fbpx

Hal Yang Mempengaruhi Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis

Bagikan artikel ini

Pebisnis

Di era sekarang ini banyak orang yang memilih untuk membangun sebuah bisnis. Beranjak dari beberapa hal yang akan

Menjadi seorang wirausaha atau pebisnis tentunya tidak mudah. Ketika berbicara tentang bisnis, usaha atau menjadi seorang entrepreneur, artinya kita sedang membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dari bisnis itu. Tidak sedikit pengusaha yang mengalami keberhasilan dan tak sedikit juga dari para pengusaha mengalami kegagalan. Meski demikian, seorang pebisnis atau pengusaha harus memiliki ketahanan, baik secara mental maupun finansial untuk tetap bertahan di tengah-tengah persaingan bisnis yang sangat ketat. 

Lalu, apa saja yang menjadi penentu keberhasilan dan ketidakberhasilan sebuah bisnis? Kali ini, SmartPresence akan mengajak kalian untuk mengulas sekaligus membahas topik tentang bisnis ini. Jadi, pelajari dan simak artikel ini baik-baik ya!

Faktor Keberhasilan Bisnis 

1. Komitmen 

Menjadi seorang pengusaha butuh karakter yang tidak patah semangat ketika akan memulai sesuatu sendiri. Tidak sampai disitu, pengusaha perlu komitmen untuk mampu bertahan walaupun membutuhkan waktu yang relatif lama dalam mengembangkan usaha, sehingga komitmen untuk berjuang dan terus berusaha hingga kata “kesuksesan” itu tercapai sangat dibutuhkan. 

Baca Selengkapnya :   Jadikan Emas Pilihan Dalam Perencanaan Finansial Masa Depan Anda!

2. Kecerdasan Dalam Berwirausaha 

Ketika Anda menggeluti usaha atau bisnis, pasti tidak akan terlepas dari hambatan atau masalah yang melanda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menghadapi segala tantangan dan hambatan yang ada di depan mata Anda. Inilah yang disebut dengan keberhasilan selanjutnya yaitu kecerdasan Anda dalam berwirausaha. Ketika Anda mampu melewati kendala yang muncul dengan memecahkan masalah dan mencari solusi serta mengambil keputusan terbaik, maka Anda dikatakan cerdas dalam berwirausaha.

3. Kreativitas 

Salah satu faktor yang membuat Anda bertahan dalam persaingan yang sangat ketat di dunia bisnis ini adalah kreativitas Anda. Bukan hanya dalam mengeluarkan produk yang unik dan menonjol dari pesaing Anda, tapi juga kreatif ketika memecahkan masalah yang ada sebagai modal Anda. Ketika Anda mampu berinovasi dan keluar sebagai “pemenang”, maka Anda berpotensi memiliki usaha yang berhasil dan berkembang. 

4. Koneksi 

Di tengah dunia bisnis yang kejam ini, koneksi menjadi salah satu hal yang membuat Anda bertahan dan berkembang. Ini juga dijadikan sebagai penentu yang membuat usaha Anda maju dan melejit. Untuk itu, Anda harus punya koneksi sebanyak-banyaknya baik itu dengan sesama pengusaha atau klien untuk menjadikan potensi besar bagi perkembangan usaha Anda. 

Baca Selengkapnya :   Metode Perhitungan Insentif Karyawan

5. Kesabaran dan Kegigihan 

Anda dituntut untuk selalu sabar ketika kelak dikemudian hari dihadapkan dengan berbagai masalah. Apalagi, ketika berhadapan dengan konsumen, klien dan hal krusial lainnya (kegagalan rencana, pengeluaran dana), kesabaran harus selalu Anda tempatkan nomor satu. Dengan kesabaran yang senantiasa Anda tekuni, munculah kegigihan sebagai pendukung karena dengan kegigihan ini membuat Anda kuat walaupun Anda tidak melihat keuntungan yang signifikan di depan mata Anda. Maka, jadilah orang yang gigih untuk beriringan dengan kesuksesan bisnismu. 

Faktor Kegagalan Bisnis 

1. Minimnya Pengetahuan Akan Pengelolaan Keuangan 

Ketika Anda tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sama saja Anda tidak bisa mempertahankan aliran pendapatan dengan stabil. Ini juga akan berimbas pada arus kas yang dapat menghambat operasi bisnis Anda. 

2. Kurangnya Keterampilan Manajerial 

Kata manajerial disini berarti kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola bisnis dengan baik. Ketika Anda mempersiapkan usaha dengan persiapan yang tidak matang dengan pemikiran pendek, yang penting bisnis Anda jalan, inilah yang menjadi pemicu kegagalan usaha Anda. Sebaiknya, persiapkan kemampuan dan pengetahuan yang matang beserta dengan perencanaan jangka pendek dan panjangnya sehingga terhindar dari kegagalan 

3. Pemikiran dangkal 

Kalau Anda punya pemikiran yang tidak terbuka dan cenderung tidak suka pada tantangan dan perubahan, yuk mulai sekarang buang jauh-jauh keburukan itu. Ini untuk menghindari kegagalan yang dalam dari usaha yang Anda jalankan. Mulai ubah mindset Anda untuk berpikir secara open minded dan mau menerima kritik serta saran yang ada demi bertumbuhnya usaha Anda. 

Baca Selengkapnya :   Tugas dan Fungsi Supervisor Dalam Sebuah Perusahaan

4. Kurangnya Modal 

Tidak dapat dipungkiri lagi, modal memang menjadi faktor pendorong dari lancar atau tidaknya usaha Anda. Ketika Anda tidak mempunyai modal yang cukup kuat, bisnis Anda kemungkinan besar akan gagal dan macet. Oleh karena itu, sebelum menjalankan usaha, ada baiknya Anda pertimbangkan baik-baik modal yang akan dikeluarkan, karena modal nekat saja sampai kapanpun tidak akan cukup.

5. Tidak Paham Akan Kebutuhan Pasar

Ketika Anda kurang memahami pasar Anda, ini menjadi pemicu kegagalan usaha karena balik lagi pasar menjadi tujuan dari setiap bisnis. Ketika Anda saja tidak paham akan pasar Anda sendiri, maka sulit mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan serta preferensi pelanggan Anda. Alhasil, produk/layanan/jasa yang Anda tawarkan tidak tepat sasaran dan semua strategi pemasaran yang Anda gunakan tidak bekerja. 

Keberhasilan dan kegagalan bisnis dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dengan memahami faktor-faktor ini, pengusaha dapat meningkatkan peluang mereka untuk sukses dan meminimalisir risiko kegagalan. 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!