fbpx

Cara Membagi Jadwal Shift Kerja yang Baik!

Bagikan artikel ini

Jadwal Shift kerja

Jadwal Shift kerja merupakan perpindahan ataupun penetapan jam kerja( dari jam kerja pada biasanya) yang berlangsung satu kali dalam 24 jam. Umumnya perusahaan mempraktikkan shift kerja dengan tujuan memaksimalkan hasil kerja serta produktivitas. Misalnya saja ditetapkan 3 shift dalam 24 jam yang masing- masing terdiri dari 8 jam kerja setiap shiftnya. Ataupun 12 jam kerja sepanjang 4 hari berturut- turut yang dilanjutkan dengan 4 hari libur.

Pentingnya Manajemen Shift Kerja Untuk Perusahaan, Pengaturan shift kerja di setiap industri berbeda- beda tergantung pada kebutuhan masing- masing. Seperti apapun pengaturannya, perihal yang utama yaitu wajib dipertimbangkan oleh perusahaan merupakan kesehatan karyawan serta pula penyeimbang antara pekerjaan serta kehidupan pribadi mereka. Khususnya untuk perusahaan yang mempraktikkan shift malam wajib lebih ekstra mencermati kesehatan para karyawannya. Bekerja pada malam hari mempunyai resiko permasalahan kesehatan lebih besar dibanding jam kerja biasa.

Membuat jadwal kerja untuk para karyawan dapat jadi hal yang susah untuk perusahaan. Meski nampak sepele, tetapi nyatanya jadwal kerja lumayan berarti dalam memastikan kesuksesan suatu perusahaan. Misalnya saja, apabila tidak hati- hati jadwal kerja lembur melampaui batas bisa membuat karyawan merasa kewalahan ataupun bahkan merasa tidak adil yang berujung pada minimnya semangat kerja. Kemudian apa saja yang butuh dicermati HRD perusahaan agar jadwal kerja karyawan bisa dibuat dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan usaha tersebut, serta senantiasa membuat seluruh pihak bahagia.

Mengkomunikasikan jadwal jam kerja dengan karyawan

Ini dapat dianggap memahami dan menghargai kehidupan karyawan yang bekerja. Seperti yang dikenal kalau karyawan juga mempunyai kebutuhan individu masing- masing. Dengan membuka peluang untuk mereka buat menginformasikan kapan mereka menyanggupi untuk bekerja akan memberi mereka kesempatan menyeimbangkan antara karir serta kehidupan pribadi.

Baca Selengkapnya :   KPI vs OKR? Cari Tahu Sekarang Untuk Tujuan Bisnis Anda!

Jauhi kelebihan karyawan di shift tertentu

Perihal ini pasti bisa mempengaruhi pada pembagian jadwal karyawan serta juga perhitungan di bagian keuangan. Untuk menjauhi permasalahan terkait pembagian jadwal ataupun keuangan, perkirakan dengan tepat dari awal berapa jumlah karyawan yang diperlukan serta dapat bekerja. Serta pertimbangkan posisi jabatan karyawan dalam mengendalikan shift kerja karyawan.

Jadwal terbuat dengan jelas

Dengan memakai dukungan program perangkat lunak semacam Microsoft Excel ataupun aplikasi lain, HRD dapat membuat jadwal karyawan. Cobalah buat membuat jadwal sesederhana bisa jadi tetapi senantiasa gampang buat dimengerti. Jadwal dapat berisikan nama- nama pekerja, posisi kerjanya, hari kerja, waktu giliran kerja( shift) serta durasi bekerja.

Jalani rotasi kerja secara berkala

Kecenderungan kerja dengan waktu yang berbeda bakal mengusik kesehatan serta mental karyawan bila terlalu lama dicoba. Sehingga alangkah baiknya rotasi jam kerja dicoba secara berkala. Ini hendak membantu membebaskan stres kerja pada karyawan apabila mereka jenuh serta bosan.

Optimal shift kerja 8 jam sehari

Pada dasarnya, durasi waktu kerja yang berlaku pada sistem shift wajib tetap 8 jam per hari. Ini sesuai dengan pengaturan waktu kerja dalam sistem shift diatur Pasal 77 UU Ketenagakerjaan, ialah:

7 jam per hari serta 40 jam per minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau
8 jam 1 hari serta 40 jam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Kerja shift sendiri biasa dimaksud sebagai pekerjaan pada jam tertentu yang diupayakan oleh perusahaan buat mengoptimalkan produktivitas. Kerja shift memanglah mempunyai keuntungan untuk para pekerjanya, antara lain bisa melaksanakan kegiatan lain di pagi serta siang hari, semacam mengurus keluarga ataupun melaksanakan riset. Tetapi, bersumber pada hasil riset kalau kerja shift bisa tingkatkan risiko kendala tertentu serta mempunyai akibat negatif untuk kesehatan pekerja, sebab pada dasarnya jam internal badan kita dirancang buat aktif pada siang hari serta tidur di malam hari.

Baca Selengkapnya :   Cara Hitung Gaji dan Tunjangan, Yuk Pelajari!

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!