fbpx

Apa Itu Payroll ? Dan Apa Saja Manfaatnya ?

Bagikan artikel ini

apa itu payroll

Tahukah kamu apa itu payroll ? Mungkin bagi para pekerja ataupun karyawan tentu sudah sangat familiar dengan istilah tersebut. Ya, payroll merupakan salah satu sistem administrasi pembayaran gaji atau cara hitung gaji karyawan pada sebuah perusahaan. 

Baca juga: Perhitungan Gaji Karyawan Masuk Tengah Bulan

Akan tetapi, bagi mereka yang belum ataupun baru mulai memasuki dunia kerja tentu masih awam dan bingung mengenai istilah yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai apa itu payroll dan apa saja manfaatnya.

Apa Itu Payroll?

Secara pengertian, payroll yaitu sistem penggajian yang dicoba perusahaan buat membayar upah karyawan pada periode tertentu, misalnya mingguan ataupun bulanan. Banyak yang berkata kalau sistem payroll ialah sistem penggajian yang lebih modern di jaman kini. Sistem ini hendak mempermudah perusahaan dalam proses penggajian karyawan, karena perhitungannya dilakukan secara otomatis serta akurat.

Baca Selengkapnya :   Food and beverage Management di Indonesia

Hal ini pasti akan menolong, khususnya untuk perusahaan berskala besar dengan jumlah karyawan ratusan sampai ribuan. Bayangkan saja kalau misalnya HR wajib menghitung pendapatan karyawan tiap hari. Pastinya, waktu mereka bakal habis cuma buat mengurus pendapatan karyawan saja. Belum lagi bila perusahaan tersebut mempunyai karyawan yang jumlahnya banyak. Penghitungan payroll secara manual pasti bakal menyulitkan.

Dalam sistem payroll, nantinya karyawan bakal diberikan perinci mengenai komponen pendapatan yang diberikan oleh perusahaan. Misalnya, uang lembur, uang makan, tunjangan transportasi, potongan pajak, serta BPJS. Dengan demikian, hal ini pula menolong karyawan, utamanya karyawan baru, dalam menguasai tiap perinci pendapatan mereka per bulan.

Baca juga: Sistem Penggajian yang Perlu Anda Ketahui!

Manfaat Payroll

Berikut merupakan manfaat sistem payroll yang berlaku baik buat perusahaan ataupun karyawan.

1. Mengetahui Laporan Gaji Bulanan

Untuk karyawan, salah satu manfaat dari payroll yaitu mengetahui laporan gaji setiap bulannya. Karena, payroll membagikan gambaran perinci tentang berapa persentase potongan buat pajak, BPJS, sampai pendapatan bersih yang bakal mereka terima. Tidak hanya itu, sistem pembayaran payroll mempermudah karyawan dalam mengetahui slip gaji. Karena, nantinya slip gaji tersebut bakal dikirimkan langsung lewat email kepada tiap- tiap karyawan.

Baca Selengkapnya :   Memimpin Transformasi Budaya yang Berhasil

2. Menghemat Waktu Divisi HR

Untuk perusahaan, spesialnya divisi HR yang mengurus gaji karyawan, adanya sistem payroll bakal sangat menghemat waktu mereka kala menghitung gaji karyawan. Lantaran, payroll bisa menolong perusahaan dalam membuat laporan gaji per bulan untuk karyawan.

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Bulanan Dengan Excel

Sebagai contoh, apabila terdapat karyawan yang absen kerja, sistem payroll bakal secara otomatis menghitung jumlah pendapatan buat karyawan pada hari itu. Di samping itu, terdapat banyak fitur lain yang bisa mempermudah perusahaan dalam proses pembayaran pendapatan.

3. Memudahkan Pembuatan Formulir Pajak Karyawan

Apabila sebelumnya pembuatan formulir pajak dapat menyita banyak waktu serta bayaran, dengan sistem payroll, perusahaan dapat membuat formulir pajak ataupun bukti potong pajak karyawan jadi lebih efektif serta mengirit waktu.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!