fbpx

Food and beverage Management di Indonesia

Bagikan artikel ini

Food and beverage Management

Food and Beverage yang juga biasa ditulis F&B pada dasarnya adalah cara penyajian makanan. Karena merupakan ‘penyajian’ berarti meliputi segala lini bagaimana makanan itu bisa dinikmati oleh konsumen. Segala jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi.

Dalam perkembangannya, ada Food and Beverage Service yaitu layanan yang menyajikan makanan dan minuman. Tidak hanya soal rasa makanan dan minuman yang disajikan, tapi juga cara penyajiannya, tampilan penyajiaannya, tempat penyajiannya juga termasuk.

Jadi, Food and Beverage Service ini meliputi rasa makanan yang disajikan sekaligus tempat pelanggan menikmati sajiannya. Hal ini sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat yang mulai meningkat. Bukan sekadar enak dan kenayang, tapi ada suasana yang sangat berkesan.

Pengertian Industri Food and Beverage?

Industri F&B adalah segala  jenis perusahaan yang terlibat dalam pemrosesan bahan makanan, pengemasan, cara pendistribusian makanan, dan cara penyajiannya hingga sampai ke tangan konsumen untuk dinikmati.

Usaha Yang termasuk dalam industri F&B adalah semua jenis bisnis yang menitikberatkan makanan atau minuman sebagai poros utama bisnisnya, termasuk juga F&B service.  Contoh yang ada di Indonesia adalah: restoran, kafetaria, kafe, kedai fast foodlay, kedai makanan cepat saji, pub, toko makanan, layanan pembelian makanan secara online,  bisnis katering, layanan transportasi makanan, dan lainnya.

Baca Selengkapnya :   10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview

Bisnis Food and Beverage ini bertalian erat dengan Food and Beverage Management. Yaitu cara pengelolaan Penyajian Makanan. Ini adalah inti dari dari bisnis F&B.

Food and Beverage Management berperan penting dalam memastikan kesuksesan sebuah industri penyajian makana. Misalnya kesuksesan sebuah restoran, sangat dipengaruhi oleh pelaksanaan prosedur keamanan dan penyimpanan makanan, pengembangan strategi pemasaran, pelatihan supervisor untuk pengelolaan keuangan bisnis sajian makanan, serta menjaga hubungan pemasok dan membuat rekomendasi investasi modal kepada pemilik restoran.

Maka dari itu, Food and Beverage Management  di Indonesia telah menjadi salah satu bidang studi yang dipelajari oleh pelajar maupun mahasiswa, khususnya yang belajar di bidang perhotelan dan pariwisata.

Secara umum dalam pendidikan Food and Beverage Management ini, akan dipelajari cara memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman. Yang disesuaikan dengan berbagai area pelayanan, seperti bar, restoran, hall, ballroom, conference room, hingga in-room dining service.

Bidang kerja yang termasuk dalam Food and Beverage Management di Indonesia antara lain: Manajer Restoran dan Kafe, Bar Manager, Food and Beverage Manager, Food and Beverage Director, Banquet Manager, dan Katering.

Baca Selengkapnya :   Apa Dampak dan Penyebab Terjadinya Inflasi?

Manajer Restoran dan Kafe

Setiap lini bisnis membutuhkan manajer untuk mengatur dan mengawasi jalannya operasional bisnis. Begitu pun dengan industri kuliner, seperti restoran dan kafe.

Secara umum, seorang manajer restoran dan kafe bertugas untuk merekrut karyawan, berhadapan dengan tamu secara langsung, hingga mengawasi kebutuhan dapur. Jadi harus memiliki keahlian dalam bidang mengatur siapa saja yang berwenang dan sumber daya manusia yang sesuai dengan penyajian makanan. Termasuk di dalamnya mengontrol cara penyajiannya dan pasokan bahan makanannya.

Bar Manager

Terdapat beberapa tugas yang harus dilakukan Bar Manager, seperti memeriksa persediaan minuman dan operasional lainnya, berkoordinasi dan mengadakan briefing dengan seluruh karyawan, hingga mengawasi jalannya pelayanan secara keseluruhan.

Food and Beverage Manager

Bukan merupakan seorang koki atau penyaji makanan, tapi  punya passion di bidang kuliner. Bidang Food and Beverage Manager adalah posisi yang tepat untuk orang seperti ini.

F&B Manager, bertugas mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan untuk disajikan kepada para pengunjung. Selain itu, Food and Beverage Manager berkesempatan untuk mengembangkan pilihan menu untuk disajikan.

Baca Selengkapnya :   Macam-Macam Tugas Administrasi

Food and Beverage Director

Food and Beverage Director mengemban tanggung jawab penuh terhadap seluruh kinerja pada Departemen Food and Beverage yang terdiri dari F&B Service dan F&B Kitchen.

Orang dalam posisi ini mencakup berbagai tanggung jawab yang berfungsi untuk meningkatkan dan memengaruhi pengalaman pengunjung. Sambil tetap memastikan praktik prosedur, proyeksi biaya, dan misi bisnis.

Banquet Manager

Banquet Manager adalah orang yang bertanggung jawab atas kelancaran operasional di banquet department, termasuk mengoordinasikan penyajian seluruh makanan dan minuman untuk acara-acara yang digelar di hotel.

Katering

Katering adalah jasa penyedia makanan, minuman, dan berbagai layanan lainnya. Bisnis ini ditujukan untuk acara khusus atau permintaan pesanan dari bidang industri bisnis lainnya. Menurut KBBI adalah jasa boga, sumber

Industri katering di Indonesia  memiiki segmentasi yang beragam, seperti katering maskapai (airline catering), katering kereta api (railway catering), hingga katering harian yang biasa disediakan bagi para pekerja di kawasan industri.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!