fbpx

Aplikasi Absen Php untuk Bisnis Anda

Bagikan artikel ini

Kali ini kami akan membahas bagaimana kebutuhan absensi, bergerak dari absensi manual hingga hari ini muncul banyak aplikasi absensi multi platform termasuk aplikasi absen php. Kemajuan informasi dan tehnologi memberikan dampak yang luar biasa sebagai solusi banyak permasalahan, termasuk absensi.

Efisiensi, Efektifitas, Keamanan adalah jawaban yang diberikan aplikasi absensi dibanding menggunakan absensi manual. Tidak dipungkiri bahwa tidak semua bisnis memerlukan aplikasi untuk absensi, sebagai contoh ketika bisnis skala kecil yang membangun bisnis dengan asas kekeluargaan tentu aplikasi absensi yang sifatnya tegas tepat tidak cocok di terapkan, biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk pekerja yang sedikit jelas membuat solusi aplikasi absensi ini tidak efisien.

4 keuntungan aplikasi absen

Keuntungan menggunakan sistem absensi berbasis aplikasi

  1. Waktu absensi yang tercatat lebih akurat
    Dengan menggunakan aplikasi absen pencatatan waktu yang dilaporkan akan lebih akurat dibanding dengan absensi manual yang dengan mudah memanipulasi waktu yang tercatat.
  2. Lebih efisien dan hemat waktu
    Solusi ini bersifat relatif, aplikasi bisa menjadi solusi yang efektif dan hemat waktu jika audience yang di catat berjumlah besar. Sebagai contoh pencatatan ini bermanfaat untuk mencata absen buruh yang berjumlah 10000 orang yang bekerja dalam sehari. Tidak menjadi solusi jika aplikasi absen ini di terapkan di bisnis kecil dengan jumlah karyawan 5 orang.
  3. Efisiensi dari segi biaya
    Dalam proses absen dalam jumlah peserta yang besar tentu memerlukan alat yang berjumlah besar pula. Dengan menggunakan aplikasi absen alat yang digunakan bisa di eliminasi hingga mendapatkan penghematan yang cukup besar, terutama untuk laporan tahuhan.
  4. Rekapitulasi yang lebih mudah
    Pada akhirnya setelah proses absen adalah rekapitulasi yang digunakan sebagai dasar pemberian gaji kepada pegawai.
Baca Selengkapnya :   Pentingnya Struktur Organisasi Bagi Perusahaan

Informasi lebih detail bisa check disini : https://smartpresence.id/blog/waktu-kehadiran/keuntungan-sistem-absensi-online

Apa itu PHP sebagai dasar pembuatan aplikasi absen.

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada server side scripting dan bersifat open source (sumber terbuka). Untuk penggunaan dari bahasa ini sering digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasis website yang berjalan secara dinamis, sehingga dapat terintegrasi dengan basis data (database).

PHP banyak digunakan untuk pembuatan website untuk kebutuhan ecommerce, sistem informasi, maupun landing page. Karena PHP tergolong dalam bahasa pemrograman berbasis server-side, maka script yang digunakan akan diproses oleh server. Jenis server yang sering dipakai adalah Apache, Nginx, dan LiteSpeed. 

Sejarah PHP

Sejarah pertama kali PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf yang merupakan seorang pemrograman bahasa C yang bertujuan untuk mencatat jumlah pengunjung yang masuk pada halaman beranda (homepage). Pada tahun 1995, PHP/FI (Form Interpreter) dirilis dengan kemampuan untuk membangun tampilan aplikasi web (web app), melakukan pemrosesan form, serta mendukung (supporting) data pada MySQL. 

Baca Selengkapnya :   Apa itu Absenteisme ?

Karena semakin banyak dan antusias dari pengguna internet, akhirnya pada pertengahan tahun 1997, Rasmus Lerdorf menyerahkan pengembangannya kepada tim developer yang terdiri dari Zeev Suraski dan Andi Gutmans. Sehingga, terciptalah versi PHP 3.0 yang memiliki dukungan luas terhadap database (Oracle dan MySQL).

Selanjutnya, seiring berkembangnya teknologi informasi dan penggunaan website yang telah mendukung HTML5, maka PHP mengalami beberapa peningkatan versi. Dimulai dari PHP versi 4.0 hingga 8.0 yang memiliki fitur dan fungsionalitas yang lebih optimal. Dengan fitur yang lebih advanced, maka bahasa pemrograman ini mampu untuk menangani website dengan skala dan trafik yang besar dan kompleks.

Fungsi PHP dalam Pengembangan Website

Dalam membuat halaman website, sebenarnya tidak terlalu membutuhkan bahasa pemrograman PHP. Cukup dengan menggunakan HTML dan CSS saja sudah bisa membuat tampilan web secara statis dan hanya tersusun konten saja. Namun, untuk pengembangan website yang membutuhkan integrasi dengan server serta kebutuhan database, maka PHP sangat dibutuhkan sebagai penghubung antara web statis dengan server dan database.

Website dinamis juga dapat digunakan untuk menyimpan data ke dalam database, selain itu juga dapat membuat halaman situs berubah sesuai dengan hasil input dari user. Jika anda sering menuliskan form pada halaman situs, maka hasil data yang telah dikirim akan diproses melalui PHP. Selain itu, bahasa pemrograman PHP biasanya juga dapat disisipkan ke dalam file atau dokumen HTML.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 11 Cara AI Dapat Merevolusi Sumber Daya Manusia!!!

Alasan membuat aplikasi absen dengan php

Setelah mengetahui apa itu PHP dan 4 Keuntungan Aplikasi Absen, kali ini kita akan membahas mengapa membuat aplikasi absen menggunakan PHP. Dalam lingkungan kegiatan absensi ada banyak hal yang terkelola termasuk di dalamnya adalah database baik itu nama, waktu, status, dll. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang PHP yang dibuat untuk mempermudah intergrasi database maka keberadaan PHP menjadi penting, tentu pembuatan aplikasi absen bisa dilakukan dengan menggunakan Bahasa “Server Side” lain.

Kelebihan PHP yang dapat dijadikan alasan sebagai bahasa pembuatan aplikasi absen adalah :

  1. User Friendly
  2. Open Source
  3. High Performance
  4. Cross Platform
  5. Prominent in CMS

Beberapa aplikasi absen berbasis php yang bisa anda gunakan :

  1. SISTEM INFORMASI PRESENSI PEGAWAI BERBESIS WEB PADA BAPENDA KOTA JAYAPURA sumber : stokcoding.com
  2. Aplikasi absensi siswa sekolah sumber : blogbugabagi.blogspot.com
  3. Aplikasi absensi sekolah berbasis web : sarjanakomedi.com

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.

Selain aplikasi absensi php yang sudah kita bahas di atas, Aplikasi absensi online juga memberikan manfaat yang lebih baik. Kabar baiknya adalah anda dapat menggunakan aplikasi online ini GRATIS disini

sumber : sekawanmedia.co.id

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!