fbpx

Cara Melakukan Proses Rekrutmen yang Baik!

Bagikan artikel ini

Proses Rekrutmen

Proses rekrutmen merupakan salah satu kunci utama dalam mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional. Karena mencari tenaga kerja yang berkualitas dan profesional itu tidaklah mudah.  Terutama menemukan talent yang tepat dengan kualifikasi dalam waktu yang singkat merupakan masalah umum yang sering kali dihadapi oleh HRD sebuah perusahaan. 

Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Lowongan Kerja Palsu?

Dalam proses rekrutmen sendiri ada banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari mempersiapkan lowongan, seleksi calon karyawan dan lain sebagainya. Maka dari itu proses rekrutmen ini perlu dilakukan dengan benar agar mendapatkan talenta yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan. Berikut ini beberapa metode serta tahapan-tahapan yang baik dalam proses rekrutmen yang bisa kamu gunakan. 

Apa itu proses rekrutmen?

Rekrutmen merupakan proses aktif mencari, menciptakan serta mempekerjakan talent guna posisi ataupun pekerjaan tertentu. Definisi rekrutmen mencakup segala proses perekrutan, dari awal sampai proses integrasi individu yang direkrut ke dalam perusahaan. Mempekerjakan sumber daya manusia yang kompeten serta cocok dengan kebutuhan adalah salah satu investasi buat kesuksesan perusahaan di waktu mendatang.

Metode-Metode Rekrutmen

Secara garis besar terdapat 2 metode rekrutmen yang umum dicoba, yaitu metode tertutup serta metode terbuka. Metode tertutup dilakukan dengan metode mencari karyawan dari dalam perusahaan. Metode ini bisa dilakukan dengan metode vertikal( mempromosikan ataupun demosi) ataupun dengan metode horizontal( rotasi ataupun memindahkan bagian tanpa pergantian jabatan).

Baca Selengkapnya :   5 Hal trend 2021 yang perlu anda ketahui Human Resource

Sebaliknya metode terbuka merupakan metode rekrutmen karyawan yang memakai media di luar internal perusahaan. Metode terbuka ini dapat dicoba lewat sebagian saluran, di antara lain:

Memakai Iklan

Memasang iklan lowongan pekerjaan di media cetak maupun media daring merupakan salah satu tata cara rekrutmen karyawan secara eksternal yang sangat universal. Kamu juga dapat memasang iklan lowongan pekerjaan perusahaan Kamu di media sosial.

Rekomendasi Internal Perusahaan

Tidak hanya menyebarkan ke media eksternal, perusahaan pula bisa mendorong karyawan internalnya buat menyebarkan lowongan ke orang- orang yang mereka tahu serta merekomendasikan bila terdapat talenta yang memang cocok.

Baca juga: Cara Bertanya Lowongan Kerja Melalui Email !

Jasa Rekrutmen

Lewat agen penyedia jasa rekrutmen, perusahaan tidak butuh turun tangan sendiri dalam proses rekrutmen karyawan. Perusahaan tinggal sediakan kriteria serta kemampuan semacam apa yang dicari serta jasa rekrutmen bakal melaksanakan proses seleksinya. Nantinya perusahaan hanya perlu memilih di antara kandidat- kandidat yang sudah mereka pilah.

Lembaga Pendidikan

Dalam kasus- kasus tertentu, perusahaan dapat menghubungi lembaga pendidikan ataupun kampus yang potensial mempunyai kandidat yang dapat mengisi posisi yang lagi dicari. Alur rekrutmen karyawan lewat lembaga pembelajaran ini umumnya untuk memperoleh tenaga kerja yang meski belum berpengalaman kerja, namun mempunyai kualitas yang baik.

Baca Selengkapnya :   E Absen : Pengertian Serta Manfaatnya

Lembaga Pemerintahan

Dinas tenaga kerja umumnya memberikan pelayanan iklan sebagai usaha guna mengurangi pengangguran. Perusahaan dapat menggunakan layanan ini buat memperoleh kandidat potensial.

