fbpx

Ini 5 Benefit Menggiurkan Bagi Karyawan

Bagikan artikel ini

Benefit Karyawan

Di awal tahun, pembahasan tentang “benefit karyawan” kian mencuat bagi perusahaan yang ingin menarik perhatian talenta-talenta terbaik. Kini, benefit kerja bukan lagi sebagai pemanis di awal untuk para karyawan, tapi sudah menjelma menjadi salah satu pilar utama dalam menopang keputusan perusahaan ketika akan bergabung atau menaruh separuh hidupnya bekerja pada perusahaan tersebut.

Di era digitalisasi dan tuntutan work-life balance yang semakin meningkat, memahami dan menyediakan benefit yang tepat dan sesuai dengan keinginan karyawan menjadi hal yang penting. Apakah perusahaan Anda sudah siap menyediakan benefit kerja yang akan menjadi incaran utama para talenta-talenta terbaik di tahun 2024? 

Apa itu Benefit Karyawan?

Tunjangan atau benefit karyawan merupakan salah satu komponen gaji di luar upah yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Benefit juga menjadi salah satu faktor bagi seorang calon karyawan untuk menerima ataupun menolak tawaran pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Ayo Semangat lagi, Ini Cara Motivasi Kerja Untuk Kamu!!

Selain itu, benefit juga cukup berpengaruh dalam menentukan keberlangsungan hingga produktivitas kerja karyawan yang ada di dalam perusahaan. Pasalnya, dengan pemberian benefit karyawan yang setimpal bisa membuat para pegawai memiliki loyalitas tinggi kepada perusahaan.

Maka dari itu, benefit karyawan tidak boleh dianggap remeh, namun bukan berarti sebagai perusahaan kita harus mengeluarkan biaya berlebihan dalam pengadaannya. Berikut ini pengertian, manfaat serta jenis-jenis benefit karyawan yang dapat perusahaan berikan. 

Manfaat Benefit Karyawan 

Pemberian benefit kepada karyawan bakal membawa beberapa manfaat, yang mana manfaat tersebut bakal berakibat untuk pertumbuhan perusahaan. Manfaat yang dimaksud antara lain:

  • Tingkatkan mutu hidup karyawan yang berdampak pada kinerja karyawan
  • Meningkatkan rasa nyaman serta aman dikala bekerja
  • Mengurangi beban stress khususnya kala karyawan mengalami project yang berat
  • Meningkatkan loyalitas karyawan
  • Menarik kandidat unggulan buat bergabung dengan perusahaan

Jenis Benefit Karyawan 

Berikut ini merupakan jenis- jenis benefit yang umumnya perusahaan beri pada karyawan.

1. Benefit Langsung

Benefit langsung ini berarti benefit yang berbentuk uang tunai dan bukan dalam wujud benda. Umumnya perusahaan akan memberikan benefit seperti gaji, insentif, bonus berdasarkan prestasi dari target yang diberikan perusahaan

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Job Description UX Designer ?


2. Benefit Tidak Langsung

Benefit yang diberikan perusahaan kepada karyawan namun dalam tanda kutip bukan berupa uang. Biasanya akan diberikan benefit tidak langsung seperti perlindungan yang diberikan oleh para karyawan, asuransi kesehatan dan jiwa hingga dana pensiun. Adapun juga diberikan hari libur yang tidak akan mengurangi performa karyawan seperti cuti hamil, cuti hari raya besar, tanggal merah, atau cuti tahunan. Tidak sampai disitu, benefit ini juga memanjakan karyawan dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung pekerjaan karyawan 

3. Non-financial Benefit 

Seperti namanya, benefit ini tidak memberikan keuntungan bagi karyawan dari segi finansial karena benefit ini merujuk pada lingkungan kerja yang kondusif, mendukung, asyik serta mendapatkan dukungan penuh sehingga membawa kedamaian lahir dan batin bagi para karyawan yang bekerja. 

Dengan memahami benefit karyawan, setiap perusahaan dapat merancang paket lengkap kompensasi dan benefit yang menarik bagi para calon karyawan bertalenta sehingga daya tarik perusahaan menjadi meningkat di mata karyawan. 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!