fbpx

Ini Dia Manfaat Absen Karyawan Di Perusahaan

Bagikan artikel ini

Absen Karyawan

Absen karyawan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produktifitas kerja seorang karyawan dalam sebuah perusahaan. Bisa dilihat bila seorang karyawan memiliki catatan absen yang buruk seperti sering telat hadir ataupun sering bolos kerja, tentu dapat dilihat bahwa karyawan tersebut tidak memiliki produktifitas yang baik. Bukan hanya karyawan saja yang dirugikan akibat kurangnya produktifitas kerja, namun perusahan juga akan mengalami kerugian dari hal tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menilai Persentase Kehadiran Pegawai

Tentunya tidak ada perusahaan yang ingin memiliki karyawan dengan produktivitas yang buruk. Maka dari itu banyak perusahaan berinovasi dalam memperbaiki manajemen kehadiran karyawan yang berfokus untuk meningkatkan produktivitas serta untuk mengembangkan karyawan menjadi lebih efektif, namun tetap efisien. 

Lalu apakah manfaat absen karyawan hanya sebatas pada produktivitas karyawan saja? Jawabannya tentu saja tidak. Ada manfaat lain yang tentu bisa dirasakan baik itu untuk perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat dari absen karyawan.

Baca Selengkapnya :   Pekerja Paruh Waktu : Pengertian Serta Peraturannya !

Mendata Kehadiran Karyawan

Manfaat yang pertama dari absen karyawan tentu saja untuk catatan serta bukti kehadiran tiap karyawan di perusahaan. Dengan adanya bukti berupa catatan kehadiran karyawan, maka HRD jadi lebih mudah untuk mengatur hal-hal terkait karyawan yang ada di perusahaan. Contohnya seperti mengatur gaji karyawan, mencatat kinerja sepanjang masa probasi, mencatat sisa jatah cuti karyawan dan lain sebagainya. 

Baca juga: Apa itu Attendance Management ?

Mengawasi Produktivitas Karyawan

Tak hanya digunakan sebagai catatan bukti kehadiran karyawan, adanya absen karyawan juga dapat dimanfaatkan oleh HRD untuk mengawasi produktivitas dari masing-masing karyawannya. Bila ada karyawan yang produktivitas kerjanya menurun, maka HRD dapat mengecek abesn karyawan tersebut serta HRD dapat mengambil keputusan yang harus dilakukan terkait karyawan tersebut.  

Selain itu, HRD juga dapat mengetahui karyawan mana saja yang memiliki produktivitas kerja yang baik dalam perusahaan. Dengan begitu HRD akan mudah untuk memberikan reward and punishment  kepada karyawan. 

Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Selain berpangaruh dalam kenaikan dan penurunan produktivitas karyawan, absen karyawan juga dapat meningkatkan kedisiplinan karyawan. Tentunya dengan kedisiplin karyawan yang baik dalam bekerja, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerjanya dan akan memberikan dampak yang baik juga bagi perusahaan. Selain itu karyawan dengan kedisiplinan yang tinggi, tentu akan mendapatkan penghargaan yang setimpal dari perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Ini Cara Menghitung Gaji Prorata !

Baca juga: Tunjuan Dan Manfaat Daftar Hadir Karyawan

Nah itu tadi 3 manfaat dari absen karyawan yang tentunya akan dirasakan oleh perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengelolaan absensi karyawan di perusahaan, Anda dapat mencoba menggunakan sistem absensi online seperti SmartPresence.

SmartPresence adalah salah satu software HR dengan solusi yang dapat membantu Anda dalam mengelola data kehadiran karyawan. Sehingga dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan perusahaan yang lebih tepat. Tertarik untuk mencoba SmartPresence? Segera daftarkan perusahaan kalian dan nikmati manfaatnya, dapatkan juga gratis uji coba selama 14 hari.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!