dengan semakin menjamurnya dunia investasi, termasuk investasi saham, semua orang berlomba-lomba untuk berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Dunia investasi saham dianggap oleh beberapa kalangan sebagai judi, dikarenakan ketidakpastian pendapatan, bahkan dapat menghasilkan kerugian yang besar bagi investor. Investasi saham sebenarnya dapat “dipelajari” dan dapat “dimainkan” sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Lalu bagaimana cara main saham untuk pemula? Jika Anda pemula dan ingin bermain saham, perhatikan hal-hal berikut agar investasi Anda menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Apa Dasar-dasar Pasar Saham?

Hal pertama, Anda harus memahami konsep dasar pasar saham. Tanpa pengetahuan dasar, Anda pasti gagal.

Ketika Anda membeli saham, Anda membeli bagian dari perusahaan. Pada titik tertentu, perusahaan memutuskan untuk meningkatkan modal untuk diinvestasikan seiring pertumbuhan perusahaan. Untuk meningkatkan modal, perusahaan membuat saham dan menjualnya dalam penawaran umum perdana. Kemudian saham tersebut diperdagangkan di ‘pasar saham.’

Selanjutnya, Anda membutuhkan pialang saham. Broker Anda mengeksekusi transaksi Anda. Saat Anda menginstruksikan mereka untuk membeli, mereka akan membeli dengan harga terbaik yang tersedia tergantung pada instruksi Anda. Pialang harus memenuhi standar dan terdaftar pada BEI dan diawasi oleh OJK.

Apa lagi yang Anda butuhkan? Akun pialang. Pialang Anda akan membantu Anda membuatnya. Atau, jika Anda menggunakan platform pialang online, Anda dapat membuatnya sendiri, lalu mentransfer deposit uang ke dalamnya, dan kemudian Anda dapat bertransaksi.

Saat Anda memesan untuk membeli saham, itu disebut tawaran. Orang lain sudah memiliki saham itu. Mereka mungkin meminta harga tertentu untuk bersedia menjual sahamnya, hal ini disebut ask. Seorang pembeli mengajukan penawaran, hal ini disebut bid.

Selisih antara ask dan bid disebut spread. Semakin besar spread, semakin rendah jumlah saham yang akan diperdagangkan. Semakin dekat spreadnya, semakin mudah jual belinya karena ada penjual dan ada pembeli dan penawaran dan permintaannya tidak terlalu jauh. 

Baca Selengkapnya :   6 Cara Mengukur Kepuasan Kerja Karyawan

Siapa yang Bisa Menjadi Investor Saham?

Beberapa tahun lalu sulit bagi orang umum untuk menjadi pedagang saham. Saat ini, siapa pun yang memiliki komputer, koneksi internet berkecepatan tinggi, akun pialang, dan platform trading saham dapat melakukannya.

Tetapi sebelum Anda terjun dalam permainan saham, mari kita bicarakan tentang mempersiapkan diri Anda terlebih dahulu.

Pentingnya Bersiap untuk Tantangan Pasar Saham

Ada kutipan terkenal dari Abraham Lincoln, “Beri saya enam jam untuk menebang pohon dan saya akan menghabiskan empat jam pertama untuk mengasah kapak.”

Anda harus siap menghadapi tantangan saat memulai trading dan bermain saham. Ada hari dimana saham Anda naik dan ada hari dimana saham Anda turun. Anda akan untung dan rugi; terkadang keduanya di hari yang sama. 

Apa cara terbaik untuk memasuki karir trading dengan lebih sedikit resiko kerugian? Persiapan! Seperti kata Lincoln, pertajam kapak Anda. Belajar, teliti, berlatih.

Langkah-langkah Bermain Saham

# Mengontrol Risiko dan Mental Adalah Suatu Keharusan

Tanpa mengontrol risiko dan tanpa melatih kontrol mental, Anda bisa kehilangan banyak waktu tanpa hasil.

Mari kita mulai dengan risiko. Dalam permainan pasar saham mana pun, risiko sejalan dengan keuntungan. Menentukan tingkat risiko yang ingin Anda ambil,  lebih penting dibandingkan dengan menentukan target keuntungan Anda. Tetapkan tingkat risiko Anda sebelum Anda memasuki trading

Baca Selengkapnya :   4.8 juta Ibu Hamil Per Tahun: RUU KIA Menjadi Kenangan Pekerja Perempuan

Setelah Anda menetapkan tingkat risiko Anda, Anda harus mempertahankan kontrol mental. Jika Anda menetapkan target dan trading berjalan dengan baik, setelah target terpenuhi, berhentilah bermain. Mengapa? Karena ini melatih disiplin mental.

