fbpx

Hikmah Pandemi: Absen Online Jadi Tren!

Bagikan artikel ini

peran absensi smartpresence dalam wabah covid-19

Kedatangan pandemi Covid-19 memang tidak bisa dipungkiri telah mengubah segala aspek yang ada di belahan bumi ini. Tak terkecuali, ranah perusahaan dan bisnis pun juga turut merasakan keadaan ini. Perubahan paling signifikan yang dirasakan oleh perusahaan adalah penerapan sistem kerja remote atau yang populer disebut Work From Home (WFH).  Menariknya, sistem ini awalnya mengejutkan bagi seluruh perusahaan karena harus menerapkan dengan keadaan darurat tanpa persiapan apapun.

Tapi, seiring berjalannya waktu hal ini telah berubah menjadi kebiasaan yang bahkan banyak perusahaan mengadopsi berkat hadirnya pandemi ini. Tapi, tentunya dengan perubahan dari sistem kerja offline menjadi 100% online akan membawa konsekuensi pada sistem absensi yang dituntut untuk menyesuaikan kondisi yang terjadi. Mengingat semua kegiatan kerja dilaksanakan jarak jauh, maka sistem absensi yang paling cocok adalah sistem absensi online. 

Bekerja di era pandemi menjadi semakin dibatas, tapi perusahaan dituntut untuk tetap berjalan dan berinovasi tanpa diberikan nafas untuk memutar otak apa yang harus mereka lakukan untuk tetap menjaga eksistensi perusahaan beserta para karyawannya. Bagaimana tidak, sistem absensi yang selama diterapkan tentunya tidak bisa sepenuhnya melacak absen karyawan secara remote. Begitu banyak keraguan yang muncul di benak para pemimpin perusahaan baik itu ketakutan akan turunnya performa perusahaan, seringnya terjadi miskomunikasi, hingga khawatir banyak karyawan yang bermain curang inilah kemudian melatarbelakangi keputusan menerapkan absensi online. 

Baca Selengkapnya :   Pengertian Perusahaan Dagang Dan Karakteristiknya

Tapi, manfaat apakah yang membuat perusahaan begitu percaya diri dengan peran absensi online ini sehingga langsung beralih dengan penggunaannya? Mari kita simak bersama. 

4 Manfaat Absensi Online 

1. Meminimalisir kecurangan karyawan 

Penerapan sistem absensi online tidak membiarkan siapapun dari pihak perusahaan untuk memanipulasi atau mengubah data absensi. Hal ini karena dalam absensi online ini telah diintegrasikan dengan teknologi global positioning system (GPS) dan biometrik, sehingga dapat memverifikasi kehadiran karyawan secara real-time.

2. Menghasilkan karyawan yang lebih produktif 

Aplikasi online memberi kemudahan bagi karyawan untuk tidak perlu lagi melakukan absensi secara manual. Kini, semua dimudahkan oleh perusahaan hanya bermodalkan smartphone, karyawan dapat melakukan absensi. Dengan begitu, akan menghemat waktu karyawan dan bisa fokus dengan pekerjaannya tanpa diganggu dengan pemikiran “belum absen” tersebut. 

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Prosedur Reimbursement Bagi Perusahaan

3. Biaya menjadi lebih efisien 

Absensi online menjadi pilihan anti ribet bagi perusahaan sebab hanya dengan modal smartphone saja, para karyawan perusahaan hanya perlu mendaftar untuk bisa melakukan absensi. Hal ini tentunya sangat mengurangi biaya untuk maintenance dan instalasi sistem. Alhasil, pengeluaran untuk aplikasi manual bisa dialihkan untuk keperluan lainnya demi tetap memajukan dan mengembangkan perusahaan walaupun pandemi Covid-19 merajalela. 

4. Memudahkan analisis data kehadiran 

Kehadiran informasi yang diberikan oleh sistem absensi online sifatnya real-time. Dengan kemampuan ini, perusahaan bersama dengan HR dapat dengan mudahnya membuat keputusan jika memang dibutuhkan pada saat itu juga. Sinkronisasi pun dimudahkan karena setiap data sudah tersimpan secara otomatis dengan sistem cloud. 

Peran Absensi Online dalam Wabah Covid-19

Dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia, SmartPresence punya tips untuk Anda agar tetap bisa absen kehadiran dan lokasi juga masih bisa di pantau oleh Pimpinan Anda, begini caranya:

Absensi online

Tertarik menggunakan absensi online SmartPresence? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan uji coba gratis dengan menggunakan link ini!

Baca Selengkapnya :   Memahami UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!