fbpx

Begini Cara AI Membantu Dalam Melakukan Revolusi SDM

Bagikan artikel ini

Merevolusi Sumber Daya Manusia

Dalam era digital yang terus berkembang, kecerdasan buatan (AI) telah membuka pintu menuju transformasi mendalam dalam berbagai bidang, termasuk manajemen sumber daya manusia (SDM). Dengan kemampuan untuk memproses dan menganalisis data secara cepat dan akurat, AI telah membawa revolusi dalam cara perusahaan merekrut, mengelola, dan mengembangkan bakat manusia. Dari proses rekrutmen yang lebih efisien hingga pengambilan keputusan strategis yang didukung data, AI menjanjikan potensi yang besar dalam memperbaiki efektivitas dan efisiensi SDM.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana AI telah merevolusi praktik SDM dengan membawa kemajuan dalam berbagai proses, analisis, dan pengambilan keputusan.

Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Kini banyak perusahaan yang memanfaatkan AI untuk proses rekrutmen dan seleksi karyawan dengan melakukan peninjauan awal CV, analisis kepribadian, dan bahkan wawancara awal melalui chatbot. Ini membantu meningkatkan efisiensi proses rekrutmen dan memastikan bahwa kandidat memang cocok mengisi posisi yang tersedia. 

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 5 Syarat Menjadi Seorang HRD !

Analisis Data Karyawan

AI memungkinkan analisis yang lebih mendalam tentang data karyawan, termasuk kinerja, kehadiran, kesejahteraan, dan harapan. Dengan memanfaatkan teknik pemrosesan bahasa alami (NLP) dan machine learning, AI dapat mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang tidak terlihat secara manual untuk membantu HR dalam pengambilan keputusan strategis.

Personalisasi Pengalaman Karyawan

AI dapat digunakan untuk menyediakan pengalaman yang lebih personal bagi karyawan, seperti rekomendasi pelatihan berdasarkan kebutuhan individu, arahan karir yang disesuaikan, atau dukungan kesejahteraan yang dipersonalisasi. Hal ini membantu meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan.

Manajemen Kinerja 

Hadirnya AI sangat membantu dalam manajemen kinerja dengan memberikan analisis berbasis data tentang kinerja karyawan, memberikan umpan balik secara real-time hingga memberi rekomendasi untuk mengembangkan keterampilan. Hal ini membantu 

meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan pengembangan karir.

Prediksi Turnover dan Retensi

Melalui analisis data yang canggih, AI dapat membantu HR dalam memprediksi risiko turnover dan mengidentifikasi strategi retensi yang efektif. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas karyawan, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk mempertahankan bakat terbaik.

Baca Selengkapnya :   Cara Hitung Gaji dan Tunjangan, Yuk Pelajari!

Mengapa AI Dikatakan Mampu Merevolusi SDM?

Mampu mengurangi bias 

AI dan / atau otomatisasi dapat disiapkan untuk mengurangi bias melalui platform penilaian algoritma dengan bahasa yang bebas bias untuk meningkatkan kumpulan kandidat yang beragam. Manfaat dari platform penilaian algoritma adalah dapat diaudit dan diprogram ulang jika ditemukan bias, yang jauh lebih mudah daripada mengurangi bias manusia. – Sherry Martin, Sekolah Umum Denver

Mengotomatisasi proses bisnis 

AI harus menjadi pengganda kekuatan dalam mengotomatiskan proses bisnis seperti HR ticketing melalui fungsi layanan bersama, atau pengembangan wawasan / dasbor untuk diberikan kepada bisnis. Ini akan memungkinkan para pemimpin HR untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan mitra bisnis dan karyawan mereka. Waktu dan kehadiran fisik adalah tantangan terbesar dalam lanskap SDM saat ini, dan AI harus menyelesaikannya. – Philip Dana, Bridgepoint Education

Meningkatkan efisiensi 

Otomatisasi dan sentuhan manusia bisa berjalan beriringan dengan menggabungkannya secara strategis untuk memberikan hasil yang tak tertandingi. Dalam perekrutan, tingkat efisiensi otomatisasi yang dapat diskalakan tanpa batas berarti bahwa, berapapun jumlah kandidat, masing-masing menerima korespondensi tepat waktu. Bagi para kandidat, selalu mengikuti perkembangan dengan email yang bijaksana dan dengan kata-kata yang tulus adalah hal yang membuat perbedaan. 

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 5 Fitur yang Harus Ada di Sistem HRIS !

Mengganti tugas administratif 

AI akan sangat berharga dalam mengotomatiskan tugas-tugas perekrutan yang berulang seperti mencari resume, menjadwalkan wawancara, dan memberikan umpan balik. Ini akan memungkinkan perekrut dan manajer SDM kesempatan untuk fokus pada pekerjaan strategis yang kemungkinan besar tidak akan pernah tergantikan oleh AI, seperti terhubung dengan talenta terbaik, memberikan pengalaman wawancara yang lebih dipersonalisasi, dan menetapkan program pelatihan dan bimbingan.

Mengurangi beban administrasi 

AI membantu mengurangi beban administratif HR dengan mengotomatisasi proses rutin, menyediakan layanan self-service bagi karyawan, memberikan analisis data yang cepat dan akurat, serta mengoptimalkan proses rekrutmen dan manajemen kehadiran. Hal ini memungkinkan HR untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis dan memberikan nilai tambah bagi organisasi.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!