fbpx

Membangun Departemen SDM dalam 10 Langkah?

Bagikan artikel ini

Departemen SDM

Kami telah menyusun daftar 10 langkah yang dapat Anda lakukan untuk membangun departemen SDM yang sukses. Anda dapat mulai mengerjakan daftar ini dengan atau tanpa karyawan sumber daya manusia pertama (atau beberapa) di perusahaan. Berikut ini 10 langkah yang dapat dilakukan untuk membangun departemen SDM.

1. Buat rencana kepegawaian di seluruh perusahaan

Buat rencana kepegawaian di seluruh perusahaan sehingga Anda dapat mengidentifikasi semua posisi yang Anda perlukan untuk diisi dengan karyawan baru Anda. Ini mungkin juga termasuk memindahkan karyawan saat ini ke peran baru atau bahkan mengeluarkan karyawan dan / atau peran mereka sepenuhnya dari perusahaan.

2. Tetapkan anggaran SDM

Anda memerlukan anggaran untuk departemen sumber daya manusia Anda – ini akan menutupi biaya pembangunan departemen dan perekrutan tim SDM Anda. Anggaran juga akan digunakan untuk program di seluruh perusahaan, dan budaya serta aktivitas team building yang dapat diatur oleh HR.

3. Membuat sistem penggajian dan kompensasi

Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki rencana penggajian dan kompensasi untuk semua jenis dan tingkatan karyawan. Karyawan Anda pasti ingin tahu bagaimana, kapan, dan frekuensi mereka akan dibayar pada saat mereka menerima tawaran pekerjaan. Anda juga memerlukan informasi ini untuk menentukan kisaran gaji untuk semua karyawan Anda.

Baca Selengkapnya :   Big Data dalam lingkungan Human Resource : Talent Analytics (People Analytics) mulai digunakan

4. Tulis deskripsi pekerjaan

Deskripsi pekerjaan yang diposting di situs web Anda dan situs pekerjaan seperti LinkedIn dan Glassdoor adalah cara Anda menarik pelamar. Anda tentu ingin membuat deskripsi pekerjaan untuk semua peran SDM yang perlu Anda pekerjakan. Kemudian, saat Anda mengisi beberapa lowongan SDM ini, karyawan baru tersebut harus dapat membantu Anda membuat semua deskripsi pekerjaan lain untuk perusahaan Anda yang sedang berkembang.

5. Buat rencana manfaat yang jelas

Rencana manfaat yang jelas dan menyeluruh sangat penting saat mencoba menarik dan mempertahankan bakat. Anda ingin menjelaskan semua manfaat yang Anda tawarkan kepada karyawan baru Anda sehingga mereka dapat merasa nyaman dengan keputusan mereka untuk bergabung dengan tim Anda serta merasa aman dan didukung dalam peran mereka.

6. Buat buku pegangan karyawan

Buku pegangan karyawan (baik cetak atau digital) adalah cara yang bagus untuk menetapkan ekspektasi yang jelas sejak hari pertama tentang perilaku, keselamatan, kesehatan, dan budaya di tempat kerja. Buku pegangan Anda harus mencakup jawaban atas semua pertanyaan yang mungkin dimiliki karyawan Anda tentang topik ini – dan pertanyaan lain yang Anda anggap sesuai – saat mereka menjalani pelatihan dan mulai bekerja di perusahaan Anda.

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Absensi Karyawan Dalam Evaluasi Kinerja Karyawan

7. Tetapkan prosedur keselamatan

Karyawan Anda kemungkinan besar berada di kantor selama kurang lebih delapan jam per hari – artinya kantor perlu tempat yang sehat dan aman bagi mereka untuk menghabiskan banyak waktu. Jika salah satu karyawan Anda pernah merasa tidak aman atau berisiko mengalami cedera mental atau fisik di kantor, akan sangat sulit mengharapkan mereka menjadi pekerja yang produktif.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus menetapkan standar kesehatan dan keselamatan tempat kerja, yang dapat Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam buku pegangan karyawan Anda. Nyatakan prosedur keselamatan Anda untuk berbagai jenis pertengkaran pribadi serta prosedur untuk keadaan darurat dan potensi situasi tak terduga atau berbahaya lainnya sehingga setiap orang dapat menanganinya dengan tepat.

8. Kumpulkan catatan administrasi

Meskipun Anda mungkin memiliki asisten eksekutif yang mengumpulkan dan mengatur banyak catatan administratif perusahaan Anda, ada juga banyak dokumentasi yang harus dikumpulkan, diatur, dan dikelola secara terpisah oleh departemen SDM Anda. Beberapa dari item ini mungkin termasuk lamaran kerja, rencana tunjangan, dokumen pajak, dan kompensasi dan rincian penggajian.

Baca Selengkapnya :   Berkurangnya HR: AI mendominasi tempat kerja, “Bot” menjadi manajer perekrutan baru.

9. Pajang poster pekerjaan yang diperlukan

Ada undang-undang negara bagian dan federal yang mewajibkan perusahaan dan tim SDM mereka untuk memasang poster ketenagakerjaan tertentu di sekitar kantor mereka sehingga dapat terlihat oleh semua orang yang memasuki ruangan. Beberapa poster wajib ini berubah seiring waktu, jadi pastikan untuk mengikuti hukum dan persyaratan negara bagian dan negara Anda.

10. Ciptakan kinerja dan proses feedback

Keberhasilan dan kepuasan karyawan adalah komponen utama perusahaan yang makmur – tanpa dua hal ini, akan sulit untuk mempertahankan bakat terbaik Anda. Anda tentu ingin membuat kinerja di seluruh perusahaan dan proses umpan balik untuk memastikan setiap orang berpegang pada standar tertentu yang Anda dan tim SDM Anda tetapkan dan pertahankan.

Evaluasi kinerja karyawan harus diadakan untuk memastikan semua karyawan bekerja hingga potensi penuh mereka. Waktu ini juga harus digunakan untuk memastikan karyawan Anda puas dengan pekerjaan mereka, merasa seolah-olah mereka dapat tumbuh bersama perusahaan Anda, dan menikmati menjadi anggota tim Anda.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!