fbpx

Manfaat Aplikasi Absen Foto Untuk Perusahaan

Bagikan artikel ini

Aplikasi Absen Foto

Dalam menghitung gaji karyawan, absensi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam besar-kecilnya upah yang didapatkan karyawan. Tak hanya sebagai salah satu faktor dalam perhitungan gaji, absensi juga dapat digunakan untuk evaluasi kinerja karyawan.

Pada umumnya, absensi karyawan di kantor dilakukan dengan menggunakan fingerprint. Bahkan masih ada beberapa perusahaan menggunakan metode pencatatan secara manual pada masing-masing divisi ketika hadir dan pulang dari bekerja. Berkat kemajuan teknologi, kini aplikasi absen foto selfie bisa dijadikan absensi kantor seperti pada sistem absensi online SmartPresence.

Pengaplikasiannya di Perusahaan  Absensi Kantor Online

Absensi online merupakan salah satu metode pencatatan kehadiran dengan sistem cloud computing yang dapat diakses secara realtime. Dengan menggunakan teknologi seperti ini, data kehadiran dapat diakses kapan saja dan di mana saja, dengan catatan harus terhubung jaringan internet. Selain itu, dengan data yang sudah terintegrasi dapat membuat perusahaan lebih mudah untuk merekap daftar hadir karyawan. Dengan demikian, pekerjaan HR akan jauh lebih efektif dan efisien. 

Baca Selengkapnya :   Pengertian Admin HRD

Saat ini, aplikasi absensi online sangat banyak bisa ditemui di internet. Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan macam-macam fitur untuk memudahkan karyawan dalam melakukan absensi salah satunya adalah absen dengan foto atau selfie. Fitur ini juga sangat mendukung untuk karyawan yang lebih banyak bekerja secara remote dan tidak diharuskan untuk datang ke kantor.

Kelebihan Absensi Kantor Online Dengan Menggunakan Aplikasi Absensi Foto Selfie

Dapat dikatakan sistem absensi online kini lebih banyak digunakan karena memiliki nilai tambah yang semakin menarik bagi perusahaan. Penggunaan sistem ini juga sudah terhubung dengan aplikasi maupun software khusus pengelolaan absensi.

Penggunaan aplikasi absen ini cukup sederhana cukup dengan menggunakan smartphone, karyawan sudah dapat melakukan pencatatan kehadirannya tanpa antri. Selain itu, dari segi efektivitas tentu menggunakan aplikasi absen jauh lebih menghemat waktu. Tak sampai disitu saja, ada kelebihan-kelebihan lainnya dari aplikasi absen foto, berikut ini penjelasannya.

Akurasi Data yang Tinggi dan Menurunnya Tingkat Kesalahan

Menggunakan sebuah sistem absensi online berbasis cloud computing dapat membuat akurasi data yang digunakan untuk merekap kehadiran karyawan akan semakin tinggi. Selain itu, tingkat kesalahan yang timbul akibat human error akan berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh sistem absensi yang dilakukan dengan basisi aplikasi dan pemrograman khusus.

Perampingan Tenaga Kerja

Kelebihan selanjutnya dari penerapan sistem absensi online ini adalah keefektifan dalam manajemen sumber daya manusia. Karena dalam urusan absensi perusahaan tidak lagi memerlukan banyak sumber daya manusia. Hal ini terjadi karena sebagian besar pekerjaan dalam pencatatan kehadiran karyawan sudah dikelola oleh sistem absensi online yang ada.

Baca Selengkapnya :   Sistem Absensi Online VS Absensi Manual : Mana yang Lebih Baik?

Absensi Kantor Dengan Aplikasi Absensi Foto Bisa Terintegrasi dengan Sistem Lain

Kelebihan yang terakhir yaitu absensi online dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang dimiliki oleh perusahaan. Berkat data yang terekam secara online memudahkan akses terhadap data yang ada sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Adanya keseragaman data merupakan hal dasar yang baik untuk pengelolaan SDM yang dimiliki. Jadi perusahaan dapat mengambil keputusan strategis secara cepat.

Manfaatkan Selfie untuk Absensi Kantor

Diera teknologi saat ini banyak inovasi-inovasi yang muncul. Salah satunya adalah sebuah inovasi dalam hal pencatatan absensi karyawan dengan menggunakan aplikasi absen foto selfie.

Sistem pencatatan kehadiran secara tradisional atau manual kini mulai tergeser dan dianggap tidak lagi efektif dan efisien. Beberapa aplikasi absensi yang ada di internet mulai menawarkan sistem yang canggih sehingga data absensi semakin akurat. Hal tersebut tentu saja dapat meminimalisir kecurangan yang terjadi.

Berkat adanya aplikasi absensi online, perusahaan tidak lagi mengeluarkan biaya maintenance untuk ruangan yang besar hingga melakukan pengadaan mesin absen. Aplikasi-aplikasi absen biasanya sudah menggunakan teknologi GPS Restriction dan Face Recognition sebagai sistem validasi data kehadiran karyawan.

Baca Selengkapnya :   Layoff atau PHK, Berikut Penjelasannya!

Teknologi berbasis GPS tersebut memungkinkan perusahaan mengetahui banyak titik kehadiran bagi karyawan dimanapun mereka melakukan absen. Sedangkan untuk teknologi Face Recognition sebagai pelengkap dari sistem GPS. Berkat adanya 2 fitur ini, membuat aplikasi lebih akurat dalam hal pencatatan kehadiran karyawan dan mencegah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. 

Selain itu foto selfie ini juga tidak dapat dimanipulasi, karena saat melakukan absensi, foto selfie karyawan akan otomatis mencocokkan dengan foto selfienya yang sudah di masukkan kedalam sistem. Dan bila terjadi kesalahan HR dapat menyetujui foto yang di-upload apakah sesuai dengan karyawan tersebut atau tidak.

Itu tadi kelebihan serta manfaat dari penggunaan aplikasi absen foto di perusahaan. Jika Anda berminat menggunakan aplikasi absen foto Anda dapat mencoba menggunakan SmartPresence. Aplikasi absensi yang sudah menerapkan fitur-fitur seperti yang dijelaskan sebelumnya dan ditambah lagi SmartPresence sudah menggunakan teknologi Anti Spoofing – Expression Detection yang dapat mencegah karyawan melakukan pemalsuan identitas. Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan oleh SmartPresence. Jadi tunggu apalagi segera gunakan SmartPresence di perusahaan Anda dan dapatkan penawaran uji coba GRATIS!!!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!