fbpx

Pentingnya Struktur Organisasi Bagi Perusahaan

Bagikan artikel ini

struktur organisasi

Sebuah perusahaan besar entah itu corporate atau start up harus memiliki yang namanya struktur organisasi dengan jelas. Karena jika suatu perusahaan besar meremehkan struktur organisasi maka kedepannya akan sulit bila ingin berkembang. Karena struktur organisasi adalah dasar dari sebuah perusahaan.

Peran Penting Struktur Organisasi

Struktur organisasi perusahaan yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dalam sebuah organisasi, pemegang saham, direksi dan juga komisaris masuk dalam struktur tersebut. Biasanya pemegang saham perusahaan akan memberikan wewenangnya pada direksi melalui komisaris untuk mengembangkan dan juga menjalankan perusahaan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Komisaris memiliki fungsi sebagai pengawas dari jajaran direksi. Komisaris juga memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan pembukuan, menegur direksi, memberikan arahan hingga memberhentikan direksi dengan menyelenggarakan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Dalam RUPS, seluruh pemegang saham akan menyampaikan pendapatnya, di RUPS itu juga membahas kinerja (evaluasi kinerja) termasuk kebijakan perusahaan apa saja yang akan dilakukan kedepannya.

Baca Selengkapnya :   LAPORAN ABSENSI KARYAWAN: Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Ketika ada pemegang saham yang berhalangan hadir, maka ia dapat melempar atau memberikan suaranya kepada pemegang saham lainnya atau yang sering disebut dengan proxy. Nantinya hasil RUPS akan dilimpahkan pada komisaris dan dilanjutkan oleh direksi untuk dijalankan.

Maka dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa struktur organisasi di perusahaan itu sangat penting. Dengan adanya struktur organisasi tersebut maka perusahaan dapat berjalan sesuai dengan alurnya.

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur di dalam organisasi dibuat untuk menjalankan perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan. Struktur organisasi secara jelas mampu memisahkan tanggung jawab dan wewenang anggotanya. 

Jika dalam satu bisnis atau perusahaan tidak memiliki komponen penting dalam struktur organisasi tersebut bisa jadi akan mengalami gangguan kedepannya, salah satunya dalam hal alur manajemen dan pengelolaan.

Berikut beberapa alasan penting kenapa struktur organisasi harus ada dalam setiap bisnis atau setiap perusahaan:

1. Kejelasan kedudukan dan koordinasi

Struktur Organisasi menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Dalam hal ini melalui bagan struktur organisasi dapat memperluas alur komunikasi antar tim.

Koordinasi juga dibutuhkan untuk menghindari adanya missed communication yang dapat memberikan dampak negatif bagi bisnis yang sedang berkembang dan dapat digunakan sebagai dasar dalam penyelesaian pekerjaan yang membutuhkan komunikasi antar jabatan.

Baca Selengkapnya :   Apa itu Attendance Management ?

2. Kejelasan Dalam Jalur Hubungan

Fungsi struktur organisasi berikutnya adalah kejelasan dalam jalur hubungan. Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota dalam organisasi harus terlihat jelas sehingga proses pekerjaan lebih efisien dan saling memberikan keuntungan.

3. Kejelasan Tanggung Jawab

Setiap anggota dalam organisasi memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tumpang tindih wewenang dapat menjadi masalah serius dalam sebuah struktur organisasi, misalnya saja jika dalam sebuah perusahaan memiliki 2 pimpinan sekaligus dapat menyebabkan adanya kebingungan dalam hal pengambilan keputusan cepat.

4. Pengedalian dan Pengawasan

Adanya struktur organisasi penting untuk pengadilan dan pengawasan dari seorang pimpinan terhadap bawahannya. Tercapainya tujuan dari berdirinya suatu bisnis adalah melalui pengendalian dan pengawasan rutin untuk melakukan evaluasi kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing anggota.

Karena  bisnis yang ideal adalah yang dijalankan dari tim yang terkordinasi dengan baik dan benar. Tujuan berdirinya suatu bisnis sangat ditentukan dari kerjasama tim yang terkoordinasi tugas dan fungsinya melalui struktur organisasi.

Baca Selengkapnya :   Sistem Absensi Karyawan Digital: Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan

Keuntungan Menggunakan Struktur Organisasi

Sebuah struktur organisasi perusahaan dibuat berdasarkan pola kerja dan juga tanggung jawab dalam perusahaan tersebut. Apabila suatu perusahaan memiliki struktur perusahaan yang jelas, maka perusahaan tersebut memiliki keuntungan-keuntungan berikut:

  • Membantu mencapai target atau tujuan perusahaan lebih cepat
  • Deskripsi pekerjaan karyawan yang jelas
  • Koordinasi antar unit, fungsi atau bagian serta pembagian wewenang dan juga tanggung jawab lebih jelas.
  • Mampu mengurangi konflik internal yang bisa terjadi dalam perusahaan.
  • Meningkatkan moral dan juga motivasi karyawan karena ada jenjang karir yang jelas.

Tugas Dalam Struktur Organisasi

Dan sekarang akan dijelaskan dengan lebih lengkap seperti apa saja tugas-tugas bagian yang tergabung dalam struktur perusahaan, mulai dari direksi hingga bagian bawahnya.

  1. Direksi, tugasnya adalah memimpin dan juga menentukan arah pergerakan perusahaan.
  2. Manajer, tugasnya memimpin seluruh karyawan yang termasuk dalam bidangnya. Manajer terbagi-bagi menjadi beberapa bagian tergantung dari kebutuhan perusahaan, misalnya Manajer Keuangan, Manajer Operasional, dll.
  3. Kepada departement, tugasnya memimpin orang-orang dalam departemennya. Misalnya bidang IT, masih terbagi-bagi lagi ke dalam beberapa departemen atau divisi.
  4. Karyawan atau staf, merupakan pekerjaan yang memiliki tugas dan juga tanggung jawab sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!