fbpx

Ini Dia 7 Tujuan Bekerja Yang Perlu Diketahui!

Bagikan artikel ini

Tujuan Bekerja

Berada dalam dunia karir bukanlah suatu hal yang bisa Anda anggap remeh. Anda harus mempersiapkan secara matang sehingga Anda tidak merasa kecewa ketika apa yang Anda capai tidak sesuai dengan harapan Anda. Berkarir dan bersekolah tentunya adalah dua hal yang berbeda, karena ketika Anda sudah memasuki dunia karir, persaingan sudah menjadi asupan Anda sehari-hari. 

Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk merancang masa depan karir Anda yang baik dan terarah adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan Anda untuk bekerja. Dengan mengetahui tujuan tersebut, sedikit banyak tujuan inilah yang akan mempengaruhi karir Anda di masa depan. Dan ternyata, mempersiapkan target atau tujuan Anda bekerja memang menjadi salah satu cara paling efektif dalam meraih kesuksesan karir Anda sendiri, lho! Untuk itu, mulai sekarang sebelum terlambat, yuk ketahui tujuan yang ingin Anda capai dalam dunia karir atau pekerjaan Anda. 

Tujuan Bekerja 

Berikut ini beberapa tujuan penting untuk Anda masuk dan berkecimpung dalam dunia karir, yaitu: 

1. Mendapatkan pemasukan 
Ini pastinya akan menjadi tujuan utama dari mayoritas orang yang ingin bekerja. Tujuannya tiada lain dan tak jauh dari kata “uang”. Ya, tujuannya pasti untuk mendapatkan uang demi bisa melanjutkan hidup. Apalagi, mereka yang menjadi tulang punggung keluarga, bekerja sudah menjadi alternatif yang harus mereka ambil karena dengan bekerjalah mereka bisa bertahan hidup dan menyelamatkan anggota keluarganya. 

Baca Selengkapnya :   Pengertian dan Manfaat Kepuasan Kerja Karyawan

2. Mencari pengalaman 
Pengalaman memang menjadi aspek penting ketika Anda akan bekerja dan mendapat posisi tinggi sesuai apa yang Anda harapkan. Dengan pengalaman yang Anda miliki, akan membuktikan bahwa Anda sudah mengetahui manis dan pahitnya dunia pekerjaan bahkan Anda akan dicap memiliki kemampuan yang cukup mahir. Jadi, dengan sederet pengalaman inilah bisa Anda gunakan untuk mendapat pekerjaan lain yang lebih baik dan mudah di masa mendatang. 

3. Pembentukan identitas diri 
Identitas diri Anda akan mulai terbentuk ketika Anda telah tercemplung dalam dunia pekerjaan. Sebab, ketika Anda masih dalam bangku kuliah, Anda hanya dicap sebagai mahasiswa. Jadi, identitas diri Anda baru akan terlihat ketika Anda sudah memasuki dunia pekerjaan, tergantung profesi yang Anda dapatkan. Tak heran, mayoritas mahasiswa kini berlomba-lomba untuk bisa mengambil hati kampus ternama dan lulus dengan gelar yang bisa mereka banggakan ketika akan bekerja. 

4. Hanya mengisi waktu luang 
Tujuan lainnya yaitu hanya untuk having fun selama Anda memiliki waktu luang. Orang yang bekerja karena tujuan ini kerap kali dikategorikan sebagai orang yang sudah memiliki kehidupan yang mapan dan tidak membutuhkan hasil yang didapatkan. Jadi, bekerja dengan tujuan ini dinilai cenderung tidak serius, karena mereka tidak tahu target jelas yang ingin mereka capai ketika bekerja. 

Baca Selengkapnya :   Apa Sih Strategi Mempertahankan Karyawan yang Paling Efektif?

5. Memperluas relasi 
Ini menjadi tujuan positif jika Anda berpikir demikian. Relasi bisa Anda jalin bukan hanya dengan atasan atau bos-bos besar yang memiliki pengaruh signifikan dalam dunia ini. Tetapi juga termasuk menjalin hubungan baik antar sesama karyawan di kantor atau konsumen, klien dan lainnya. Seperti yang biasa dikatakan, bahwa orang menganggap relasi yang luas dengan banyak orang adalah investasi Anda. Kita tidak pernah tahu relasi yang Anda miliki ini kedepannya akan berguna untuk Anda dimasa depan dalam mendatangkan rezeki atau sebagai penolong ketika Anda kesusahan. Jadi, itulah gunanya Anda harus pintar-pintar melebarkan relasi Anda. 

6. Mencari jabatan 
Tujuan bekerja yang terakhir adalah untuk mencari karir dan jabatan. Pastinya dalam bekerja ada saja karyawan yang memiliki ambisi dalam mengejar peningkatan karir dan jabatan. Pada umumnya orang bekerja mulai dari level bawah dulu yaitu menjadi Staff, lalu meningkat menjadi posisi yang lebih baik di perusahaan.

Nantinya seiring berjalannya waktu, kemampuan atau skill yang dimiliki karyawan pastinya akan semakin bertambah dan bisa mendapatkan kepercayaan sebagai Manajer yang memiliki bawahan. Karyawan tersebut biasanya akan berusaha lebih aktif dan bekerja secara maksimal agar mendapatkan peningkatan karir dan jabatan.

Baca Selengkapnya :   Waktu Istirahat Karyawan Secara Aktual atau Dengan Jadwal

7. Passion 
Setiap manusia pasti punya cita-cita terkait pekerjaan impian sendiri. Bekerja di bidang yang memang menjadi passion Anda disebut tujuan kerja untuk memenuhi passion. Tapi, kadangkala karena adanya hambatan atau gangguan finansial, banyak yang terpaksa bekerja di luar passion mereka demi mendapatkan uang. Tapi, itu pun tidak menjadi masalah, karena dengan begitu Anda bisa menambah ilmu Anda. Kemudian, selang beberapa waktu Anda bisa saja berhenti bekerja dan mengejar passion Anda. 

Demikianlah ulasan terkait tujuan bekerja. Semoga ini bermanfaat bagi Anda yang belum bekerja dan juga bagi Anda yang sudah bekerja untuk lebih memantapkan apa sebenarnya tujuan Anda agar dapat meningkatkan kemampuan dalam dunia kerja. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!