Bagaimana Proses Rekrutmen yang Baik ?

Tahap Analisa Kebutuhan

Saat sebelum mengawali proses rekrutmen karyawan, Kamu mesti lebih dahulu memetakan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan. Pada sesi ini bakal dirinci semacam apa urgensi posisi yang dicari, deskripsi posisinya, pendapatan, serta memastikan sumber rekrutmennya apakah cukup dari internal saja ataupun mesti mencari sampai sumber eksternal.

Baca juga: CARA MENULIS DESKRIPSI PEKERJAAN YANG EFEKTIF untuk IKLAN LOWONGAN KERJA

Tahap Penyebaran Informasi

Sesudah membuat rencana yang matang, saatnya mulai mengeksekusi rencana tersebut. Pada sesi ini iklan serta data lowongan kerja dari perusahaan Kamu disebarkan sesuai perencanaan.

Sesi Pemilihan Kandidat

Proses pencarian ini bisa jadi bagian yang sangat memakan waktu. Sebelum mencari talent di luar perusahaan, kalian dapat memikirkan karyawan internal terlebih dulu guna mengisi posisi tersebut. Membagikan peluang pertama kepada karyawan membuktikan bahwa perusahaan peduli terhadap pengembangan serta kemajuan karir karyawannya. Tidak hanya itu, hal ini dapat berdampak positif untuk perusahaan guna menaikkan retensi karyawan.

Apabila dari internal tidak mendapatkan talent dengan kriteria yang sesuai, maka kamu dapat memulai pencarian keluar misalnya lewat rekrutmen online, iklan media, serta jaringan. Materi unggahan wajib jelas serta berisi:

  • Persyaratan pekerjaan
  • Kriteria yang dicari
  • Posisi/ tempat kerja
  • Kompensasi/ tunjangan yang diberikan
  • Masa kerja, misalnya durasi kontrak
  • Informasi cara mendaftar
Baca Selengkapnya :   Ini Dia 5 Syarat Menjadi Seorang HRD !

Membuat daftar talent teratas

talent terbaik mungkin mempunyai banyak pilihan, jadi kalian wajib menjaga komunikasi secara tepat waktu atau mereka bakal bergeser ke peluang yang lain. Jangan biarkan mereka menunggu tanpa kepastian sangat lama. Hal ini dapat melenyapkan atensi mereka buat bekerja di perusahaan.

Lakukan phone screening serta wawancara langsung

Sehabis memperhatikan pelamar tertentu, jalani phone screening buat mempersempit pilihan talent. Dikala proses phone screening, tentukan talent mana yang bakal lanjut ke sesi berikutnya, ialah wawancara langsung. Buatlah catatan persoalan wawancara terbaik buat ditanyakan saat sebelum memulai wawancara. Wawancara wajib dicoba segera sehabis melakukan phone screening, idealnya dalam kurun waktu seminggu. Sehabis interview, yakinkan buat memberikan tindak lanjut, sekalipun ternyata mereka tidak lolos proses ini. Hal ini harus dicoba guna menghargai talent yang telah mengosongkan waktu serta tenaganya buat mengikuti proses rekrutmen perusahaan.

Menawarkan pekerjaan serta onboarding karyawan baru

Sesudah menempuh serangkaian proses rekrutmen, penawaran kerja merupakan proses akhir yang bakal memastikan kesepakatan talent buat melanjutkan proses rekrutmen ataupun tidak. Tawaran pekerjaan umumnya dibuat secara tertulis. Kamu dapat menggunakan ini untuk memberikan penawaran yang menarik bagi talent. Kenyataannya, tidak seluruh talent langsung mengiyakan penawaran, sebagian di antara mereka bisa jadi bakal melakukan perundingan terhadap pendapatan serta tunjangan. Jadi perkirakan waktu serta jawaban untuk ini.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!