fbpx

Ini Dia Ketentuan Jam Kerja Ramadhan !

Bagikan artikel ini

Jam Kerja Ramadhan

Pada bulan Ramadhan, umat Muslim di segala penjuru dunia menunaikan ibadah puasa sepanjang kurang lebih 30 hari. Pada bulan ini, ada sebagian perubahan kebiasaan pada karyawan.

Contohnya, pergantian kebiasaan dalam penerapan ibadah malam hari buat salat Tarawih serta makan sahur, dan perpindahan jam tidur. Tidak cuma itu saja, nyatanya juga ada pergantian jam kerja di bulan puasa, lho.

Baca juga: Pentingnya Kehadiran Karyawan Bagi Perusahaan

Apakah Kamu mempraktikkan kebijakan khusus terkait jam kerja sepanjang Ramadhan? Berikut ini syarat hukumnya.

Ketentuan Pemerintah tentang Jam Kerja Ramadhan

Jam kerja yang ada di Indonesia berlandaskan pada Undang- Undang Cipta Kerja tentang Ketenagakerjaan. Dalam Undang- Undang jam kerja tersebut, tidak terdapat syarat tegas mengenai perbedaan jam kerja bulan puasa ataupun hari keagamaan dengan bulan- bulan biasa yang lain.

Tetapi, tiap pengusaha harus memberikan kesempatan yang secukupnya kepada pekerja guna melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agamanya( tercantum dalam UU Ketenagakerjaan Pasal 80).

Baca Selengkapnya :   Standar Operasional Prosedur perusahaan, penting atau tidak?

Nah, dikutip dari hukumonline, yang diartikan kesempatan yang secukupnya ialah sediakan tempat buat melakukan ibadah yang membolehkan pekerja bisa melakukan ibadahnya secara baik, sesuai dengan keadaan serta kemampuan perusahaan.

Baca juga: 4 Alasan Menggunakan Software Manajemen Absensi

Maksudnya, mempraktikkan kebijakan penyesuaian jam kerja sepanjang bulan Ramadhan terhitung salah satu wujud toleransi perusahaan Kamu kepada karyawan yang dimiliki.

Pergantian Waktu Kerja di Bulan Ramadhan

Penerapan jam kerja perusahaan diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan ataupun perjanjian kerja bersama. Seperti itu kenapa tiap perusahaan mempunyai kebijakan jam kerja yang berbeda- beda, tercantum pengaturan waktu kerja Ramadhan.

Kamu dibebaskan dalam mengatur apakah mau kurangi jam kerja karyawan supaya mereka lebih fokus beribadah ataupun senantiasa mempraktikkan jam kerja yang umumnya. Pada biasanya perusahaan mempraktikkan kebijakan yang menyesuaikan keadaan puasa.

Hal tersebut memperhitungkan waktu perjalanan kembali serta mempersiapkan buka puasa yang diperlukan oleh karyawan yang beribadah puasa. Tidak hanya itu, juga membagikan peluang supaya mereka berkumpul bersama keluarga dikala berbuka.

Baca Selengkapnya :   Diversity Management: Pengertian, Manfaat, dan Contoh

Baca juga: Human Resource Planning : Pengertian Serta Tujuan

Biasanya, wujud pergantian waktu kerja sepanjang Ramadhan ialah:

  • Mengurangi jam istirahat
    Misal perusahaan Kamu mempraktikkan jam istirahat makan siang sepanjang 1 jam pada jam 12. 00- 13. 00. Sepanjang periode puasa, Kamu dapat kurangi jatah jam istirahat tersebut jadi 30 menit supaya jam kembali karyawan jadi maju.
  • Memajukan jam masuk kerja
    Dalam perihal ini, Kamu tidak mengurangi jumlah jam kerja, tetapi menggeser jam masuk serta pulangnya. Misal, jam kerja biasa yang berlaku merupakan jam 09. 00- 18. 00, sepanjang Ramadhan berlaku lebih dini, ialah 07. 00- 16. 00.

Bila perusahaan Kamu memberlakukan sistem shift kerja, misalnya 3 shift, Kamu dapat mengatur shift karyawan semacam berikut:( 1) Shift 1 jam 08. 00– 16. 00;( 2) Shift 2 jam 16. 00– 01. 00; serta( 3) Shift 3 jam 01. 00– 08. 00. Masing- masing pola mempunyai waktu istirahat sepanjang 1 jam.

Tambahannya, Kamu hendaknya sediakan hidangan berbuka buat karyawan shift 2 serta hidangan sahur buat karyawan shift 3, supaya mereka tidak perlu mencari makan di luar perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Jenis-Jenis HRD dalam Perusahaan

Buat shift 2 sendiri dapat diatur lebih panjang sebab waktunya di malam hari, karyawan dapat makan semacam biasa sehingga memiliki tenaga penuh dalam bekerja.

Syarat tersebut diberlakukan buat seluruh karyawan, tidak cuma untuk karyawan yang berpuasa saja. Sebelum memberlakukan pergantian kebijakan shift kerja, yakinkan Kamu telah memberikan sosialisasi kepada karyawan terlebih dulu, ya!

Apabila Kamu ingin mengatur jam kerja serta jadwal Shift bulan ramadhan lebih mudah, Kamu bisa mencoba menggunakan SmartPresence. Dimana SmartPresence sudah mendukung fitur-fitur untuk memudahkan dalam mengatur jam kerja serta jadwal shift. Jadi tunggu apalagi segera gunakan SmartPresence sekarang juga dan dapatkan penawaran uji coba GRATIS!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!