Seiring perkembangan zaman, penggunaan mesin absen kini sudah menjadi sebuah keharusan bagi sebuah perusahaan. Baik itu perusahaan dengan sekala kecil hingga perusahaan besar saat ini hampir semua menggunakan mesin absensi.
Fungsi mesin absensi sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, mesin absen juga bisa digunakan untuk mencatat kehadiran siswa di sekolah ataupun anggota sebuah organisasi.
Penggunaan mesin absen ini terbilang cukup sederhana dan dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan penggunaan absensi manual. Hal itulah yang membuat kenapa banyak perusahaan memilih menggunakan mesin absensi.
Selain itu masih ada beberapa fungsi lainnya yang menjadi alasan kenapa perusahaan memilih menggunakan mesin absen. Berikut ini penjelasan singkat mengenai fungsi dari mesin absensi bagi perusahaan.
Daftar Isi
Toggle1. Mencatat Kehadiran
Fungsi yang pertama dari mesin absensi yaitu tentu untuk mencatat kehadiran karyawan disebuah perusahaan. Dengan adanya mesin absensi ini tentu perusahaan dapat lebih mudah mengetahui jam berapa karyawannya masuk kerja dan pulang kerja. Sealain itu perusahaan juga dapat mengetahui karyawan yang sedang kerja lembur.
2. Mengurangi Pencurian Jam Kerja
pencurian jam kerja merupakan suatu masalah yang sering terjadi di perusahaan, terutama dalam hal absensi dan salah satu contohnya yaitu titip absen. Kecurangan tersebut sangat sering terjadi, terutama bagi perusahaan yang menerapkan sistem absensi manual. Hal ini terjadi karena dengan absensi manual karyawan dapat menyuruh temannya untuk mengabsenkan dirinya padahal ia belum ada di tempat kerja.
Dengan menggunakan mesin absensi hal tersebut dapat diminimalisir. Karena mesin absensi mengharuskan orang yang bersangkutan untuk melakukan absensi dan tidak bisa diwakili.
3. Jam Kerja yang Lebih Akurat
Fungsi dari mesin absensi yang selanjutnya adalah data jam kerja karyawan menjadi lebih akurat. Hal ini disebabkan karena fungsi dari mesin absensi sebelumnya yaitu mengurangi pencurian jam kerja yang membuat jam masuk dan jam pulang karyawan menjadi lebih real serta tidak adanya manipulasi data. Serta dengan menggunakan mesin absensi, kesalahan dalam perhitungan jam kerja karyawan juga dapat di minimalisir.
4. Laporan Kehadiran sudah otomatis
Fungsi terakhir mesin absensi yang juga sangat membantu perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawannya adalah laporan kehadiran yang sudah dibuat secara otomatis. Tentu penggunaan laporan kehadiran yang otomatis ini akan sangat membantu bagi perusahaan, apalagi laporan yang dihasilkan lebih akurat dan sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan. Hal ini tentu berkat dari fungsi-fungsi dari mesin absensi yang dijelaskan sebelumnya yang membuat data dari laporan menjadi jauh lebih akurat.
Itu tadi empat fungsi dari mesin absen yang menjadi alasan kenapa perusahaan menggunakan mesin absensi. Bagi Anda yang ingin menggunakan mesin absensi, Anda dapat menggunakan SmartPresence untuk mengelola kehadiran di perusahaan.
Dengan SmartPresence Anda tidak perlu lagi membeli alat khusus yang digunakan sebagai mesin absen. Cukup menggunakan SmartPhone Anda sudah memiliki mesin absensi Anda sendiri dan sudah siap melakukan absensi. Mudah bukan!
Selain itu masih banyak kemudahan lainnya yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem absensi SmartPresence. Jadi tunggu apalagi segera gunakan SmartPresence dan dapatkan uji coba gratis!