fbpx

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Absen Ceklok

Bagikan artikel ini

Absen Ceklok

Absen ceklok merupakan salah satu jenis mesin absensi manual yang di gunakan di perusahaan. Penamaan absen ceklok sendiri mungkin datang dari bunyi yang di hasilkan oleh mesin absensi tersebut ketika kartu absen di masukkan ke dalam mesin untuk mencetak jam masuk ataupun jam pulang kerja karyawan. Salah satu ciri dari absensi ceklok adalah adanya tempat untuk memasukkan kartu absensi serta tentu ada jam analog yang menunjukkan waktu.

Kelebihan Absen Ceklok

Harga yang Cukup Terjangkau

Salah satu keuntungan dari absensi ceklok ini adalah harga dari mesin absen ceklok terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan mesin absensi lainnya. Hal ini dikarena teknologi yang digunakan mesin absensi ceklok masih manual dan cukup sederhana.

Selain dari harga mesin absensi ini, investasi awal serta perawatannya tentu akan menjadi sebuah untuk perusahaan yang belum memiliki cukup dana lebih untuk mencatat kehadiran karyawan. Maka dari itu , mesin absensi ceklok ini menjadi salah satu opsi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencatat waktu kehadiran karyawannya.

Baca Selengkapnya :   5 Alasan Menggunakan Mesin Absensi Wajah !

Cocok untuk Perusahaan dengan Karyawan yang Sedikit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mesin absen ceklok ini memiliki sistem manual dan cara menggunakan absen ceklok yakni dengan memasukkan kartu ke dalam mesin maka waktu kedatangan ataupun pulang dapat tercatat.

Dapat dibayangkan, bila perusahaan memiliki karyawan diatas 100 orang dan dalam pencatatan kehadiran menggunakan mesin ceklok tentu akan cukup merepotkan. Maka dari itu, penggunaan mesin absen ceklok ini idealnya digunakan untuk perusahaan dengan jumlah karyawan antara 10-50 orang. 

Jadi penggunaan absensi ceklok ini cocok untuk perusahaan yang baru memulai menerapkan peraturan absensi ataupun perusahaan baru yang tidak memiliki banyak karyawan. Akan tetapi penggunaan alat absensi ini dibutuhkan pengawasan yang sangat ketat, karena mengingat ada celah kecurangan yang cukup besar jika dibandingkan dengan fingerprint ataupun absensi online seperti SmartPresence.

Kekurangan Absensi Ceklok

Ada Peluang Curang yang Cukup Tinggi

Walau memiliki beberapa keuntungan, absensi ceklok juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya yakni adanya peluang terjadinya kecurangan yang cukup tinggi. Contohnya yaitu karyawan dapat melakukan titip absen, misalnya ketika karyawan datang terlambat ataupun lebih buruk kalau mereka bolos kerja.

Baca Selengkapnya :   Tujuan Perencanaan SDM: Lebih dari Sekadar Mendapatkan Karyawan yang Tepat

Kurang Praktis

Selain rawan terjadinya kecurangan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepraktisan juga merupakan kekurangan dari penggunaan absensi ceklok.  Bila karyawan ingin melakukan absen masuk mereka harus datang ke kantor terlebih dahulu dan begitu pun jika mereka melakukan absen pulang.

Hal ini tentu akan cukup membuat repot karyawan yang harus bekerja di lapangan.  Perusahaan juga akan mengalamu kesulitan jika ingin menerapkan sistem kerja jarak jauh ataupun metode kerja yang fleksibel lainnya. 

Proses Rekap Data Masih Manual

Laporan kehadiran karyawan tentu menjadi data yang cukup sensitif sekaligus penting karena data tersebut akan menjadi acuan untuk penggajian karyawan. Dalam hal ini, laporan kehadiran menjadi kekurangan dari penggunaan absensi ceklok.

Bila HRD ingin melihat laporan kehadiran pegawai, maka HRD harus melakukan penarikan data secara manual barulah bisa melihat laporan kehadiran karyawannya. Tentu hal ini akan menjadi beban bagi divisi HRD.

Itu tadi penjelasan serta kelebihan dan kekurangan absensi ceklok. Bagi Anda yang ingin menggunakan mesin absensi, Anda dapat menggunakan SmartPresence untuk mengelola kehadiran di perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Aplikasi Absen Php untuk Bisnis Anda

Dengan SmartPresence Anda tidak perlu lagi membeli alat khusus yang digunakan sebagai mesin absen. Cukup menggunakan SmartPhone Anda sudah memiliki mesin absensi Anda sendiri dan sudah siap melakukan absensi. Mudah bukan!

Selain itu masih banyak kemudahan lainnya yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem absensi SmartPresence. Jadi tunggu apalagi segera gunakan SmartPresence dan dapatkan uji coba gratis!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!