Hal yang sama berlaku untuk trading yang salah dan rugi. Setelah Anda mencapai batas kerugian Anda, berhenti bermain. Jangan berharap posisi akan berbalik!

# Pilih Pialang yang Tepat untuk Anda

Broker yang Anda pilih sangat mempengaruhi strategi investasi atau trading Anda. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah biaya dan komisi.

Ada banyak sekali broker di luar sana. Sebagai seorang trader, Anda harus mencari broker untuk memenuhi kebutuhan yang sangat spesifik. Cobalah beberapa broker sampai anda menemukan yang cocok. Broker yang berbeda memiliki aturan yang berbeda dan minimum deposit yang berbeda.

# Kenali Istilah Pasar Saham

Pasar saham memiliki bahasanya sendiri. Anda harus mengetahui istilah dasar pasar saham utama. Pelajari bahas ini setiap hari. Anda harus tahu bahasa ini luar kepala.

# Pola Stok Berulang Sendiri

Terkadang hal-hal berubah berdasarkan sentimen pasar dan ekonomi mempengaruhi pola saham, jadi Anda harus menyesuaikan gaya Anda dengan jenis trading yang tersedia. Tetapi Anda harus mempelajari pola yang terjadi pada suatu saham karena kemungkinan akan kembali di beberapa titik dalam periode yang akan datang.

# Jangan Gunakan Leverage Trading (Hutang)

Biasanya, setelah Anda membuka akun trading, broker Anda akan menanyakan apakah Anda menginginkan akun margin. Kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan dan membutuhkan akun margin untuk short selling, katakan tidak!

Trading dengan leverage berarti Anda melakukan trading dengan uang pinjaman. Contohnya mulai dengan modal 20 juta, dan meminjam lagi 20 juta dan Anda memiliki dana 40 juta untuk berdagang. Kedengarannya asik, bukan?

Baca Selengkapnya :   Perhitungan Gaji Karyawan Masuk Tengah Bulan

Tapi bayangkan jika Anda melakukan transaksi dan kehilangan 40 juta langsung? Broker Anda akan menelepon Anda dan meminta selisih uang kerugian untuk menutupi margin Anda. Ini disebut margin call. Itu berarti Anda harus menghasilkan 20 juta lagi hanya untuk mencapai titik impas.

Sebaliknya, belajarlah untuk berdagang dengan cara yang benar. Belajarlah untuk mengurangi risiko dan memotong kerugian dengan cepat.

# Belajarlah dari Kesalahan Anda

Belajar dari kesalahan Anda adalah kunci sukses dalam semua aspek kehidupan, termasuk bermain saham. Jika Anda melakukan kesalahan trading dan rugi, jangan hanya melupakannya dan melanjutkan!

Sebaliknya, periksa transaksi Anda, lihat lagi hal tersebut, lihat apakah Anda memiliki titik beli dan titik jual yang benar. Dengan kata lain, gunakan hal tersebut sebagai alat untuk belajar.

# Asah Keterampilan Analisis Anda

Salah satu dasar bermain di pasar saham adalah memahami cara menganalisis saham.

Anda harus dapat melihat grafik dan melihat apa yang terjadi. Anda perlu tahu mengapa segala sesuatunya bergerak. Anda harus mempelajari bagaimana melakukan analisis  jika Anda serius tentang perdagangan atau investasi.

Hal-hal yang dapat dianalisis seperti,

Berapa  pendapatan mereka?

Bagaimana proyeksi pendapatan mereka?

Berapa banyak hutang yang mereka miliki?

Bagaimana proyeksi pertumbuhan mereka?

Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi harga saham.

# Jangan Pernah Berhenti Belajar

Seperti yang Anda lihat, ada banyak yang harus dipelajari jika ingin sukses bermain saham. Sisihkan waktu setiap hari untuk fokus belajar saham. 

Bagaimana dengan kiat-kiat bermain saham pada artikel ini? Apakah Anda tertarik untuk bermain saham dan menghasilkan keuntungan yang maksimal?

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!